Tentang

Mobil Motor Lama adalah sebuah blog yang ditujukan untuk menambah wawasan dan pengetahuan akan mobil dan sepeda motor tua yang pernah beredar secara umum di Indonesia.

mobilmotorlama logo

Apa yang anda pikirkan ketika mendengar istilah mobil tua dan motor tua? mogokan? rewel? karatan? jelek? polusi? bikin macet? sebagian memang benar. Buktinya sudah banyak kita temui dijalanan. Karena kejelekan-kejelekan tadi tidak heran banyak mobil tua dan motor tua yang akhirnya menjadi besi rongsokan berkarat yang terlupakan dan hanya menjadi rumah bagi para makhluk halus. Sayang ya, padahal jika melihat asal usulnya tidak jarang mobil maupun motor tua tadi bisa jadi barang paling berharga dengan segala memoria yang tersimpan didalamnya.

Kendaraan yang disebut mogokan, rewel, karatan dsb tadi padahal masih bisa menjadi daily used asalkan dirawat. Harganya yang jadi semakin murah sejak hadirnya mobil LCGC membuatnya bisa menarik perhatian. Belum lagi untuk beberapa tipe harganya malah setara dengan sepeda motor. Siapa sih yang mau repot bonceng 4 naik sepeda motor bersama keluarga? sebagai orang waras yang peduli keselamatan berkendara tentunya kita tidak ingin mempertaruhkan keselamatan dengan melakukan aksi berbahaya seperti bonceng 4 tadi dalam berkendara. Sayangnya karena tidak memperhatikan faktor biaya dan lainnya banyak keluarga yang niatnya ingin pindah ke kendaraan yang lebih baik malah bingung dengan harga perawatan yang diluar jangkauan akhirnya kendaraan yang dibeli tadi hanya berakhir jadi barang rongsokan. Oleh karena itu blog ini hadir agar bisa memberi pencerahan untuk memilih kendaraan tua yang sesuai disamping memberi pengetahuan tentangnya.

Blog ini dibuat dengan tujuan untuk memberi pengetahuan baik berupa review atau pengalaman pribadi tentang mobil dan motor tua yang pernah ada di Indonesia. Selain review, di blog ini juga dibahas mengenai fakta-fakta menarik seputar mobil dan motor tua yang mungkin belum banyak diketahui orang. Sementara ini mobil dan motor yang diulas merupakan mobil dan motor yang diedarkan melalui ATPM masing masing merk kendaraan. Alasannya? jelas karena kendaraan yang dijual ATPM resmi di Indonesia lebih gampang dimiliki dibanding kendaraan impor yang unitnya terhitung sangat sedikit karena jaman dulu pernah ada penutupan kran impor kendaraan.

Karena terbatasnya waktu dan terutama peralatan, ada beberapa mobil dan sepeda motor yang belum pernah saya coba sebelumnya tapi masih nekat menulis ulasannya berdasarkan keterangan dari teman ataupun rekan rekan dari komunitas. Jadi, jika ada yang punya informasi yang lebih akurat atau sekedar ingin menambahkan informasi, bisa ke kolom komentar yang ada di masing masing post atau monggo bisa dikontak ke from kontak yang tersedia. Tidak tahu dimana form kontak berada? kunjungi laman Kontak disebelah.

Tentang Penulis


Blog ini sebenarnya ditulis oleh 2 orang dimana 1 bertugas sebagai sumber informasi serta penulis dan 1 bertugas sebagai pelaksana teknis dan penulis. Hanya saja karena 1 orang ini sudah "berusia lanjut" dan sering mengeluhkan sakit mata kala menulis didepan komputer, jadilah hanya saya yang menuliskan semua yang ada di blog ini sambil didekte seperti anak SD belajar menulis. Saya sendiri adalah seorang pemuda (ngakunya sih gitu) yang sedang dalam proses mencari jati diri dan pasangan (eh keceplosan) yang senang dunia otomotif. Senang disini masih berupa senang melihat dan mengemudikan saja. Saya sendiri bukan mekanik atau pemilik bengkel jadi untuk urusan teknis mohon maaf saya tidak tahu. Sehari hari jadi penunggang Honda Vario Techno keluaran 2010 (jalanan macet om, enakan naik motor matic kemana-mana) dan Toyota Kijang Super pick up KF40 short chassis keluaran 1989 untuk angkut barang, cari uang dan senang-senang tengah malam di jalanan Jogja-Magelang.

