Mitsubishi Colt T120ss

Mitsubishi Colt T120ss pick up

Mitsubishi Colt T120ss adalah varian pick up cab over Mitsubishi. Mobil ini merupakan hasil kerjasama Mitsubishi dengan Suzuki sehingga mobil ini saling berbagi platform dengan Suzuki Carry Futura yang didesain oleh Indomobil Suzuki. Mitsubishi Colt T120ss ini melanjutkan nama legendaris Mitsubishi Colt T120 yang beredar hingga tahun 1981 sementara penerus generasi T120 sendiri dijual berdampingan dengan nama Colt L300. Diperkenalkan pada tahun 1991, Mitsubishi Colt T120ss masih diproduksi hingga sekarang.

Mitsubishi Colt T120ss memang menggambil platform dari Suzuki Futura. Perbedaan mendasar antara keduanya terlihat jelas di lampu depan, grill, lampu sein, lampu belakang, dashboard, spion dan mesin. Kelebihan Mitsubishi Colt T120ss dibanding Suzuki Futura adalah T120ss ini tenaga dan torsinya yang jauh lebih besar. Karenanya mobil ini umum digunakan untuk keperluan angkut mengangkut di daerah dengan konsidisi jalanan menanjak seperti di pegunungan misalnya. Karena tenaganya yang besar untuk kelas pick up dan dipadukan dengan bobotnya yang ringan, tak jarang kita menemukan mobil ini berlaga di ajang balap atau slalom. Salah satu peslalom yang menggunakan mobil ini untuk slalom adalah Dr. Hery Agung dari Semarang. Kekurangannya dibanding carry adalah plat body yang dirasa tipis dan suspensi yang kurang empuk karena mobil ini murni didesain untuk mobil barang.


Mitsubishi Colt T120ss awalnya menggunakan mesin Mitubishi Orion 4G17 SOHC 12 valve 1343cc yang dikembangkan secara khusus untuk Mitsubishi Colt T120ss. Mesin ini dapat menghasilkan output tenaga sebesar 78Hp pada 6000rpm dan torsi 107Nm pada 3500rpm. Mesin ini masih mengandalkan penggunaan karburator untuk menyuplai bahan bakarnya. Sekitar tahun 2004 bersamaan dengan versi faceliftnya mesin ini diganti dengan mesin Mitsubishi Orion 4G15 SOHC 12 valve 1468cc. Mesin yang menggunakan injeksi Multi Point Injection untuk mensuplay bahan bakar ini menghasilkan tenaga hingga 86Hp pada 5750rpm dan torsi 120Nm pada 3750rpm. Mesin 1468cc ini sama dengan yang digunakan Mitsubishi Lancer trim GLX pada tahun 1990an.

Pada tahun 2004, Mitsubishi mengeluarkan versi facelift mobil ini. Tidak banyak yang berubah karena dibagian eksteriornya hanya terlihat grill depan saja yang berubah dengan grill belah segitiga besar khas Mitsubishi jaman itu. Dibagian interiornya tidak banyak bahkan nyaris tidak ada perubahan dibanding versi sebelumnya. Bagian paling berubah ada pada mesinnya yang upgrade dari 1300cc menjadi 1500cc. Perbedaan lainnya ada pada pilihan bak standar, flat deck dan bak 3 way wide.

Colt T120ss karoseri lautan berlian

Berbeda dengan Suzuki Carry yang memiliki bentuk minibus yang dibuat langsung oleh ATPMnya dan populer. Mitsubishi Colt T120ss ini tidak memiliki bentuk minibus yang dibuat sendiri oleh ATPM dan populer. Karoseri asli mobil ini bernama Lautan Berlian dimana terdapat 2 varian yaitu Pasola dan Lotus. Dilihat dari fitur bodinya, tipe Pasola ini lebih normal dibanding Lotus yang diberi moncong sehingga tampak aneh. Bagian moncong model Lotus ini bisa digunakan sebagai bagasi karena bisa dibuka dan ditutup. Fitur tipe Lotus ini juga lebih lengkap dengan adanya pintu 5 buah (Pasola hanya 4) dan jendela pintu tengah model naik turun bukannya geser.

Walaupun karoseri minibus dengan bodi originalnya kurang menarik, untungnya ATPM Mitsubishi Indonesia juga menyediakan Colt T120ss chasis dimana mobil hanya berupa sasis dengan ruang kabin depan dan tembok belakang dihilangkan agar nantinya bisa dibuat menjadi minibus atau kendaraan khusus seperti angkot. Karenanya ada lumayan banyak perusahaan karoseri lokal (pembuat body mobil) yang berperan membuat body minibus untuk Mitsubishi Colt T120ss ini. Beberapa model minibus yang populer untuk Mitsubishi Colt T120ss adalah karoseri buatan New Armada dan Adi Putro yang terkenal memiliki bentuk yang lebih baik dan kualitasnya baik.

