Vespa PS series - P 150 S, Sera, Strada dan P 150 SE

Vespa P 150 S Strada II

Pada tahun 1977, Piaggio memperkenalkan seri baru untuk lini skuter Vespa dengan Nuova Linea Model yang kemudian menjadi Vespa seri PX. Seri PX ini merupakan evolusi dari Vespa Largeframe. Di Indonesia sendiri memang Vespa seri PX ini hadir namun PT Dan Motor selaku ATPM Indonesia lebih menjagokan Vespa seri PS yang mana merupakan Vespa rancangan Indonesia oleh PT Dan Motor.

Vespa PS ini dikembangkan dari Vespa PX dan pertama kali muncul pada tahun 1978. Meski demikian, Vespa PS memiliki sejumlah perbedaan mendasar dari seri PX seperti jarak sumbu roda atau wheelbase Vespa PS lebih panjang namun panjang ruang pijakan kakinya sedikit lebih pendek dibandingkanVespa PX. Selain itu roda yang digunakan berukuran lebih kecil dengan ukuran 8 inch bukannya 10 inch serta bagian suspensi depannya masih mengandalkan fork 3 batang yang berupa per spiral dengan tabung anti getar serta shockbreaker. Ubahan-ubahan ini dilakukan karena Vespa PS menyesuaikan postur tubuh orang Indoensia jaman itu yang lebih pendek dibandingkan postur tubuh orang Italia rata-rata meski ada juga yang beranggapan ubahan ini dilakukan untuk menyasar pangsa pasar konsumen wanita.

Untuk mesinnya sendiri, sesuai dengan namanya yang PS 150 S. Piaggio menyematkan mesin 1 silinder 2 tak berkapasitas 149cc pendingin udara yang menempel pada roda belakangnya disebelah kanan pengendara. Mesin ini masih mengandalkan karburator buatan dell otro untuk suplai bahan bakarnya. Untuk menyalurkan tenaga ke roda belakang digunakan transmisi manual 4 percepatan dengan kopling manual yang pengoperasian perpindahan giginya berada di setang sebelah kiri.

Kelebihan Vespa PS adalah mesinnya yang dianggap lebih bertenaga karena nafasnya yang panjang berhubung rasio giginya pas serta koplingnya yang enak. Tidak heran kalau kemudian banyak Vespa extreme maupun Vespa gembel mengambil mesin dari seri PS ini. Kemudian karena Vespa PS ini merupakan racikan Indonesia dan eksklusif Indonesia, harganya terkadang lebih murah dibandingkan Vespa PX yang merupakan rancangan Italia dengan tahun dan kondisi yang sama.

Kelemahan Vespa PS adalah karena sasisnya yang monokok dan terbuat dari besi semuanya mirip seperti sasis mobil modern, masalah karat dan keropos yang juga umum pada mobil-mobil seangkatannya menjadi musuh utama skuter ini. Bagian yang biasanya berkarat ada pada dek tengah, bagian bawah tepong serta bagian bawah jok penumpang.

Jenis dan Tipe Vespa PS

PT Dan Motor memasarkan skuter ini dalam beberapa tipe mulai dari tipe bawah serta tipe tertinggi sampai beberapa spin off dengan nama baru. Vespa PS diproduksi antara 1978 hingga tahun 1990 dalam beberapa tipe sebagai berikut.

Vespa Strada

Pada tahun 1978, Vespa seri PS dimulai perjalannya dengan Vespa P 150 S lampu kotak yang kadang sering juga disebut sebagai Vespa PS banci. Ciri khas dari dari generasi pertama seri PX ini adalah penggunaan kelistrikan 6 volt, pengapian platina, tidak memiliki lampu sein, lampu depannya kotak tanpa frame, speedometer bulat dengan lampu indikator high beam dan lampu menyala terpisah, serta tidak adanya kunci kontak.