22 Responses to "Tentang"

  1. Kasih artikel tentang Honda C70 dong... Karena ane pengguna honda C70 yang masih awam,,

    ReplyDelete
  2. Bisa sharing Honda Civic Hi-Deluxe nggk min?,, pengen tau spesifikas n keterangannya...

    Makasih

    ReplyDelete
  3. Min, bisa request lagi nggk?,, kalo boleh bisa share Honda Civic Exellent. Hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok, ditunggu ya.
      dari kemarin Honda melulu... ntar dikatain FBH lho wkwkwkwk

      Delete
    2. Hehehe... Soal.nya ane ama bokap udah kaa honda lovers,, Di Garasi ane, mobil n motor merk.nya honda semua... Kemaren aja baru beli Honda Civic Excellent.

      Delete
  4. Adminnya orang Magelang juga ya?,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh ketahuan...perasaan nggak nulis magelang disini

      Delete
    2. Di profil Google+ ada kok min.... Hehehe.... Ane juga Magelang kok.

      Delete
  5. Semoga membawa berkah ya bro
    .....don't give up and keep fighting spirit

    ReplyDelete
  6. Mas aku orang ambarawa deket ding magelang hehe, kasih pencerahan dong antara soluna dg lancer da gan hehe. Bingung mulij nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. budget berapa nih, misal cuma pas dapet soluna mendingan dangan soalnya harganya murahan dangan. ntar sisanya buat reparasi sama restorasi. tapi kalo seumpama solunanya murah, cek dulu riwayatnya apa bekas taksi nggak? dirawat nggak? kalau kondisinya sama dan pingin dipake jangka lama, soluna maintenancenya lebih murah dibanding dangan (konsumsi bensin sama ketersediaan dan harga partnya). kalo pajaknya rasanya lebih murah dangan apalagi yang SOHC 1500cc

      Delete
  7. Salam kenal gan. Tema dan konten nya seirama nih, penggemar otomotif klasik.
    nambah lagi daftar pustaka selain blog topgir

    keep berkarya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga gan, terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini..

      Delete
  8. Salam kenal bro...mantap banget artikel2 nya, lumayan lengkap daftar mobil2 lamanya, hanya kalau bisa ditambahkan disetiap artikelnya tentang penggerak rodanya di depan atau belakang, karena hanya beberapa info tentang itu. tapi secara keseluruhan udah ngebantu banget buat cek kelebihan & kekurangan spesifikasi disetiap mobil lama

    sukses terus yaa Bro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal bro, senang kalo bisa ngebantu...
      boleh itu idenya, sementara sih keterangan penggerak rodanya dijadiin satu sama paragraf yang ngebahas mesin

      Delete
  9. Salam kenal brader Charis, wah, aku sueneng banget nemu blogmu iki, dadi kelingan mbiyen ngumpuli majalah mobil motor..nyuwun tulung om charis, nek nduwe artikel seng tentang modif kijang aku dikabari yo, soale aku tau nduwe majalahe tapi mbuh nang ndi..oya emailku nang indrianto.ismail@gmail.com...sukses ya om, update terus mobil motor lawase yo hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal & terimakasih. ditunggu ya.

      Delete
  10. salam kenal mas...saya senang banyak infromasi yang di dapatkan mengenai Motuba...rasanya sueeeneeng bangeeet...kebetulan kami adalah ASPROS AUTO sebuah channel di Youtube yang berisikan konten2 dominan motuba...main2 ke Bandung juga ya mas...salken dulu deh..hehe

    ReplyDelete