Kelebihan Mitsubishi Colt T120ss adalah tenaganya yang lebih dibanding rivalnya. Selain itu Handling mobil ini juga lumayan baik walau rasanya ban belakang kurang menapak kala tidak ada muatan di baknya. Untungnya kelebihan tadi bisa didapat dengan harga yang cukup terjangkau karena harga jualnya tidak semahal kembarannya, carry. Dengan uang mulai dari 25juta rupiah, mobil Colt T120ss minibus sudah lumayan layak dibeli walaupun kadang untuk versi mobil pick up harganya bisa jauh lebih dari itu.

Kelemahan mobil ini adalah jika timing belt putus maka siap siap keluar dana yang lumayan banyak untuk turun mesin. Masalahnya ketika timing belt putus, seluruh komponen mesin bisa hancur bertabrakan satu sama lain. Istilahnya mesin 4G17 adalah inference engine. Belum lagi karena spare part Mitsubishi yang mahal walaupun awet menambah beban perbaikan untuk memperbaikinnya. Untungnya masalah ini hanya terjadi pada Mitsubishi Colt T120ss keluaran awal. Sejak tahun 1996, apabila tiba tiba timing belt putus maka bisa langsung diganti tanpa khawatir komponen mesinnya hancur bertabrakan. Bagi pemilik Colt T120ss keluaran lama sebenarnya tidak perlu khawatir timing belt putus. Asalkan rajin merawat dan mengganti timing belt setiap 60.000km atau 40.000 jika selalu bertemu macet atau sering membawa muatan berlebih pastinya tidak akan kejadian timing belt putus tiba tiba. Toh lagipula kejadian timing belt tiba tiba putus dijalan juga langka. Selain itu plat body mobil ini lebih tipis dan lebih mudah terkena karat dibanding kembarannya. Konsumsi BBM mobil ini juga lumayan boros dibanding rivalnya seperti Carry. Namun hal ini dapat dimaklumi karena tenaga yang dihasilkan besar.

Spesifikasi Mitsubishi Colt T120ss ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mitsubishi Colt T120ss
Jenis Pick Up
Tipe T120ss
Mesin 4G17 SOHC 12v 1343cc
4G15 SOHC 16v 1468cc
Bore X Stroke 72.2 X 82.0 mm (4G17)
75.5 X 82.0 mm (4G15)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Multi Point Injection
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 1.970 mm
Panjang 3.780 mm
Lebar 1.560 mm
Tinggi 1.825 mm

81 Responses to "Mitsubishi Colt T120ss"

  1. kalau yang sekarang giman boss timing belt putus tidak masalahya buat mt120ss?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yang lama (awal keluar 1991 kira kira smpe 1995 klo ga salah) emang bahaya soalnya piston sama klep bisa tabrakan. klo yang baru sudah nggak masalah. putus tinggal ganti toh mesinnya juga udah beda (4G17 1300cc vs 4G15 1500cc)

      Delete
    2. Gan, kode mesinnya sama kayak dangan glx sohc 4G15, apa sama juga klou timing belt putus mesin masih aman ya gan? Trus apa timing belt t120ss bisa di pasang di dangan sohc?

      Delete
  2. Replies
    1. kalau tidak salah cuma 9.0:1 kok. standar mobil barang biar bisa nenggak bensin sejenis premium

      Delete
  3. Dashboard saya kebakar meleleeh, mungkin dari AC konslet?
    Harga dashboard brapa ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba nanya dealer mitsubishi gan. dashboard termasuk very slow moving part soalnya, toh t120ss masih dijual sama ktb. buat perbandingan kalo pengalaman kemarin nyari dashboard kijang super harganya 2,5 jt

      Delete
  4. Law dari120ss mau dari kota g keluar api ny knapa ya

    ReplyDelete
  5. Dulu keluarga saya punya model tahun 1992 akhir bodi Pasola. Ada yang tahu sejarah bodi Pasola ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. IMHO pasola itu varian dari karoseri lautan berlian. lautan berlian ini karoseri asli mitsubishi. jadi ya mirip mirip bentuk body belakang futura atau kijang kapsul gitu yang dari pabriknya sama semua. selain pasola kayaknya ada lagi yang moncong depannya dipaksa dimajuin ntah apa namanya.

