Binter (Kawasaki) Merzy KZ200

Kawasaki Binter Merzy KZ200

Sejak awal kemunculan merk Binter, Kawasaki (Binter) sudah memiliki produk flagshipnya dengan nama Binter Merzy KZ200. Motor ini menjadi motor dengan kapasitas mesin terbesar era 80an karena motor twin cylinder berkapasitas diatas 180cc seperti Honda CB200 dan Suzuki GT185 sudah berhenti dijual di Indonesia akhir 1970an. Di Jepang dan diluar sana, motor ini lebih dikenal dengan nama Kawasaki KZ200 atau Kawasaki KZ250 dibeberapa belahan dunia.

Motor ini mengusung meisin silinder tunggal 4 tak SOHC 2 valve dengan kapasitas 198cc. Untuk bagian pendinginan, motor ini masih mengandalkan pendingin udara. Sektor penyuplai campuran dan bensin diserahkan kepada sebuah karburator Keihin PW26 dan untuk sektor penyalur daya mesin digunakan transmisi manual 5 percepatan. Dengan kombinasi seperti ini, Binter Merzy dapat menghasilkan tenaga sebesar 18Hp pada 8000Rpm dan torsi 16,5Nm pada 7000Rpm. Tenaga sebesar ini sedikit diatas Honda Tiger yang muncul 14 tahun kemudian.

Model Binter Merzy ini hampir mirip dengan UJM atau Universal Japanese Motorcycle seperti Kawasaki KZ400. Secara keseluruhan dari tangki sampai ujung belakang motor ini rata. Dipadukan dengan stang yang tinggi membuat posisi berkendaranya nyaman. Ditambah lagi, karena ukuran ban depannya memakai ukuran 18 inch sedangkan ukuran ban belakangnya hanya 17 inch membuat bagian depan rasanya semakin tinggi. Karena bagian depan yang tinggi inilah, Binter Merzy menjadi salah satu motor yang sangat nyaman digunakan untuk touring keluar kota.

Pada awalnya, motor yang dikenalkan oleh Kawasaki pada 1976 ini masih memakai bentuk membulat seperti motor era 1970an pada umumnya. Desain seperti ini bertahan sampai tahun 1984. Tahun 1984, Kawasaki meluncurkan versi facelift motor ini dengan mengadopsi bentuk mengotak yang trend pada dekade 80an. Perbedaan dengan Binter Merzy sebelum facelift ada pada lampu depan, tangki sampai lampu belakang yang kini bentuknya mengotak. Pada bagian kelistrikan, Binter Merzy ini juga sudah menggunakan CDI meninggalkan platina untuk pengapiannya. Binter Merzy facelift ini dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai Binter Merzy new tank atau Binter Merzy Cobra.

Binter Merzy ini penjualannya dihentikan bersamaan dengan bangkrutnya Binter atau Bintang Terang pada tahun 1985. Kini populasi Binter Merzy dijalanan sudah semakin sedikit dan sulit ditemukan. Hanya sedikit orang yang masih mengingat merk motor Indonesia hasil rebranding Kawasaki ini. Persoalan minimnya sparepart yang mungkin membuat motor ini kurang populer walaupun peminatnya sendiri masih sangat banyak.

Spesifikasi Binter (Kawasaki) Merzy KZ200 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Binter (Kawasaki) Merzy KZ200
Jenis Sepeda Motor
Tipe KZ200
Mesin SOHC 2 valve 1 silinder 200cc
Bore X Stroke 66.0 X 58.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 1.280 mm
Panjang 1.920 mm
Lebar 780 mm
Tinggi 1.050 mm


Comments