Kawasaki ZX130 AN130

Kawasaki ZX130 AN130 hijau

Nomenklatur ZX pada motor Kawasaki menunjukkan bahwa motor tersebut memiliki mesin 4 silinder dengan desain sport fairing. Contoh motor keluarga ZX ini antara lain ZXT00N atau H2, ZX-6R, ZX-14 sampai yang terbaru ada ZX-25R. Namun di Indonesia, terdapat sebuah anomali dimana motor Kawasaki dengan nomenklatur ZX dipakai untuk sebuah motor bebek yang dikenal dengan nama Kawasaki ZX130 dengan tagline iklannya "bebek super rasa Ninja" yang dibintangi Teuku Edwin 'Super Bedjo'. Di Amerika Latin seperti Argentina, motor ini lebih dikenal dengan nama Kawasaki Magic II.

Meskipun namanya ZX130, namun Kawasaki ZX130 sebenarnya memiliki kode AN130 dengan 2 tipe yaitu AN130B untuk versi velg jari-jari sementara AN130C untuk versi velg palang yang juga dikenal dengan nama ZX130VR. Desain velg racingnya cukup keren dengan 12 palang dimana 2 palang terlihat berdekatan. Secara desain, model ZX130 memang bukan selera semua orang. Lampu depannya berada dibagian dasi sementara lampu seinnya berada distang. Bentuk keseluruhannya menggembung sementara pada 2005 ketika motor ini pertama kali diperkenalkan desain yang populer adalah ramping. Pemilihan warnanya juga terkesan kalem sementara pesaingnya mengandalkan desain grafis rumit meskipun pada akhirnya ZX130 juga diperkenalkan dengan striping berdesain rumit.

Mesin yang digunakan Kawasaki ZX130 sesuai dengan namanya, mesin 1 silinder OHC berkapasitas 130,1cc. Mesin dengan blok silinder membujur dan pendingin udara dengan pemasok bahan bakar karburator vakum lengkap dengan throttle position sensor ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 10Hp pada 7500Rpm dengan torsi 10,7Nm pada 5500Rpm. Mesin 130cc ini juga berbeda dengan bebek Kawasaki lainnya seperti Kaze yang 110cc atau Athlete yang 125cc misalnya. Untuk menggerakkan roda belakang, tenaga mesin dihubungkan menggunakan transmisi manual 4 percepatan dengan kopling otomatis.

Yang paling spesial dari Kawasaki ZX130 ini adalah fiturnya dimana bebek super rasa Ninja sepertinya memang tidak salah dikatakan demikian. Dibagian konsol meternya, Kawasaki ZX130 sudah dilengkapi dengan speedometer, odometer, indikator BBM, indikator hi beam, indikator gigi dari N sampai 1 hingga 4, serta tachometer yang saat itu tidak umum untuk sebuah motor bebek. Tangki BBM ZX130 tidak seperti motor bebek lainnya yang berada dibawah jok karena tangki BBMnya berada dibalik plat nomor depan. Untuk membukanya, putar kunci kontak kekiri dan penutup tutup tangkinya adakan membuka otomatis sementara untuk menutupnya dilakukan secara manual. Sebagai kompensasi peletakan tangkinya, kapasitas bagasinya menjadi sangat besar macam skuter besar dengan ukuran 16,3 liter dan mampu menyimpan sebuah helm half face didalamnya.

Kelebihan motor ini menurut penggunanya adalah sangat nyaman bahkan untuk digunakan touring jarak jauh. Ini dikarenakan tenaga mesin yang cukup pada putaran atas serta didukung sasis dan jarak sumbu roda yang lebih panjang dibandingkan motor bebek lainnya. Kepraktisannya tidak perlu diragukan lagi terutama dengan kapasitas bagasi hingga 16,3 liter yang bahkan bisa jauh lebih besar dibandingkan skuter matic. Sayangnya tidak ada yang sempurna termasuk Kawasaki ZX130 dengan segala kelemahannya. Desain motor ini bukan selera orang sehingga cukup sulit menemukannya dipasaran motor bekas. Mesinnya tergolong nanggung dan berbeda dengan bebek Kawasaki lainnya sehingga bagi sebagian orang akan kesulitan mencari onderdilnya. Bukan cuma mesin, namun part bodi juga cukup sulit khas motor Kawasaki.

 Spesifikasi Kawasaki ZX130 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Kawasaki ZX130 AN130
Jenis Underbone
Tipe AN130
Mesin SOHC 130,1cc
Bore X Stroke 74.0 X 78.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed kopling otomatis
Wheelbase 1.248 mm
Panjang 1.904 mm
Lebar 709 mm
Tinggi 1.050 mm


Comments