Mazda B600 Kotak Sabun

Mazda B600 Kotak Sabun depan

Pada dasawarsa 60, ditengah kerumunan mobil-mobil Amerika dan Eropa yang berukuran cukup besar ada sebuah mobil mungil dari Jepang yang cukup sering terlihat dijalanan Indonesia saat itu. Mobil tersebut adalah Mazda B600 atau yang lebih dikenal orang Indonesia sebagai Mazda kotak sabun. Mobil ini sebenarnya juga punya kembaran dengna mesin yang lebih kecil yang dikenal dengan nama Mazda B360 untuk memasuki aturan mobil kei di Jepang sana. Pada tahun 1968, nama mobil ini diubah menjadi Mazda Porter dan kemudian diberi pilihan bodi pickup selain juga minibus.

Pertama kali diluncurkan di Jepang pada tahun 1961 sebagai Mazda B360, pada tahun 1962 mobil ini kemudian dibesarkan kapasitas mesinnya menjadi 600cc dengan nama Mazda B600 untuk kebutuhan ekspor Toyo Kogyo. Bisa dibilang, mobil ini menjadi salah satu mobil yang dibuat Mazda setelah sebelumnya menjual Mazda R360 pada tahun 1960 dan Mazda T series maupun Mazda-go yang merupakan bemo atau pickup roda 3. Berhubung pada jaman itu belum ada ATPM Mazda dimana bahkan Mazda Motor belum berdiri karena masih menginduk Toyo Kogyo, mobil ini dijual oleh beberapa importir mobil. Salah satu importir yang menjual Mazda B600 ini adalah Dan Motor yang lebih populer menjual skuter Vespa.

Bicara bentuk, Mazda B600 hanya punya 1 pilihan tipe bodi yang tersedia yaitu minibus 3 pintu. Dinamakan Mazda Kotak atau Mazda Sabun atau malah secara lengkap, Mazda Kotak Sabun karena bentuknya yang kotak mirip dengan sabun batang serbaguna jaman dulu seperti merk cap tangan yang sekarang dikenal dengan merk Sunlight. Mobil ini cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia. Selain rakyat jelata, instansi pemerintah juga menyukai mobil ini bahkan Mazda B600 pernah menjadi mobil dinas departemen PUTL (Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik). Salah satu alasan mengapa mobil ini bisa sangat populer adalah karena harganya yang murah.

Mesin yang digunakan mobil ini memakai konfigurasi OHV V twin atau 2 silinder dengan blok silinder yang bentuknya menyerupai huruf V. Mesin ini masih mengandalkan pendinginan udara dan karburator untuk pasokan bahan bakarnya. Mesin 360cc nya sanggup menghasilkan tenaga 16Hp dan torsi 22Nm sedangkan versi mesin 600cc sanggup mengeluarkan tenaga 20Hp pada 4300Rpm dan torsi 37,3Nm pada 3000Rpm. Walau terlihat kurang bertenaga, namun untuk sekedar menggerakkan sasis dan bodi seberat 600Kg sudah cukup. Transmisi yang digunakan sendiri adalah Manual 4 percepatan yang menyalurkan tenaga mesin keroda belakang. Sekarang, mesin V twin 4 tak 90° ini banyak dipakai untuk mesin motor-motor custom.

Mazda B600 Kotak Sabun blind van belakang

Secara teknologi dan fitur, mobil ini cukup sederhana. Konsol meternya sendiri hanya berupa speedometer dengan odometer yang berada dibalik setir kemudi. Sisanya begitu sederhana dan spartan sesuai dengan harganya yang murah. Dengan sasis tangga, mobil ini memakai suspensi depan model batang torsi sementara bagian belakang masih mengandalkan model per daun. Untuk keselamatan, mobil ini masih mengandalkan rem teromol dibagian depan maupun belakang.

Meskipun tidak dirancang sebagai mobil balap, namun mobil Mazda B600 di Indonesia punya sejarah balapnya sendiri. Di ajang drag race era 90an, Mazda B600 ini juga menjadi salah satu ikon drag race Indonesia. Adalah Mazda B600 milik Nursianto 'Nurik' dari Techno Motor yang sudah mengalami berbagai modifikasi untuk drag race. Dari berbagai sumber, mobil ini sudah mengganti mesin V twin asli dengan berbagai mesin mulai dari mesin DOHC Fiat 132, Pontiac 6 silinder dengan turbo, sampai 3S-GE dan turbo dari Mazda RX.

Spesifikasi Mazda B600 Kotak Sabun ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mazda B600 Kotak Sabun
Jenis Minibus
Tipe KBBAV
Mesin Mazda V-twin OHV 577cc
Bore X Stroke 76.3 X 63.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 1.990 mm
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A


Comments

  1. Wah antik banget ini, saingannya honda life...cuma kotak sabun ini jauh lebih langka ya, gapernah liat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya mobil ini dulunya lumayan laris, cuma mungkin karena desainnya yang keitora (mobil barang) jadi agak langka sekarang karna dulu dibuat jadi kuda beban...

      Delete
  2. Yg punya mazda kotak di daerah jkt bisa minta tlp nya atau hub 08174868186 saya butuh untuk properti shooting

    ReplyDelete
  3. Sy ada kondisi bahan.. Kira2 laku brp ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 5 juta om? Mau? Saya cuma butuh mesin sih.. Ni wa klok mau 082277650479

      Delete
    2. 5 juta om? Mau? Saya cuma butuh mesin sih.. Ni wa klok mau 082277650479

      Delete
  4. mau jual berapa om mazda kotaknya

    ReplyDelete

Post a Comment