Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick SB416

Suzuki Vitara Escudo Sidekick SB416

Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick sebenarnya dibuat untuk menggantikan Suzuki Jimny yang aslinya dijual dengan regulasi kei car yang tidak sesuai dengan selera pasar Amerika Serikat yang lebih menyukai mobil berukuran besar. Di berbagai negara, mobil ini dijual dengan hanya menggunakan satu nama, bisa Escudo (Jepang), Vitara (Eropa, Amerika Latin, Australia) atau Sidekick (Amerika Serikat). Namun di Indonesia, mobil ini dijual dengan 3 nama sekaligus yang membuat Indonesia menjadi satu-satunya negara di dunia yang menjual mobil ini dengan semua nama lain mobil ini walau yang dijual resmi ATPM hanya versi 5 pintu long wheel base saja.


Sesuai dengan konsep SUV tradisional, mobil ini tersedia versi 4X4 yang dijual dengan nama Vitara. Suzuki Vitara masuk ke Indonesia pada tahun 1992. Karena pajak mobil dengan penggerak 4X4 di Indonesia mahal, jadilah Suzuki memasukkan Suzuki Escudo untuk menemani Suzuki Vitara pada tahun 1994. Mobil ini sebenarnya termasuk salah satu mobil favorit di jamannya, namun mungkin karena harga Suzuki Escudo yang walaupun hanya 4X2 masih tetap dirasa mahal dan Suzuki Vitara saat itu sudah kurang begitu laku karena sistem perpajakan Indonesia yang kurang ramah terhadap sistem gerak 4X4, Suzuki Indomobil akhirnya mengeluarkan varian spec down dari Suzuki Escudo dengan nama Suzuki Sidekick pada tahun 1996.

Mesin mobil ini sama semua, yaitu memakai mesin Suzuki G16A SOHC 8 valve. Mesin ini terpasang pada Suzuki Vitara dan Escudo antara tahun 1992 sampai 1995 di Indonesia. Khusus untuk Suzuki Vitara EPI, walaupun mesinnya G16A namun sudah menganut teknologi SOHC 16 valve. Pada tahun 1996 mesin Suzuki G16A diganti dengan mesin Suzuki G16B yang merupakan pengembangan dari G16A. Mesin G16B ini sudah menggunakan teknologi SOHC 16 valve. Untuk suplay bahan bakar, semuanya masih mengandalkan karburator kecuali untuk Suzuki Vitara EPI yang memakai injeksi. Untuk transmisinya digunakan transmisi manual 5 speed.

Perbedaan mendasar dari Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick sebenarnya hanya ada pada fiturnya saja. Suzuki Vitara adalah varian yang paling lengkap dengan build quality yang paling mantab. Selain sistem gerak 4X4, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan power steering, power window, electric mirror, pengatur AC yang lengkap dengan heater, wiper belakang, defoger, body stripe sampai side mould. Model pertama Suzuki Vitara diberi nama Vitara hadir antara 1992 sampai 1994 akhir dan masih dipisah lagi dengan tipe JX dan JLX. Beda tipe JX dengan JLX adalah pada tipe JX hanya ada power steering dan central lock sementara versi JLX adalah versi lengkapnya. Tahun 1994 akhir sampai 1995 muncul Suzuki Vitara EPI (Electronic Petrol Injection) yang hanya beda pada sistem pengabutan bahan bakar yang kini menggunakan injeksi menggantikan karburator.

Pada Suzuki Escudo yang dikenalkan pada 1994 sampai 1995 tidak ada perbedaan dengan Suzuki Vitara. Hanya saja Suzuki Escudo tidak dilengkapi dengan sistem gerak 4X4 dan memiliki intrument cluster yang berbeda dengan Suzuki Vitara. Pada pertengahan 1995, Suzuki Escudo mengalami facelift dengan perbedaan ada pada dashboard dan bentuk stir. Untuk tampilan eksteriornya sama persis dengan sebelum facelift kecuali grill depan yang berubah menjadi 6 kotak. Tahun 1995 akhir muncul Suzuki Escudo Nomade yang merupakan facelift sebenarnya dari Suzuki Escudo. Versi Nomade ini lebih sporty dengan penambahan side mould dan spoiler di sekeliling bodi. Selain itu pada warna aslinya juga sudah disediakan warna two tone. Pada bagian interior ada perbedaan dashboard yang kini lebih membulat dan terdapat perbedaan di instrument cluster. Suzuki Escudo Nomade ini hadir sampai tahun 1997 saja.