      Delete
    2. Terima kasihnya infonya, kalo yang monvong kalo gak salah Lotus namanya

      Delete
  6. Silinder head keropos sehingga air radiator masuk bercampur oli. Kira2 sampai berapa ya dana untuk mengganti silinder head tersebut.

    ReplyDelete
  7. Silinder head keropos sehingga air radiator masuk bercampur oli. Kira2 sampai berapa ya dana untuk mengganti silinder head tersebut.

    ReplyDelete
  8. Untuk yg jual chasis bekas colt 120ss ada nggak y gan? Bisa minta info, kami di wilayah jawatengan/solo.

    ReplyDelete
  9. Untuk yg jual chasis bekas colt 120ss ada nggak y gan? Bisa minta info, kami di wilayah jawatengan/solo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. chasis kalo mau dibuat minibus kalo baru bisa kontak dealer, cuma kalo bekas nggak tau. coba mampir kampakan

      Delete
  10. bos yang colt t120ss tahun 1995 berarti masih 1300 cc ya??? kalo spare partnya kira2 masih banyak gak ya? mksh

    ReplyDelete
  11. bos yang colt t120ss tahun 1995 berarti masih 1300 cc ya??? kalo spare partnya kira2 masih banyak gak ya? mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, mobilnya aja masih ada yang baru jadi partnya masih banyak lah

      Delete
  12. Jadi takut saya punya colt t120ss tahun 1992... takut teming belt putus...

    ReplyDelete
  13. Jadi takut saya punya colt t120ss tahun 1992... takut teming belt putus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, jangan takut... mobilnya ga nggigit kok
      semua mobil kalo nggak dirawat ya jelas ngambek, karna mobil nggak bisa ngomong maka cara ngambeknya bisa berupa putusin timing belt... makanya rawat terus mobilnya biar aman dan nyaman di jalan

      Delete
  14. Saya punya colt t120ss 1992. Dari beli 9 tahun yg lalu hampir semua slang2 kecil di karburator, cdi dan manofolt sdh tdk ada. Saya ingin memfungsikan kembali slang2 itu, tapi tdk tahu jalur2nya. Bos punya nggak gambar cara nyambung slang2 itu? Saya minta yaaa. Email saya choirulyogya@gmail.com. Terima kasih

    ReplyDelete
  15. saya punya colt t120ss,, tahun 1997,, awalnya larinya bagus tapi sekarang kalu gear 1 dan 2 kok nyedut-nyedut,, kira2 masalahnya dimana gan,, mohon info

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyedut nyedut? maksudnya brebet? coba cek karbu

      Delete
  16. Saya Punya Colt T120ss Th 90 Minibus,...Mau Tanya Om Charis Alfan..
    Kalo Supaya Suspensi Nya Empuk...Gimaana Ya....? Tanks

    ReplyDelete
  17. Saya Udah Cek, Sokbeker Depan dan Belakang Bagus Semua....

    Pengen Nyaman, Ya Minimal Kaya Rivalnya ( espas ) gitu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ganti per. sama velg dan ban sesuaikan sama ukuran aslinya saja karna kalau kebesaran bisa bikin kurang nyaman

      Delete
  18. Bos berarti untuk t120ss dia lebih boros dari pada futura? Kl futura 1:12 kalau t120ss 1:9 apa benar itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara umum gitu tapi ya nggak sejauh itu juga... toh biar borosan dikit tapi tenaganya lebih gedean mitsu

      Delete
  19. saya lagi mau beli ss 94 kira" bahaya gak ya kalau teming belt putus ??
    dan gimana cara ngrawatnyaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama diperhatikan jadwal gantinya ya aman2 saja. cara merawatnya juga sama kayak mobil biasanya, servis, ganti oli, filter2, dll
      mobil ini karena dirancang jadi mobil pikap buat banting tulang. jadi ya perawatannya jauh lebih mudah dibanding sekelas mobil penumpang macam sedan.

