Volkswagen Passat B1

vw passat kotak

Memasuki dasawarsa 70an, Volkswagen mulai berfikir untuk memperbarui mobil-mobilnya yang memakai mesin pendingin udara yang terletak di belakang. Salah satu teknologi terkini pada saat itu adalah sistem gerak roda depan dengan mesin didepan. Apalagi pada saat itu, Volkswagen baru saja mengakuisisi Auto Union yang digabung dengan NSU dan menjadi Audi dimana salah satu produk unggulan NSU adalah K70 yang memakai mesin depan dan penggerak roda depan. Nama Passat sendiri berasal dari bahasa Jerman passatwinde yang berarti angin perdagangan.

Desain Passat ini dirancang oleh Giorgetto Giugiaro dari rumah desain Italdesign. Desain dari VW Passat ini memiliki desain yang radikal dan modern dengan body fastback yang saat itu hanya populer digunakan pada mobil sport. Passat sendiri dibuat dalam beberapa pilihan bodi mulai dari fastback 2 pintu, hatchback 3 pintu, fastback atau hatchback 4 pintu, dan station wagon 5 pintu. Di Indonesia sendiri hanya ada varian fastback 4 pintu. Bagi yang menginginkan VW Passat dengan bentuk yang lebih tradisional, VW menyediakan Audi 80 yang secara garis besar mobil yang sama cuma beda bentuk bodi dan merk. 

Mesin yang dipasangkan untuk Passat ini sebenarnya ada cukup banyak. Namun di Indonesia hanya ada pilihan mesin 1300cc dan 1500cc yang semuanya 4 silinder segaris. Kedua mesin ini dibekali dengan konfigurasi 4 silidner segaris OHC dengan karburator single dari Solex. Untuk mesin 1300cc, diklaim sanggup menghasilkan tenaga sebesar 55Hp pada 5500Rpm dan torsi 94Nm pada 2500Rpm. Untuk mesin 1500cc sendiri mencapai 75Hp pada 5800Rpm dan torsi 116 pada 3600Rpm. Untuk menyalurkan tenaga ke roda depan digunakan transmisi manual 4 percepatan.

Dibandingkan dengan VW Variant yang digantikannya, Passat memiliki teknologi yang cukup canggih. Misalkan saja sasisnya kini memakai model monokok yang antara sasis dan bodi menyatu tidak lagi terpisah antara sasis dengan bodi. Suspensi depannya menggunakan model macpherson strut dengan lower arm sementara bagian belakang memakai model batang torsi dengan panhard rod. Sistem kemudinya juga sudah modern dengan rack and pinion sementara untuk keselamatan, digunakan rem depan cakram dan belakang teromol.

Di Indonesia, VW Passat mulai dijual sekitar 1973 oleh ATPM VW saat itu, PT Garuda Mataram dan sudah dirakit di Indonesia dengan fasilitas perakitan PT German Motor Manufacturing di Tanjung Priok. Model yang dirakit sendiri adalah model Eropa dengan lampu model hexagonal tidak seperti model Amerika yang dibekali dengan lampu depan bulat dan bumper dower.

volkswagen passat belakang

Ada 2 tipe Passat yang dijual di Indoensia yaitu Passat L dan LS. Tipe L merupakan tipe bawah sementara tipe LS merupakan tipe tertinggi. Ada cerita unik pada trim level Passat di Indonesia, singkat cerita para teknisi dan pekerja pada fasilitas perakitan tidak bisa membedakan antara tipe L dan LS. Kesalahan manufaktur ini cukup fatal karena tipe LS yang harusnya memakai mesin 1500cc malah dipasangi mesin 1300cc. Tipe LS yang seharusnya mendapatkan AC mesinnya malah keberatan dengan tambahan kompresor AC karena seharusnya yang terpasang adalah mesin 1500cc bukan 1300cc. Kesalahan lainnya, posisi gigi versnelingnya tertukar dimana ketika dimasukkan ke gigi 1 malah masuk ke gigi mundur dan begitu sebaliknya.

Kesalahan produksi ini beritanya kemudian menyebar dari mulut kemulut dan akhirnya merusak reputasi Passat di Indonesia. Setelah perbaikan dan penjelasan dari bagian pemasaran pada 1977, orang masih tetap tidak mau membeli Passat karena khawatir kesalahan produksinya masih ada meskipun pihak VW sudah memastikan kalau Passat yang diluncurkan kembali ini sudah bebas masalah produksi.

Kini populasi VW Passat di Indonesia sudah sangat langka. Terlebih lagi mengingat reputasinya yang rusak karena kesalahan produksi. Tidak heran kalau kemudian Passat ini kurang diminati dan hanya dijual dalam 1 generasi ini saja tidak seperti Golf misalnya yang sempat menjadi mobil dinas DPR pada masa orde baru dan diproduksi hingga akhir hayat PT Garuda Mataram sebelum tutup. Bahkan setelah impor mobil diperbolehkan sejak 1999, Passat masih tetap kurang populer oleh masyarakat Indonesia tidak seperti Golf dan Polo yang setelah 1999 penjualannya cukup banyak.

 Spesifikasi Volkswagen Passat B1 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Volkswagen Passat B1
Jenis Hatchback
Tipe B1 Typ 32
Mesin ZA SOHC 1300cc
ZB SOHC 1500cc
Bore X Stroke 75.0 X 73.4 mm (ZA)
76.5 X 80.0 mm (ZB)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.470 mm
Panjang 4.190 mm
Lebar 1.600 mm
Tinggi 1.360 mm


Comments

  1. Pernah nemuin kembaran dr si vw passat, yaitu audi 80 warna item. Entah kenapa, walaupun bentuknya mirip passat pd bagian depannya, tapi bagian belakangnya berbentuk seperti sedan pada umumnya (*bukan fastback seperti passat) , membuat bentuknya lebih elegan dibanding passat

    Seumur-umur, cuman sekali doang nemuin Audi 80 saat itu, dan setelah itu, ga pernah nemuin lagi. Pernah tny-tny dibeberapa grup/ forum vw indo, mengenai si kembaran Passat, Audi 80, sebagian pernah nemuin, tapi ga pernah tau siapa pemiliknya

    ReplyDelete

Post a Comment