Karena merupakan varian spec down, Suzuki Sidekick memiliki fitur yang jauh lebih sedikit dibandingkan Suzuki Vitara dan Escudo. Tahun 1996 Suzuki Sidekick keluar dengan tampilan yang sepintas sama persis dengan Suzuki Escudo. Hanya saja Suzuki Sidekick ini tidak dilengkapi dengan power window, electric mirror, radio tape, center console, heater, wiper belakang, defoger, side mould dan body stripe. Lainnya pada bumper tidak dicat (warna hitam), door trim rata, velg kaleng dan konon materialnya sedikit dibawah Suzuki Escudo dan Vitara. Pada 1997 muncul Suzuki Sidekick Drag One yang lebih sporty dibandingkan dengan Suzuki Sidekick biasa. Namun tetap saja karena Suzuki Sidekick didesain untuk menjadi versi termurah dari Suzuki Escudo,
side mould di sekeliling body tipis dan dibiarkan berwarna hitan tanpa cat. Pada bagian interior ada perbedaan dibagian kiri dashboard yang sedikit melengkung, sarung jok dan kini sudah memakai power window. Suzuki Sidekick ini hadir sampai tahun 2001 sebelum digantikan oleh Suzuki Escudo 1.6 baru.

Kelebihan mobil ini adalah sistem gerak 4X4 pada Suzuki Vitara yang lumayan tangguh. Secara umum, mobil ini termasuk mobil yang bandel dan minim perawatan. Kalaupun butuh perawatan lebih, perawatannya juga mudah karena sparepartnya lumayan banyak dan murah. Tarikannya lumayan dan mobil ini terasa lincah di jalan. Untuk modelnya walaupun mengotak dan masih memakai ban cadangan yang ditempel di pintu belakang namun malah membuat mobil ini terlihat gagah.

Kelemahan mobil ini adalah konsumsi bensinnya yang lumayan boros. Biasanya berkisar antara 1:8 sampai 1:9 saja tergantung kondisi lalulintas, pengemudi sampai ukuran ban yang semakin besar semakin boros. Borosnya konsumsi bensin mobil ini mungkin dikarenakan mesin yang digunakan hanya 1600cc bensin serta masih karburator. Tidak hanya konsumsi bensinnya saja yang boros, oli mobil ini sering dikeluhkan mudah menguap. Kaki-kakinya khas mobil jip yang keras dan kurang nyaman walaupun minim masalah dan tangguh. Selain itu, AC mobil ini dikeluhkan kurang dingin. Untuk mengatasinya banyak yang mengganti kompresornya dengan kompressor Daihatsu Taruna.

Spesifikasi Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick SB416 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick SB416
Jenis Jip
Tipe SB416
Mesin G16A SOHC 1600cc
G16B SOHC 1600cc 
Bore X Stroke 75.0 X 90.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Injeksi (Vitara EPI)
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.479 mm
Panjang 4.031 mm
Lebar 1.636 mm
Tinggi 1.669 mm

8 Responses to "Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick SB416"

  1. Oh pantes dulu bingung kenapa SUV suzuki banyak jenisny tp mirip mirip..ternyata cuma beda nama dan fitur ya.

    Mobil ginian versi barunya udah mahal..grand Vitara baru skg udah 400 jutaan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya namanya cuma 1 sih, cuma mungkin buat pembeda aja makanya dikasih nama beda kayak holden aja

      Delete
  2. Maaf gan mau tanya... Kalau cari paking set karburator dan selinderhead nya suzuki vitara di mana ya... Mhn info trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://www.bukalapak.com/jakasundakiwari/products

      Delete
  3. Itu pakai penggerak roda depan kayak ertiga apa penggerak roda blkng macam avansa om

    ReplyDelete
    Replies
    1. RWD (penggerak roda belakang). khusus Vitara, dia 4WD

      Delete
  4. maaf boz sy mo cari Roof rack suzuki vitara 1994 SGA...bisa kasih infonya?
    ..sy dibandung (cimahi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tanya dealer suzuki terbesar dan tertua di bandung atau ke jakarta di mt haryono... saya belum pernah pasang genuine accessories di suzuki, tapi kalo di dealer nggak ada harapannya tinggal ke fjb kaskus, modcom, tokped, bukalapak dkk atau bisa juga ke klub atau komunitas vitara, escudo, sidekick...

      Delete