Chevrolet Trooper & Stallion

Chevrolet Trooper 4WD

Chevrolet Trooper merupakan SUV yang aslinya dibuat oleh Isuzu antara tahun 1981 sampai 1991 namun di Indonesia masih terus dijual sampai sekitar 1995. Walau mobil ini merupakan buatan Isuzu, namun karena Isuzu berada dibawah GM maka Trooper ini juga dijual oleh merk lain dibawah GM dengan nama berbeda seperti Isuzu Rodeo Bighorn, Isuzu Carribie (Amerika Latin), Chevrolet Trooper (Indonesia) dan Holden Jackaroo (Australia & Selandia Baru). SSang Yong juga menjual Trooper ini dengan nama Korando Family di Korea Selatan begitu juga Subaru yang menjual Subaru Trooper khusus untuk Jepang.


Pertama kali hadir di Indonesia sekitar 1984 dengan bentuk jip sasis pendek 3 pintu. Berbeda dengan pesaingnya saat itu yang memiliki ruang belakang sempit, Trooper menawarkan ruang belakang yang lega karena bagian belakangnya lebih panjang dibanding Jip lainnya. Bagian depannya masih memakai sepasang lampu bulat dan grill dengan garis vertikal dan bumper depan masih sederhana dengan besi kotak dan plastik dikanan kirinya. Selain sasis pendek, ada juga varian sasis panjang 5 pintu yang agak jarang pada versi pra facelift ini.


Sekitar 1989 muncul varian baru dari Chevrolet Trooper ini dengan hanya tersedia varian 5 pintu yang memakai sasis panjang. Bagian depannya menganut model lampu kotak dan grill berkisi kotak. Selain itu lampu posisi dibawah sein dihilangkan dan diganti dengan sebuah lampu sein besar kotak berwarna orange dan bumpernya dibuat lebih tebal. Pada akhir 1993 muncul varian terakhir dengan atap yang lebih tinggi yang dikenal juga dengan nama Trooper Hi roof. Bagian belakangya sendiri tidak terlalu mengalami perubahan berarti. Ciri khas dibagian belakang Trooper ini adalah pintu belakang yang hanya 2/3 bagiannya yang terbuka ke samping. Model pintu ini kemudian ditiru oleh minibus lokal seperti Kijang, Phanter sampai Kuda.

Mesin yang digunakan oleh Trooper ini pada awalnya adalah mesin diesel C223 dari Isuzu yang memakai konfigurasi OHV 8 valve berkapasitas 2200cc yang sama dengan yang digunakan oleh Chevrolet LUV dan Isuzu Phanter generasi awal. Karena permintaan, pada tahun 1993 muncul varian bermesin bensin dengan mesin Isuzu 4ZD1 yang memakai konfigurasi 2300cc SOHC 8 valve. Transmisi yang tersedia hanya ada pilihan manual 5 percepatan saja dengan gearbox Isuzu MSG. Namun karena Trooper merupakan mobil 4WD, yang spesial ada pada transfercasenya yang menjadi satu dengan gearbox ini.

Tagline senyaman sedan dan setanggh truk memang bukan isapan jempol belaka pada mobil ini. Kaki-kaki depannya sudah menganut suspensi independen yang membuat perjalanan menjadi nyaman. Jok depan termasuk lebar dan empuk serta jok paling belakang yang walau masih berhadap-hadapan masih menyisakan ruang badan yang cukup walau ruang kepalanya sangat terbatas. Selain itu semua Trooper sudah dilengkapi denga penggerak 4 roda yang membuatnya cukup terkenal diarena off road. Versi awal masih memakai fitur serba sederhana dan serba manual. Walau begitu setidaknya pada versi awal sudah disediakan power steering yang membuat setir lebih enteng kala bermanuver mengingat mobil ini cukup berat.

Pada versi facelift Trooper kotak, fitur yang tersedia ditambah sehingga terasa mobil ini sangat kaya akan fitur. Selain power steering, ada juga power window, central lock, AC dan indikator-indikator lainnya seperti tachometer, clinometer, altimeter, sampai thermometer. Selain itu ada juga tambahan jam digital dari Quartz yang menambah kesan konsol tengahnya penuh dan canggih. Pada versi 5 pintu ini jok tengahnya bisa dilipat setengah dan terdapat arm rest disana. Pada versi terakhir, ada versi high roof yang membuat ruang kepala penumpang terutama yang duduk dibangku paling belakang menjadi lebih luas.

Chevrolet Stallion Trooper 2WD

Selain Trooper, Garmak Motor selaku ATPM Chevrolet saat itu juga memasarkan Chevrolet Stallion. Walaupun memiliki bentuk yang serupa, namun bagian mekanikal Chevrolet Stallion ini berbeda jauh dengan Trooper. Secara umum, Stallion ini merupakan LUV yang diberi bodi Trooper. Oleh karena itu bagian kaki-kaki independen dibagian depannya serta penggerak 4WD tidak tersedia pada mobil ini. Fitur-fitur mobil ini juga sederhana persis dengan LUV pickup yang dibuat bodinya oleh karoseri lokal. Mungkin karena beberapa hal inilah Chevrolet Stallion termasuk gagal penjualannya.

Kelebihan Chevrolet Trooper adalah cukup nyaman dan tangguh untuk medan jelek didukung dengan sistem gerak 4WD dan suspensi depan double wishbone independen. Bentuknya yang serba kotak juga membuat mobil ini terkesan gagah dan kokoh. Tenaga yang dihasilkan mesin bensinnya lumayan besar dan lebih minim getaran tentunya. Untuk versi diesel karena memakai mesin yang sama dengan Panther membuat sparepartnya berlimpah juga konsumsi BBM yan lebih irit karena bermesin diesel.

Kelemahan Chevrolet Trooper versi bensin ada pada konsumsi BBM yang cukup boros dan juga sparepartnya yang cukup jarang karena di Indonesia Isuzu lebih fokus pada mesin diesel dibanding mesin bensin. Pada versi mesin diesel kelemahannya ada pada larinya yang kurang. Untuk mengatasi masalah ini, tak jarang pemiliki Trooper mengganti mesin mobilnya dengan mesin diesel gahar seperti mesin Isuzu Elf sampai mesin Isuzu Bighorn 3100cc.

Spesifikasi Chevrolet Trooper & Stallion ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Chevrolet Trooper & Stallion
Jenis Jip
Tipe UBS
Mesin C223 OHV 2238cc
4JD1 SOHC 2255cc
Bore X Stroke 89.3 X 90.0 mm (4ZD1)
88.0 X 92.0 mm (C223)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.301 mm (3 pintu)
2.649 mm (5 pintu)
Panjang 4.112 mm (3 pintu)
4.470 mm (5 pintu)
Lebar 1.651 mm
Tinggi 1.844 mm (3 pintu)
1.821 mm (5 pintu)

0 Response to "Chevrolet Trooper & Stallion"

Post a Comment