Vespa Excel P150X dan P200XE

Vespa Excel PX150

Pada tahun 1987, PT Dan Motor Indonesia selaku ATPM dan produsen skuter Vespa di Indonesia meluncurkan model baru. Model baru ini adalah Vespa Excel yang masih 1 keluarga dengan seri PX dengan sasis yang lebih panjang. Vespa ini menjadi Vespa terakhir rancangan Dan Motor dan dijual sampai sekitar 2005.

Vespa Excel ini merupakan pengembangan dari Vespa T5 generasi pertama yang diluncurkan di Italia sana sejak 1982. Vespa T5 ini masih masuk lini keluarga large frame dan menjadi saudara dari seri PX yang pertama diluncurkan di Milan pada 1977. Disebut demikian karena Vespa T5 lebih mirip dibilang versi sporty dari seri PX. Namun begitu, Vespa Excel lebih diarahkan untuk motor skuter yang mewah daripada motor skuter yang sporty. Tidak seperti T5, Vespa Excel merupakan Vespa pengembangan PT Dan Motor Indonesia karenanya hanya ditemukan di Indonesia meski juga diekspor ke negara-negara ASEAN seperti Malaysia, Singapura dan Thailand.

Ciri dari Vespa Excel ini ada pada lampu depannya yang memakai lampu depan model kotak persegi panjang yang besar khas motor era 80an. Pun begitu dengan model lampu sein depan dan belakangnya yang kotak persegi panjang yang terletak dibagian tebeng depan dan tepong belakang. Bagian lampu belakang juga tidak kalah kotaknya yang tertempel menonjol dengan kontur lekukan. Bagian joknya juga menyatu antara bagian penumpang dan pengemudi. Bagian belakangnya juga rata tidak melengkung dengan tambahan semacam bumper yang besar. Bagian dasinya juga lebih mancung dibandingkan Vespa lainnya. Bila dibandingkan, Vespa Excel memang bentuknya mirip dengan Vespa T5 MK1 hanya beda di aksesori kecil saja.

Sesuai dengan kodenya, Vespa Excel tersedia dalam 2 varian mesin. Yang pertama mesin 1 silinder 2 tak 150cc pendingin udara. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 9Hp pada 6000Rpm. Selain itu juga ada varian Vespa Excel 200cc dengan mesin 1 silinder 2 tak 200cc pendingin udara. Versi 200cc ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 12Hp pada 5700Rpm. Tenaga mesin ini kemudian disalurkan melalui transmisi dengan kopling manual 4 percepatan yang cara perpindahan giginya dengan cara memutar handle sebelah kiri.

Diposisikan sebagai Vespa yang paling mewah di Indonesia, tentunya Vespa Excel sudah dibekali dengan berbagai fitur untuk mempermudah hidup dibandingkan Vespa lain yang lebih murah. Misalnya saja Vespa Excel sudah dibekali dengan starter elektrik meski ada juga varian tanpa starter elektrik yang jarang. Bagian depan bawah stang terdapat bagasi sementara dibagian tepong kiri sebagai rumah ban cadangan. Dibagian pengapian, Vespa Excel sudah dilengkapi dengan CDi sehingga sudah tidak perlu gosok platina lagi. Kemudian sejak 1992, Vespa Excel sudah memiliki sistem pelumasan terpisah sehingga pengguna tidak perlu repot mencampur oli kedalam tangki bahan bakar.

Untuk teknisnya sendiri, Vespa Excel masih mirip dengan Vespa lainnya. Sasisnya menggunakan model monokok dengan bentuk yang mirip dengan Vespa original dan berat 116Kg. Shockbreaker depan menggunakan model trail link dan shockbreaker belakang model single karena mesinnya yang menempel disamping. Kapasitas tangki bahan bakarnya 5 liter dengan 1,2 liter untuk oli samping yang terpisah. Untuk pengeremannya masih menggunakan rem teromol didepan dan belakang. Ukuran bannya sendiri 10 inch depan dan belakang seperti Vespa PX series.

Boleh dibilang, Vespa Excel menjadi salah satu Vespa yang agak klasik namun masih enak dipakai untuk harian. Ukurannya yang juga pas untuk mereka yang berpostur tinggi membuatnya makin meyakinkan untuk dipakai harian dengan nyaman karena juga tidak usah repot mencampur oli dan bensin, starter dengan diengkol atau menggosok platina. Kebanyakan seri Excel yang beredar di Indonesia adalah Vespa Excel keluaran 90an dan dengan mesin 150cc. Varian Vespa Excel 200cc cukup jarang populasinya yang membuatnya langka di jalanan.

Spesifikasi Vespa Excel P150X dan P200XE ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Vespa Excel P150X dan P200XE
Jenis Skuter
Tipe P150X
P200XE
Mesin 1 silinder 2 tak 150cc
1 silinder 2 tak 198cc
 
Bore X Stroke 57.8 X 57.0 mm (P150X)
66.5 X 57.0 mm (P200XE)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 1.250 mm
Panjang 1.820 mm
Lebar 700 mm
Tinggi 1.170 mm


Comments