Ditahun yang sama juga Vespa P 150 S yang bentuknya mirip dengan PS banci yang dijelaskan diatas. Namun, P 150 S ini sudah dibekali dengan kelistrikan 12 volt, kunci kontak diatas batok yang letaknya berada di atas speedometer, serta adanya lampu sein. Kedua model Vespa PS ini diproduksi antara 1978 hingga 1983.

Pada tahun 1983, diperkenalkan Vespa Sera sebagai tipe teratas dari keluarga PS. Vespa Sera ini memiliki ciri berupa lampu depannya kotak dengan frame dilapis chrome, bagasi didepan, behel pada setiap joknya, ban cadangan di tepong kanan, spion 2 buah, sampai terdapat lampu sein dengan sudut kotak. Untuk bagian mesinnya digunakan pengapian 12 volt. Model Sera ini diproduksi antara 1983 sampai 1985.

Untuk tipe bawah, terdapat Vespa Strada. Cirinya sendiri adalah penggunaan lampu depan model kotak tanpa frame, tidak adanya bagasi depan namun tersedia ruang untuk bagasi di tepong sebelah kanan dengan kunci, tidak adanya ban cadangan, tidak adanya lampu sein, spion hanya disisi kanan sampai tidak adanya pelindung stipe chrome di spakbor depannya. Untuk bagian mesinnya masih sama dengan P150S 12 volt. Model Strada ini diproduksi antara 1983 dan 1984 saja.

Pada tahun 1986, muncul Vespa Sera II sebagai penerus Vespa Sera. Secara keseluruhan, Vespa Sera ini masih sama dengan pendahulunya. Hanya saja terdapat perbedaan kosmetik untuk memperbarui tampilannya seperti misalnya lampu sein tidak hanya kotak namun menyudut berbentuk lancip, speedometer berbentuk seperti bel membulat dengan instrument cluster menyatu, kunci kontak serta kunci setang letak rumah kuncinya terpisah, serta striping Sera II di bagian tepongnya. Vespa Sera II ini muncul sampai 1987 saja.

Selain itu, ditahun yang sama juga muncul Vespa Strada II dimana Vespa Strada II ini juga muncul dalam 2 tipe, yaitu Vespa Strada dengan lampu sein serta tanpa lampu sein. Untuk tipe tanpa lampu sein, masih sama seperti Vespa Strada sebelumnya hanya saja terdapat ubahan kosmetik seperti bentuk speedometer serta lampu depan yan gsecara keseluruhan masih kotak. Untuk tipe dengan lampu sein, terdapat tambahan lampu sein dengna bentuk seperti Sera II, ban cadangan di depan, kluster speedometer berbentuk seperti bel, serta striping Strada II dibagian tepongnya. Vespa Strada ini hadir antara 1986 hingga 1988.

Pada tahun 1988, muncul Vespa Strada dengan pengapian CDI. Nomenklaturnya sendiri berubah menjadi P 150 SE dimana sama seperti Vespa PX, E menunjukkan electronic. Kemudian sekitar tahun 1989 kembali muncul pembaruan dimana kali ini dikenal sebagai Vespa Strada AOM dimana AOM sendiri merupakan singkatan dari Automatic Oil Mixture dimana terdapat tangki oli samping terpisah. Lubang pengisian bensinnya ada 2 yang satu untuk bensin sementara satunya untuk oli samping. Ciri khas dari Vespa AOM ini adalah adanya indikator bensin. Kemudian untuk keluaran akhir pada tahun 1990 terdapat karpet pada pijakan kakinya.

Spesifikasi Vespa P150S ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Vespa P150S
Jenis Skuter
Tipe P150S
Mesin 1 silinder 2 tak 150cc
Bore X Stroke 57.8 X 57.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 1.253 mm
Panjang 1.760 mm
Lebar 695 mm
Tinggi 1.060 mm


Comments

  1. artikel tentang vespa setelah 5 tahun, nice👌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, saya tidak hafal Vespa. Mau tanya tidak ada kenalan yang tau juga...

      Delete

Post a Comment