Suzuki Satria 2tak 120R LSCM

Suzuki Satria 120R LSCM atau yang lebih dikenal sebagai Satria hiu 2T adalah motor bebek yang diproduksi oleh Suzuki Motorcycle Malaysia Sdn Bhd. di Malaysia yang diimpor oleh Suzuki Indomobil Sales Indonesia. Diluar sana motor ini disebut juga sebagai Suzuki RGV120, RGX120 dan Suzuki Sprinter. Motor ini menjadi kendaraan produksi Suzuki Indonesia yang memiliki nama Indonesia seperti Suzuki Karimun.

Suzuki Satria 120R 2 tak LSCM

Sejak pertamakali diperkenalkan untuk menggantikan Satria RU pada tahun 2003, motor ini menjadi lawan berat bagi Yamaha Force1 baik dalam ajang indoprix maupun penjualannya. Dibanding Yamaha Force 1, Suzuki Satria 120 memiliki beberapa keunggulan seperti kapasitas mesin yang lebih besar dan suspensi belakang monoshock. Selain itu, Suzuki Satria 120R LSCM ini menjadi motor bebek pertama yang memiliki mesin tegak, tachometer, dual disk brake, dan rangka besi kotak. Tidak heran kalau pada masanya motor ini menjadi idola kawula muda. Sayangnya motor ini berhenti diproduksi pada awal tahun 2005 karena pada saat itu pamor motor 2 tak semakin menurun akibat semakin populernya motor 4 tak.


Motor ini dibekali mesin tegak 120cc 2 tak dengan pengabut bahan bakar karburator. Mesin ini diklaim dapat menghasilkan tenaga hingga 13,5 ps pada 8000 rpm dan torsi sebesar 14,7 Nm pada 7000rpm. Lebih dari cukup untuk melesatkan motor bebek dengan berat kosong 101Kg ini. Walaupun masih berpendingin udara, motor ini sudah dilengkapi dengan teknologi pendingin Jet Cooled. Suzuki Jet Cooled ini merupakan sistem pendinginan piston dengan cara menyemprotkan oli dibagian bawah piston untuk membantu pendinginan piston.

Kelebihan Satria 120R LSCM alias Satria Hiu ini adalah Kencang. Dengan bobot yang hanya 101Kg mesin 120cc bertenaga 13,5Ps ini mempu membawa motor ini mencapai kecepatan hingga 130kpj. Aplikasi rangka besi kotak dan monoshock membuat motor ini lincah dan juga gesit disamping membuatnya tampak keren. Bentuk bodi yang sudah membulat membuat tampangnya terlihat abadi tidak tertinggal oleh kemajuan zaman.

Kelemahan motor Satria Hiu ini adalah BBMnya yang boros. Dari beberapa tes yang dilakukan rata rata motor ini menghabiskan 1 liter bensin untuk 25km saja. Karena masih menggunakan mesin 2 tak, tidak heran kalau kenalpotnya keluar asap putih alias ngebul. Bagi yang tidak terbiasa, mengisi oli samping disamping mengganti oli mesin dirasa ribet dan menambah biaya.

Spesifikasi Suzuki Satria 120R LSCM ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Suzuki Satria 120R LSCM
Jenis Cub
Tipe 120R LSCM
Mesin 2 stroke 120cc
Bore X Stroke 56.0 X 94.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 6 Speed
Wheelbase 1.244 mm
Panjang 1.960 mm
Lebar 710 mm
Tinggi 1.040 mm


Comments

  1. sebenarnya sudah lama kurang gemar dengan tipe motor bebek apalagi matic..selalu setia dengan motor bertangki. Tapi melihat satria hiu dan lumba ini, malah jadi kepingin mencoba motor bebek..

    ReplyDelete

Post a Comment