Ford Laser TX3 KC/KE

Ford Laser TX3

Ford Laser TX3 adalah sebuah varian hatchback 3 pintu yang dibuat oleh Mazda untuk Ford pada tahun 1985 sampai dengan 1989. Mobil ini merupakan CKD yang diimpor dari plan Toyo Kogyo di Hiroshima Jepang lalu di rakit di Indonesia. Ford Laser TX3 ini merupakan versi 3 pintu dari Ford Laser Ghia hatchback dan merupakan kembaran dari Mazda 323 SGX atau 323 Hatchback.


Berbeda dengan Ford Laser lain pada masanya yang kebanyakan dipakai jadi taksi, Ford Laser TX3 ini menggunakan mesin SOHC 16 valve 1600cc Injeksi yang gampir mirip dengan Mazda Astina. Mesin ini sanggup memuntahkan tenaga hingga 106hp. Beberapa varian TX3 ini sudah dilengkapi dengan turbo yang bisa menghasilkan tenaga sampai 140Hp. Mobil ini unitnya lumayan jarang ditemukan apalagi untuk varian turbo 4wd karena dulu digunakan untuk keperluan balap rally. Salah satu pereli nasional yang memakai Ford Laser TX3 ini adalah Beng Soeswanto dengan co driver yang sama sama berasal dari Indonesia yaitu Adiguna Sutowo. Keduanya memenangkan 11th Rally Indonesia / Trans Sumatra Rally pada tahun 1986. Nama Ford dalam ajang event rally dunia sebenarnya tidak bisa dipandang sebelah mata karena di Eropa sana Ford punya jagoan reli dengan nama Ford Escort. Lebih greget lagi, pada era rally group B Ford juga ikut serta dengan mengeluarkan Ford RS200.

Pada sekitar tahun 1988 Ford Laser TX3 ini mengalami facelift yang diberi kode KE. Perubahan yang paling mencolok dibagian eksteriornya adalah perubahan lampu depan yang sebelumnya sipit menjadi 4 buah lampu bulat. Selain itu bentuk bumper depan dan belakang juga berbeda. Perbedaan lainnya adalah lampu belakang yang menjadi sedikit membulat. Kelengkapan mobil ini masih terbilang lengkap karena sudah dilengkapi AC, Power Steering dan Power Window dari pabriknya.

Fitur beraura racing dari mobil ini adalah jok racing atau semi bucket adjustable. Mobil ini bisa memiliki fitur fitur canggih seperti ini karena Ford Laser TX3 ini merupakan model flagship dari Ford. Exterior mengandalkan velg 14 inch dilapisi chrome, garnish hitam, dll membuat tampilan mobil ini semakin keren dengan mencirikan mobil ala USDM.

Brosur Ford Laser TX3
Brosur Ford Laser TX3

Walaupun memiliki spesifikasi yang luar biasa, perawatan mobil ini tergolong lumayan mudah dan bahkan masih layak untuk dipelihara sampai saat ini. Kaki kaki mobil ini sama dengan kaki kaki pada mobil Mazda 323 Elite/Trendy/SGX, Interplay dan Timor baik yang DOHC maupun SOHC. Untuk mesinnya sendiri spare partnya mirip dengan Ford Laser Lynx, Gala, Champ dan Mazda Astina. Sayangnya berbeda dengan part mesinnya yang melimpah, part body lumayan susah karena ini bukan mobil yang laris dan pasaran.

Spesifikasi Ford Laser TX3 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Ford Laser TX3
Jenis Hatchback
Tipe TX3
Mesin B6 SOHC 1600cc EFI
Bore X Stroke 78.0 X 83.6 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.400 mm
Panjang 4.110 mm
Lebar 1.645 mm
Tinggi 1.390 mm


Comments

  1. Tambahan juga, utk versi awd ford laser tx3 ini, menggunakan mesin b6T, dan didalam bagian gearboxnya, telah menyatu transfercase yg bisa dipergunakan utk mode awd. Dan canggihnya, utk mengaktifkannya, cukup menekan tombol central difflock, maka secara otomatis, sdh berubah menjadi 4x4

    Walaupun secara fisik mirip, antara yg tx3 biasa vs tx3 awd, tapi sebenarnya cukup bnyk perbedaan, antara lain :
    - mesin pd versi biasa, berjenis b6, tanpa turbo, dan share dengan kia shuma, timor, mazda 323 interplay, 626. Sementara yg versi awd, berjenis b6t, sdh memiliki turbo, memiliki kesamaan dengan mazda 323 gtx.
    - Kaki-kaki pada versi biasa, tidak memiliki gardan belakang & rear difflock, sementara yg vers awd, memiliki gardan belakang & rear difflock, dan uniknya, gardan belakang berjenis independent. Jadi suspensinya sdh full independent
    - Kelistrikan pada awd lebih rumit, dikarenakan, utk perpindahan dari 2WD to 4WD menggunakan pelaratan elektronik/ switch elektrik
    - Versi awd dr bawaan sdh memiliki sunroof yg cukup besar
    - Jok versi awd, modelnya lebih racing & lebih besar
    -

    ReplyDelete

Post a Comment