Renault 5 TL R5

Renault 5 TL R5

Bagi yang dulu suka nonton atau sekedar penggemar reli grup B, selain monster-monster berbadan besar macam Audi Quattro S1 atau Lancia Delta S4 ada satu mobil berukuran kecil yang ikut masuk ke jajaran mobil reli monster yang bernama Renault 5 Turbo. Di Indonesia, Renault 5 Turbo memang tidak dijual sembarangan karena versi homologasi ini dibuat sangat terbatas. Walau begitu, versi paling kecil dan ekonomis Renault 5 ini pernah masuk dan dijual di Indonesia dengan nama Renault 5TL.

Desain Renault 5 ini dikerjakan oleh pegawai Renault yang bernama Michel Boué diwaktu luangnya. Bos Renault yang kemudian mengetahui desain yang dibuat Michel Boué ini langsung tertarik dan kemudian mulai mengembangkan mobil ini untuk diproduksi secara masal. Desain kompak Renault 5 ini menjadi populer di Eropa terutama dikota-kota di Perancis. Pada tahun 1973, Renault 6 ini hampir menjadi European Car of the Year sebelum akhirnya kalah tipis dengan Audi 80. Walau mobil karyanya cukup sukses, namun sayang Michel Boué tidak sempat melihat mobil ini berkeliling di kota-kota Perancis karena ia meninggal 1 bulan sebelum mobil ini diluncurkan karena kanker.

Renault 5 ini sebenarnya terbagi menjadi 2 generasi dimana generasi pertamanya sudah ada sejak 1972 dan dijual sampai tahun 1984. Generasi pertama dikenal dengan nama R5 sementara generasi keduanya dikenal dengan nama Supercinq. Di Indonesia, hanya ada generasi pertama saja yang dijual sampai sekitar 1986. Pilihan bodinya hanya ada hatchback 3 pintu dan 5 pintu yang sangat langka. Keunikan bodi mobil ini adalah penggunaan bumper plastik yang dianggap lebih aman kala terjadi benturan kecil karena tidak rusak ataupun penyok seperti ketika parkir mundur. Karena inilah 1 dekade kemudian semua bumper mobil memakai material plastik atau fiberglass sebagai standarnya sampai sekarang.

Renault 5 di Indonesia dijual hanya dengan 1 pilihan mesin saja, yaitu mesin Renault Billancourt engine. Mesin yang punya kode internal B ini memiliki konfigurasi 4 silinder OHV berpendingin air dengan kapasitas 845cc. Mesin ini punya posisi peletakan yang unik dengan mesin yang berada di depan dengan posisi longitudinal ala mobil penggerak belakang walau sebenarnya mobil ini merupakan mobil penggerak roda depan. Untuk transmisinya, digunakan gearbox manual 4 percepatan.

Renault 5 Maxi Turbo

Versi "jahat" mobil ini adalah Renault 5 turbo yang sempat muncul di reli grup B dan sangat handal di jalanan tanah sebelum akhirnya harus mengalah dengan sistem 4WD Quattro milik Audi yang lebih handal. Sesuai namanya, Renault 5 Turbo memakai mesin 1400cc turbocharger yang diletakkan di belakang jok pengemudi dan penumpang depan. Karena memakai layout midship engine, fender depan dan belakang mobil ini dibuat sangat lebar dimana fender belakangnya terdapat lubang hawa guna mendinginkan intercooler. Di Indonesia, ada 1 atau 2 Renault 5 Turbo dari 3576 unit yang dibuat baik Renault 5 Turbo 1 atau 2 yang terdapat disini dimana salah satu pemiliknya adalah Tommi Suharto yang konon punya semua mobil reli homologasi grup B.

Populasi mobil ini cukup langka karena merk Renault tidak terlalu populer dibanding Peugeot yang sama-sama berasal dari Perancis. PT Multi France yang memasukkan mobil ini di Indonesia hanya menjual 122 unit 5 TL dimana uniknya meski tersedia bodi 2 pintu dan 4 pintu namun varian 4 pintunya langka. Kelebihan mobil ini hanya ada pada keunikannya saja sementara kelemahannya ada pada perawatannya yang sparepartnya sangat jarang bahkan tidak ada. Rata-rata Renault 5 yang tersisa hanya berakhir menjadi besi tua sementara sedikit diantaranya yang menjadi pajangan pemiliknya. Karena sudah termasuk barang koleksi, harga bekasnya sendiri sudah sangat gelap tergantung kesepakatan.