      Delete
  20. Om charis saya punya T120SS thn 1997 apakah timing beltnya juga beresiko nabrak yg lain jika putus, trus utk ganti body baru dimana carinya kalo di wilayah Aceh? tks sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun segitu kayaknya aman, kalo bodi depan (kepala) coba telp alamat di webnya ktb ktb.co.id/layanan-purna-jual/jaringan-penjual-suku-cadang. kalau bodi belakang (minibus) ke karoseri

      Delete
  21. Sy pnya Mitsu Colt T 120 SS dr thn 2003 smp skrng msh exist aja bwt kerja... hehehei.. mesin msh bandel bwt lari, krna setiap 30.000 km sllu sy service.. bensin sih emng agak boros tp bs muat sebnyk mngkn barang

    ReplyDelete
  22. Sy pnya Mitsu Colt T 120 SS dr thn 2003 smp skrng msh exist aja bwt kerja... hehehei.. mesin msh bandel bwt lari, krna setiap 30.000 km sllu sy service.. bensin sih emng agak boros tp bs muat sebnyk mngkn barang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di jalan tanjakan tinggi bisa gak bos sampe 2ton muatan T 120 ss..

      Delete
  23. Agan kalo letak riley lampu depan itu dman ya? Untuk t120ss 2015... teima kasih

    ReplyDelete
  24. mat sore mas. saya punya t120ss injection thn 2012. kalo timing belt nya putus, piston sama klep nya bisa tabrakan ga.

    ReplyDelete
  25. keadaan mobil saya sekarang star awal banyak asap yang keluar, kalo udah jalan asapnya sudah tidak ada lagi, trus businya basah. busi barusan diganti 2 bulan lalu sudah harus di gantilagi karena mesin ngadat-ngadat. apa yang harus saya ganti agar tidak asap lagi dan busi tidak basah lagi karena oli naik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf saya bukan mekanik jadi hanya paham sedikit mengenai mesin.
      mesin tss yang udah injeksi sudah tidak tabrakan lagi kok. jadi harusnya klep sama piston aman. masalah ngebul sama busi basah coba cek ring pistonnya. dulu katana saya juga gitu gara2 ring piston udah kalah selain karena pengapiannya

      Delete
  26. Yg DOHC mivec ga perlu turbo sudah 176 ps...
    Mantab tarikannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang Mitsubishi jagonya bikin mobil kencang

      Delete
    2. Gan saya puna mitsubishi colt 120ss thn 2013 masalah nya chasis pernah retak gara" muatan banyak trs kena lobang saya las. Nah kira" awet ga ya bos

      Delete
    3. tergantung titik retaknya dan pengerjaan lasnya...

      Delete
  27. mat malam mas. nanya nih... t120ss lampu depan sebelahnya sering suram, masalahnya apa ya?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek sekring. biasanya kalau ada yg kurang pas atau meleleh bisa bikin lampu sebelahnya redup/mati, ganti yang bermasalah sesuai ukurannya paling cuma 1000 perbijinya

      Delete
  28. colt ss120 yang 1996 kalau timing belt putus tinggal aja atau turun mesin gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya dijaga biar ga putus lebih penting sih, kalau terlanjur cek mesin dulu.

      Delete
  29. maaf salah ketik,maksud saya untuk ss120 yang tahun 1996 itu kalau timing belt nya putus apa harus turun mesin seperti yang tahun 1995

    ReplyDelete
  30. maaf, klo misal beli tss pickup 2013 bisa dibuat mobil keluarga tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. diubah menjadi minibus? bisa dong. tinggal hubungi bengkel karoseri terdekat minta dibikinin minibus. nanti surat menyuratnya tinggal minta surat keterangan rubah bentuk. habis itu pergi ke samsat isi formulir SPPKB sambil bawa surat keterangan rubah bentuk, KTP, STNK, BPKB, bukti pelunasa pajak dll sama cek fisik. Kalau minibus dijadiin pickup juga begitu syaratnya. cuma apa nggak sayang duit? secara kalau dihitung lebih murah jual pickupnya terus beli minibus udah jadi.

      Delete
  31. T1200ss thn 2000 kalo timingbelt putus ga terlalu beresiko ya bos...

    ReplyDelete
  32. Kalau mobil t120ss thn 2002 kalo timing belt putus beresiko gak bos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aman aja
      tapi ya tetep diusahakan jangan sampe putus lah, caranya kalau sudah waktunya ganti ya ganti. tiba2 mogok ditengah jalan gara2 timing belt putus ya nggak lucu kan?

      Delete
  33. Mesin nya keluaran thn 2002 bos tp masih 1.343 cc,gimana cara mengetahui jangka waktu ganti timing belt nya bos?berapa tahun sekali gitu?kalau tiba2 putus timing belt apa harus bongkar mesin y gan?karena kata mekanik mobil,mau tahun berapa pun keluaran mobil colt t120ss kalau tiba2 putus timing belt harus bongkar mesin katanya.krn kalau udah putus timing belt akan menghancurkan mesin,mana yg benar bang.minta tolong y bg kasi pencerahan. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyakitnya mesin inference engine emang gitu sih... mau diminimalisir seperti apa tetep ada resiko klep sama piston tabrakan terus daleman mesinnya hancur kala timing beltnya putus. kalau putus tinggal berharap sama nasib, kalau beruntung ya mesin aman aja, tapi kalau lagi apes ya siap2 cari mesin baru...
      jangka waktunya ikuti saja buku manual, toh insinyur sudah memperhitungkan kapan barang dengan material dan desain seperti ini bakalan minta ganti. kalau tidak salah setiap 60000km.

