Mitsubishi New Lancer FF / Fiore Saloon

Mitsubishi Lancer Fiore sedan

Mitsubishi Lancer Fiore adalah varian sedan small size yang diproduksi oleh Mitsubishi antara tahun 1983 sampai 1988. Berbeda dengan pendahulunya yang memakai layout mesin depan dan gerak roda belakang, Lancer ini merupakan varian Lancer FWD atau gerak roda depan dan Lancer berbasis Mitsubishi Mirage yang pertama. Mobil ini juga menjadi basis untuk mobil nasional Malaysia yang bernama Proton Saga.

Model yang ditawarkan Lancer Fiore ini masih menganut desain kotak khas mobil 80an. Berbeda dengan Lancer SL, bagian belakang Lancer Fiore rata tidak lagi menurun dan memiliki ciri khas berupa fender belakang yang rata. Pertama kali muncul pada 1983, ciri khasnya yang bisa dikenali adalah bentuk grill dengan palang bagian paling atas tebal, lis oranye seperti lampu sein dibawah lampu depan, serta plat nomor belakang yang diletakkan dipintu bagasi belakang. Pada tahun 1986, muncul facelift dengan ciri grill model palang kecil yang seragam semua, tanpa lis oranye, serta terdapat garnish pada pintu bagasi serta plat nomor belakang diletakkan dibumper.

Selain diperkenalkan dalam bentuk sedan 4 pintu, Lancer FF Fiore ini juga tersedia dalam bentuk hatchback 5 pintu. Varian hatchback 5 pintu ini juga dikenal dengan julukan Lancer Jackie Chan. Lebih lanjut pada Lancer Fiore hatchback.

Mobil ini menggunakan mesin 4G33 seri Saturn dengan kapasitas mesin 1439cc. Mesin Saturn ini memiliki konfigurasi 4 silinder segaris SOHC 8 valve dengan pengabut bahan bakar karburator. Dalam kondisi sempurna, mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 68Hp pada 6300Rpm dan torsi 92Nm pada 4000Rpm. Mesin yang digunakan Lancer ini mirip dengan mesin Mitsubishi Colt L300 bensin keluaran awal. Untuk mengerakkan roda depannya, mobil ini sudah termasuk canggih karena sudah menggunakan transmisi manual 5 percepatan.

Untuk varian GLX yang muncul kemudian sekitar tahun 1986, Lancer FF Fiore saloon juga dibekali dengan mesin Saturn 4G32 dengan desain intake cyclone. Mesin ini memakai konfigurasi 4 silinder segaris SOHC 8 valve berkapasitas 1600cc dengan pemasok bahan bakar karburator. Tenaga yang dihasilkan cukup dengan 75Hp. Masih menyalurkan tenaganya kedua roda depan, mesin ini menggunakan transmisi manual 5 percepatan.

Berbeda dengan varian hatchback yang memiliki fitur fitur yang tergolong canggih dimasanya seperti speedometer digital. Lancer Fiore varian sedan 4 pintu ini masih mengandalkan teknologi konvensional seperti misalnya penggunaan speedometer dengan jarum analog sebagai penunjuk kecepatannya. Walau fiturnya dikurangi, untungnya beberapa perlengkapan dan fitur lainnya masih sama antara Lancer hatchback dengan sedan ini seperti power steering dan power window.

Masih sama dengan varian hatchback, sekitar tahun 1985 terdapat edisi spesial yang diberi nama Porsche Design edition. Perbedaan antara varian standar dengan varian Porsche Design edition ada pada setir, velg yang lebih sporty, roofrack, knob persneling, pembungkus jok serta karpet. Detilnya sendiri entah seperti apa karena populasinya yang lebih langka dibanding versi standarnya. Anehnya, bila pada mobil lain sekelasnya varian hatchback lebih murah dibanding sedannya, varian sedan Porsche Design ini dijual dengan harga 28 juta rupiah atau lebih murah dibanding varian hatchback yang mencapai 31 juta rupiah.

Kelebihan Lancer Fiore adalah sparepart mesinnya yang masih cukup melimpah karena banyak persamaan dengan Colt L300 bensin. Tenaga yang dihasilkan diatas kertas memang terasa kecil, namun kala dirasakan langsung akan cukup terasa mobil ini memiliki akselerasi yang baik karena bodinya yang hanya memiliki berat 880Kg. Konsumsi BBM mobil ini berkisar antara 1:8 untuk dalam kota hingga 1:12 untuk luar kota dengan catatan mesinnya sehat. Termasuk irit untuk ukuran Mitsubishi tua.

Kelemahan mobil ini ada pada sparepart selain mesin. Part bodi dan part slow movingnya agak jarang dipasaran karena populasinya yang minim. Untungnya, karena mobil ini sempat menjadi mobil nasionalnya orang Malaysia, part bodi sampai copotan interior terkecil mobil ini sangat banyak disana. Di Indonesia sendiri populasi Saga ada karena sempat menjadi taksi diera 90an walau tetap saja minim.

Di pasar mobil bekas, mobil ini dihargai antara 15 hingga 25 juta rupiah tergantung kondisi dan kelengkapan. Karena penjualannya pada saat baru keluar tergolong minim, maka mencari unit bekasnya sudah mulai sangat sulit saat ini. Terlebih lagi untuk sebuah Lancer Fiore yang memiliki kondisi yang sangat layak dan sehat akan cukup sulit mencarinya.

Spesifikasi Mitsubishi New Lancer Fiore ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mitsubishi Lancer Fiore
Jenis Sedan
Tipe C12A
Mesin 4G33 SOHC 1439cc
4G32 SOHC 1600cc (GLX)
Bore X Stroke 74.5 X 86.0 mm (4G33)
77.0 X 86.0 mm (4G32)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.380 mm
Panjang 3.995 mm
Lebar 1.635 mm
Tinggi 1.290 mm


Comments

  1. output powernya jg tdk dicantumkan gan...oya...type mesin 4G33 bukankah sdh berkapasitas 1600 cc?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sarannya gan..
      mesin 4G33 itu cuma SOHC 8valve 1400cc sedangkan mesin Satrun (4G3) yang 1600cc itu 4G32.

      Delete

Post a Comment