Spesifikasi Renault 5 TL R5 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Renault 5 TL R5
Jenis Hatchback
Tipe 5TL R5
Mesin Billancourt OHV 850cc
Bore X Stroke 58.0 X 80.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.419 mm
Panjang 3.521 mm
Lebar 1.525 mm
Tinggi 1.410 mm


Comments

  1. cuma mbahnya motuba aja yg punya kesabaran maksimal ngebangun merk macam renault, fiat, atau citroen..

    boleh gan selanjutnya dibahas citroen yg konon ada air sus nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Citroen yang pernah cuma FAF sama BX yang pake hydropneumatic suspension. mungkin besok lah Citroen lainnya.

      Delete
  2. Min gara2 baca ini sekali2 ulas tenntang motorsport di Indonesia dulu. Untuk pengetahuan yang muda2. Pingin tahu reli jaman dulu seperti apa. Drag race juga ada 240Z sm Capri yang tercepat.

    Denger2 forum online pun juga gitu, Kira2 benar gak ya Tommy punya semua. Keren juga kalau ada Delta S4 atau RS200 di Indonesia.

    Kalau gak salah dulu pernah ada Replika R5 Monte Carlo di pameran OICCS. Tapi ternyata replika dari 5TL biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pinginnya sih gitu, kita masih terbatas sumber sama waktu... kalo drag jaman 90an emang gila semua kayaknya... timor aja dibikin v8 rwd, mazda b600 dipasang mesin rotari rx7 dll.

      di forum2 kabarnya memang seperti itu... kalau dinalar, beliau yang suka mobil plus punya kuasa dari bapaknya yang jadi presiden 32 tahun harusnya bisa lah kalau cuma punya mobil versi homologasi. saya sendiri rallycar versi jalan raya di indonesia yang pernah lihat langsung cuma Delta HF integrale kuning, Evo 2 GSR putih, imprezza gc8 biru, RS200, sama modifan dari mobil lokal.

      Delete
  3. Temen pny ni renault 5 taun 1983, sudah di restorasi, cakep, sayang, mesinnya masih butuh beberapa perbaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mesinnya beres dipake jalan-jalan sore mantab tuh...

      Delete
  4. Saya punya renault 5 turbo asli wide body..pernah dipakai rally dan balP di sentul.....ada yg minat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. whoa, tinggalin kontak disini aja om... biar langsung dijapri klo ada yg minat

      Delete
    2. Dijakarta kah om, sy punya yg 5TL sih. Kalo deket boleh dong om lihat

      Delete
  5. Klo tdk salah, mobilmotorlama, versi yg lama, ada artikel mengenai renault-renault yg lain, entah kenapa, artikel tersebut hilang. Seperti pembahasan renault 4, 12, 18, dan renault terakhir yg dijual oleh atpm astra sebelum hiatus (berhenti sementara) yaitu renault 21, yg terakhir klo gak salah dijual pd akhir taun 90an. Dan tambahan juga, di renault 21, mesinnya pake basis yg sama dgn pabrikan-pabrikan otomotif perancis lain, yaitu citroen dengan bx, dan peugeout dengan 504, 505

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya kami belum pernah membahas Renault lain selain Renault 5 dan Renault 18 (https://www.mobilmotorlama.com/2016/12/renault-18-tl.html. Tapi baiklah, akan saya riset dahulu tentang Renault tua lainnya. Terimakasih atas tambahannya.

      Delete
  6. Mau tny, kira-kira, bawaannya sdh power steering belum ya ?
    Klo dr info yg beredar, no mesinnya yg diembos di blok silinder, tapi pake peneng. Jadi, klo seandainya mau ganti mesin, mengakalinya jauh lebih mudah. Karna pake plat peneng utk no mesinnya

    ReplyDelete
  7. Renault 5-series (R5) di indo, secara resmi yg dijual ATPM memang trim 5TL, tapi, ada beberapa unit tipe 5GTL, 5TS yg dijual dimari tapi jumlahnya sangat sedikit & sebagai unit tes pasar

    Variant 5GTL pakai mesin 1400cc , msh berkode C1J seperti renault lainnya, dan mesin ini juga dipakai oleh volvo 340. Sementara 5TS, bermesin 1200cc berkode C1J yg mana, mesin yg sama dipakai oleh renault 12-series. Sayangnya, variant GTL & TS di indo karna masuknya sangat terbatas (*ga sampai 20 unit) , dan org jaman dulu kurang memahami perawatan mobil , terutama eropa, jadilah mobil-mobil tersebut pd terbengkalai

    Saia sempat nemu renault 5GTL dijual, pas saia cek, kondisinya sdh sangat menyedihkan. Ownernya cerita, dulu mobilnya sering dipake utk balapan, jd modifannya kearah racing, otomatis, originalitasnya bnyk yg dibuang, terlebih lagi, si ownernya ternyata kurang bisa merawat mobilnya, pd akhirnya malah mobil ngejongkrok & rusak seiringnya waktu

    ReplyDelete

Post a Comment