      Delete
  34. Tp abg bilang di atas artikel,cuma mesin thn 1991 sampai thn 1996 saja yg beresiko menghancurkan mesin.jd keluaran thn 2002 sama aja y bg resikonya kalau timing belt putus?mohon di bantu y bg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena sekitar 96 mulai ada perbaikan sedikit yang bikin rasa was-wasnya sedikit detilnya sendiri kurang paham seperti apa, toh saya juga dapat infonya dari teman. ibaratnya seperti kucing/anjing yang nggak suka air tapi ketika kepaksa/dilatih bisa aja berenang biar kemampuan renangnya kalah sama katak.

      Delete
  35. Bemperdepan peok bis berapa harga perbaikan terim.

    ReplyDelete
  36. Bemperdepan peok bis berapa harga perbaikan terim.

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat perbandingan, sekitar 2 thun kemarin benerin bumper ertiga habis 500... harganya tergantung besarnya kerusakan sama nawarnya

      Delete
  37. Selamat pagi salam kenal mau tanya om colt t saya tahun 96 kondisi sekarang dah gak mau start kudu start dorong terus asep ngebull pull, ada tetesan oli, kira2 apa aja yg harus dibenerin, estimasi harga perbaikannya kira2 berapa ya om, terus kalo dijual kondisi sekarang laku berapaan yah om ?? Trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal, kalau mau enak sih turun mesin oom... biaya sekitar 5 sampai 7 juta tergantung bengkel sama part yang dipake (kw atau ori). klo dijual kondisi begitu rasanya surem oom, bisa 10 juta lebih murah daripada kondisi standar (dilihat dari kondisi part mobil lainnya seperti bodi dll ya)...

      Delete
    2. Ooowwww thx om infonya lagi galau mau jual aja atau di benerin hehhe

      Delete
  38. Malam gan saya mau nanya yang sudah colt t120ss yang sudah injek si keluaran tahun berapa dan yang brapa cc

    ReplyDelete
  39. Bos berapa ukuran celah klep t120ss standart pabrik nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam keadaan dingin :
      in : 0.09
      ex : 0.17
      cmiiw

      Delete
  40. yg bener bos 4G15 16valve... gak salah tuh... saya punya lho bos mobilnya sdh saya cek klep cuman ada 12.buah... 3.klep per silinder piston... 2buang 1isi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah habis lihat webnya mitsu indo iya bener 12 valve... makasih koreksinya, dulu 2 kali punya colt t120ss semuanya yg 1300cc sih

      Delete
    2. Maaf om, sy mau beli colt t120ss tahun 1996, untuk timingnya beltnya seumpama putus di jalan apa efeknya sdh tdk ngerusak mesin. Mohon bantuannya. TRIms sebelumnya

      Delete
    3. saya nggak bilang nol kerusakan... asal dijaga sebenarnya ga masalah sama sekali. toh timing belt tss cuma 350 sampai 400 ribu ganti tiap 40rb km sampai 60rb km tergantung kondisi jalan (macet/tidak) sama muatan (untuk pickup). lagipula rata-rata mobil jalan cuma 10rb km setahun

      Delete
  41. Gan,yg thn 1997 mesin 4G17 1343cc, apa jika timing belt putus harus turun mesin (tabrakan pinton klep).. artikel diatas tabrakan hanya keluaran 91-95.. yg bener yg mana gan? Apa yg inject (2004 keatas) saja yg pasti tdk tabrakan jika timing belt putus..? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini dikarenakan ada 2 orang yg saya jadikan refrensi beda pendapat. yang satu ex mekanik mitsubishi sampai 1998 bilangnya sama saja sementara yang satunya fanboy mitsu yg juga kerja di mitsu sampai sekarang bilangnya sampai 95. dulu saya punya 2 tss tahun 92 sama 96 aman saja, toh ganti timing belt seharga 350an ribu bisa tiap 60rb km. kalau memang ragu ya sudah ambil saja yang injeksi

      Delete
    2. Yg injeksi mulai thn brp gan.? Tks

      Delete