Yamaha L2 Series (L2, L2G dan L2 super)

Yamaha L2G

Motor sport (atau yang biasa disebut motor laki) dari Yamaha 10 tahun belakangan makin laris dan makin diminati masyarakat Indonesia. Ada banyak model yang ditawarkan mulai dari Vixion yang standar sampai sport bike seperti YZF-R15 dan YZF-R25. Kesuksesan Yamaha Indonesia dalam menghadirkan motor sport di tanah air tak lepas dari sejarah pendahulu motor sport pertama Yamaha yang diberi nama Yamaha L2. Yamaha L2 ini pertama kali muncul pada tahun 1974 dan sepertinya menjadi model sport motor Yamaha pertama yang dirakit di Indonesia.


Di jamannya, motor ini bersaing dengan Honda 90Z yang bermesin 4 langkah serta Suzuki A100 yang sama-sama bermesin 2 langkah. Yamaha L2 ini menggunakan mesin 1 silinder 2 langkah rebah yang sudah menggunakan teknologi pelumasan otomatis ala Yamaha yang diberi nama Yamaha Autolube. Mesin 100cc ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 9Hp dengan rasio kompressi 6,5:1. Dipadukan dengan berat yang hanya 86,5Kg membuat motor ini terasa bertenaga dan irit bahan bakar walau transmisi yang digunakan masih sebatas 3 percepatan seperti motor bebek di jamannya.

Pertama kali muncul pada tahun 1974 dengan ciri berupa lampu depan bulat kecil, tangki berbentuk teardrop terbalik dengan bagian depan yang mengecil, dan lampu belakang bulat. Pada tahun 1980 muncul Yamaha L2G yang merupakan varian facelift dari Yamaha L2. Yamaha L2G ini memiliki bentuk tangki yang masih membulat dengan model teardrop dengan ukuran yang lebih kecil dibanding Yamaha L2. Selain itu tangki oli samping dan tutup aki Yamaha L2G ini sedikit lebih besar di bagian belakangnya dan membentuk seperti bangun trapesium siku. Pada tahun 1981 Yamaha kembali melakukan ubahan kepada Yamaha L2 dengan menghadirkan Yamaha L2 Super. Bentuk keseluruhan Yamaha L2 Super ini lebih kotak mengikuti desain era 80an dengan tangki teardrop mengotak, tutup tangki kotak dan lampu depan belakang serta sein yang kemudian berubah menjadi kotak. Khusus untuk L2 Super ini kini telah ditambahkan behel belakang untuk memudahkan pengendara melakukan standar tengah.

Sebagai motor era 70an, apalagi untuk motor yang didesain ekonomis seperti Yamaha L2 ini jangan harap ada banyak fitur canggih didalamnya. Speedometernya yang hanya mencatatkan kecepatan sampai 120Km/jam hanya ditemani oleh odometer dan lampu indikator untuk beam, sein kanan dan kiri serta gigi netral. Rem yang digunakan masih teromol baik depan maupun belakang dengan velg jari berukuran 18 inch. Starternya hanya mengandalkan kick seperti motor sport lain di jamannya. Sebagai aksesoris, disediakan reflektor mata kucing didekat shockbreaker depan, spakbor karet atau yang biasa disebut kepet dan behel belakang untuk L2 Super.

Kelebihan motor ini ada pada durabilitas dan konsumsi bahan bakar yang lumayan irit. Tak heran kalau di beberapa pelosok tanah air motor ini masih dipakai untuk mencari rumput atau ngarit. Untuk mencari motor ini seudah lumayan sulit apalagi yang memiliki kondisi prima seperti museum piece. Harga bekasnya sudah gelap atau suka-suka yang jual dan beli. Harga motor ini tentunya tergantung kondisi dan kelengkapannya.

Spesifikasi Yamaha L2 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Yamaha L2
Jenis Sepeda Motor
Tipe L2
Mesin 2 tak 1 silinder 97cc
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 3 Speed
Wheelbase N/A
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A


Comments

  1. Maap sobat sebelumnya,
    masala motor tua atau d'keal
    motor Antick. MASHURIAnj palig hobi, setahu saya SOBAT'ku,
    01.YAMAHA : Ls .pertama Dua Bloc
    atau Dua RACING. (1971
    02.YAMAHA : L2.tuzi (1977)
    03.YAMAHA : Ls .Satu bloc (1978
    04.YAMAHA : Ls .satunya lgi (1980)
    Dan yg terakhir
    05.YAMAHA : L2 Super. (1984)
    sobat mungkin salah Info ini
    TENTANG YAMAHA SPORT
    (WASALAM) Dari < facebook.com/mashurianj.agri

    ReplyDelete
  2. Yamaha tipe L....sdh lama di produksi...di indonesia pertama tipe YL2 mesin satu silinder 97 cc 1969.....1971-1973 dilanjutkan tipe YL2G...atau L2G atau Eltuji dari bhs ingeris...1973 keluar type YB 100..makanya kalo Sparepart L2G jugs Yb 100...Karena mesin sama...1974 L2SUPER... terakhir L2SN..atau L2SUPER NEW...
    Pada tahun 1972-1974 Ada model Yamaha LS3 100 cc...mesin sdh tegak dengan rangka double Cradle...Ada juga Yamaha RS100 Dan RS 125...model sport mirip LS3...juga pada tahun 1975-1977 Jenis trail cross... Yamaha DT 100 Dan 125 Enduro....itu yg Saya tahu tipe motor sport Dan trail Yamaha di sekitar tahun itu...disamping Ada juga yg tipe yg bermesin kembar atau twin cylinder mulai 100 cc, 125 cc, 350 cc,Dan xs 650 cc empat Tak pertama yg di produksi Yamaha Ada juga mini trail Yamaha GT80cc tahun 1973-1976....demikian...koreksi kalo keliru..... Wass... Salman Alfaris...YTOC....Yamaha Twin Owners Club...Jakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantab, sepuhnya turun gunung. terimakasih banyak infonya om

      Delete
  3. Buat agan2 yang pham dengan motor l2 series. Mau tanya gan apa kah sama bathok lampu antara l2g sama l2s itu? Makasih banyak sebelumnya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja gna bentuk batoknya, kalo yang beda itu yl2 batoknya nyatu dgn speedometer, terus beda l2g dan l2s,ada di saringan udara, kalo l2g segitiga l2s oval,lampu belakang l2g bukan yang persegi panjang, dia rada mengotak di atasnya bulet mirip kya as3 cmn lebih ngotak, terus tempongnya l2g bentuknya ngotak kaca oli sampingny di samping, kalo l2s dia cembung dan kaca intip olinya di depan, dan l2g kunci kontaknyandi tempong sebelah kiri. Sekian terimakasih, tambahin kalo ada yg kurang yaa

      Delete
    2. L2g dan s beda ukuran diameter nya l2 g lebih kecil ketimbang l2 s

      Delete
    3. L2g dan s beda ukuran diameter nya l2 g lebih kecil ketimbang l2 s

      Delete
  4. Gan, kalo ukuran ruji L2 super depan+belakang itu berapa

    ReplyDelete
  5. Kampas l2g set bisa ga di oasang di l2super om???

    ReplyDelete
  6. Lebih baik mana Yamha L2 Super 1981 atau Suzuki A100 Econos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja baik keduanya kembali gmna kondisi mesin nya ama kaki kaki di era skrg .

      Delete
  7. apakah ukuran semua motor l2 sama semua ? mohon di bantu jawab agan2

    ReplyDelete

Post a Comment