Toyota Kijang Perkasa, Bodi Fiberglass Bisa Minibus Bisa Pickup

Kijang Perkasa Minibus

Toyota Kijang Super merupakan mobil fenomenal di Indonesia karena mobil ini dirasa sangat cocok dipakai oleh semua keluarga Indonesia. Karena permintaan yang begitu tinggi, jadilah banyak bermunculan Kijang minibus versi karoseri lokal yang menyesuaikan permintaan konsumen seperti di post Macam-macam Toyota Kijang Super di Indonesia. Salah satu Kijang karoseri yang cukup unik pada waktu itu adalah Toyota Kijang Perkasa yang dibuat oleh perusahaan karoseri Shelby asal Tangerang dimana karoseri bodi mobil ini dibuat menggunakan material fiberglass.

Jaman dulu, kereta dibuat menggunakan kayu dan kemudian setelah besi ditemukan manusia mulai membuat kereta kuda dengan besi atau kombinasi antara kayu dengan besi. Saat mobil pertama kali diciptakan, kombinasi antara kayu dan logam inilah yang dipakai untuk membuat mobil. Lama kelamaan seiring perkembangan teknologi, besi, baja, aluminium, fiberglass bahkan carbon fiber yang awalnya dipakai untuk teknologi pesawat luar angkasa mulai diterapkan untuk membuat mobil produksi massal. Kembali ke fiberglass, pada awalnya material ini dipakai sebagai pelapis panas karena sifat fiberglass yang tahan panas dan tidak menjadi konduktor panas. Namun karena murah dan cukup kuat, industri otomotif mulai melirik material ini sebagai material untuk membuat kendaraan. Tercatat ada beberapa mobil yang memakai bodi iberglass seperti misalnya Chevrolet Corvette, Lotus Europa, Lotus Elan sampai hampir semua mobil replika.

Kelebihan fiberglass ini adalah memangkas bobot kendaraan yang mengakibatkan berat mobil ini sangat ringan untuk kelas minibus. Sebuah Toyota Kijang Super pickup sasis pendek yang menjadi dasar mobil ini memiliki berat 1060Kg. Tidak jauh beda dengan Kijang Perkasa yang memiliki berat 1160Kg. Sebagai perbandingan, Toyota Kijang Super minibus karoseri Superior Coach yang memakai bahan plat besi untuk bodinya memiliki berat sebesar 1470Kg. Selain itu karena sifat fiberglass, bodi mobil ini tidak akan berkarat seperti halnya mobil tua lainnya yang memakai bodi yang terbuat dari besi. Karena pada awalnya fiberglass diciptakan oleh Russell Games Slayter sebagai material pelapis anti panas, jadilah kabin mobil ini termasuk dingin walau diparkir ditengah lapangan disiang hari.Mungkin karena berbagai kelebihan ini yang membuat Shelby, perusahaan karoseri asal Tangerang Jawa Barat (sekarang Banten) membuat bodi mobil dengan material fiberglass. Selain Kijang Perkasa, karoseri ini juga membuat Shelby Patriot yang berasal dari Daihatsu Zebra.

Kijang Perkasa fiberglass body

Kijang Perkasa mengambil basic dari Toyota Kijang KF40 atau Kijang dengan sasis pendek. Bagian kabin depan, kap mesin, serta pintu masih memakai material logam untuk bodinya. Fitur yang ditawarkan untuk Kijang karoseri ini cukup lengkap dan unik. Spion depannya dibuat besar memakai spion Carry 1000 minibus yang memiliki 2 tangkai. Ban cadangan Kijang Super yang aslinya berada di kolong sebelah kanan dibelakang pintu pengemudi dipindahkan ke pintu belakang seperti mobil jip. Untuk mendongkrak tampilan, dibagian depan diberi bullbar besi serta side skirt, fender dan bumper custom yang terbuat dari fiberglass.

Bagian paling menarik dari Kijang karoseri ini adalah kabin belakangnya dimana kabin belakang mobil ini bisa dilepas. Ini membuat mobil ini memiliki 2 bentuk yang pertama minibus yang kedua landaulet atau pickup kalau jok belakang dan tengahnya dihilangkan. Di STNK, mobil ini ditulis jenisnya minibus walaupun bisa diubah sendiri menjadi pickup lalu balik lagi menjadi minibus. Atap kabin depannya juga bisa dibuka menjadikannya karoseri Kijang dengan "sunroof" pada waktu itu. Selain "sunroof", untuk atap kabin belakangnya diberi tambahan berupa roof rail yang mengesankan Kijang ini bukanlah minibus melainkan "jip".

Sayangnya kini mencari Kijang karoseri unik ini sudah cukup sulit. Entah dimodifikasi atau pesanan dulunya, namun kalaupun ada biasanya atap belakangnya sudah dibuat menyatu sehingga tidak bisa dilepas. Populasinya juga sedikit mungkin karena hanya beredar di sekitaran Tangerang dan bentuknya tidak semua orang suka.

0 Response to "Toyota Kijang Perkasa, Bodi Fiberglass Bisa Minibus Bisa Pickup"

Post a Comment