Modifikasi BMW E30 Custom Hatchback

BMW E30 Custom Hatchback modified 1

Selain 3 series sedan, BMW juga punya lineup mobil hatchback berbasis seri 3 yang diberi nama BMW 3 Series Compact. Namun sayangnya 3 Series Compact ini baru muncul sekitar tahun 1994 pada generasi BMW E36 dan produksinya dihentikan pada tahun 2004 pada generasi E46. Setelah 2004, tidak ada lagi penerus dari seri 3 Compact ini karena BMW 3 Series Gran Turismo yang muncul pada tahun 2013 tidak bisa disebut penerusnya walau sama-sama memakai bodi hatchback. Mobil BMW yang paling mirip dengan 3 Series Compact ini mungkin hanya BMW 1 Series yang sudah tentu beda dengan 3 Series.


Berawal dari browsing di Facebook, ada teman yang membagikan foto mobil biru ini entah dari laman apa. Kesan pertama yang terlintas mobil ini terlihat seperti Lancia Delta yang mendominasi reli dunia jaman 80an dengan ciri bodi mengotak dan lampu depan bulat 4 buah. Setelah diteliti lagi, tampang depannya ternyata menunjukkan kalau mobil ini adalah sebuah BMW E30 keluaran 1982 sampai 1992. Yang bikin aneh, bagian belakangnya ternyata menunjukkan kalau mobil ini adalah hatchback 3 pintu yang sepintas mirip VW Golf MK1 dan MK2. Aneh karena ada yang bilang BMW 3 series compact memang sebenarnya dikembangkan pada generasi E30 ini namun akhirnya hanya berakhir sebagai prototype yang unitnya sudah semestinya disimpan di Jerman sana bukan di Indonesia apalagi sudah diregisterasi dan memakai plat D. Setelah ditelusuri, ternyata mobil unik ini merupakan modifikasi BMW E30 yang dipotong bagian belakangnya dan diganti menjadi hatchback.

BMW E30 Custom Hatchback modified 2

Hasil penelusuran terhenti di akun instagram @glaubenprocustom_hervy yang membuat sebuah E30 sedan 4 pintu menjadi sebuah hatchback 5 pintu. Ada sedikit berbeda dengan gambar pertama yang hatchback 3 pintu sementara di Instagram berwujud hatchback 5 pintu, mungkin sudah dimodifikasi lebih lanjut. Ah sudahlah, intinya saya kepingin punya hatchback RWD yang tidak terlalu kelihatan murah kayak MR90.

BMW E30 Custom Hatchback modified 3

BMW E30 Custom Hatchback modified 4

BMW E30 Custom Hatchback modified 5

BMW E30 Custom Hatchback modified 6

BMW E30 Custom Hatchback modified 7


Kalau mau tau lebih lanjut soal detailnya, langsung ke orangnya saja di Instagram. Saya cuma mengagumi keindahannya (juga kepingin punya) saja kok.

Comments

  1. Wih rapih juga modifnya. Kalau seri 3 e36, memang ada versi hatchback 2 pintunya..biarpun agak mahal sekarang..

    Sementara e30 ini banyakan dimodif jadi pickup, keren juga lho..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup e30 ini emang keren
      dijadiin hatchback, coupe, wagon sampai ute (pickup) juga pas

      Delete
  2. waahh d masukin blog.. thankss mas apresiasi nya..

    ReplyDelete

Post a Comment