Mercedes-Benz A-Class W168 (A140 & A160)

Mercedes-Benz A-Class W168 A140

Pada tahun 1997, Mercedes-Benz membuat sebuah gebrakan dimana biasanya pabrikan asal Jerman ini membuat sedan penggerak roda belakang kini mulai membuat city car pengerak roda depan. City car pertama Mercedes-Benz ini kemudian diberi nomenclature A-Class dan menjadi entry level Mercedes-Benz setelah sebelumnya posisi ini dipegang oleh C-Class. A-Class baru dihadirkan PT Daimler Chrysler Indonesia (DCI) di akhir 1999.


Desain Mercy A class ini benar-benar berbeda dibanding desain Mercedes-Benz sebelumnya yang menonjolkan kemewahan. Keseluruhan desain membulat yang dirancang kompak membuatnya terlihat tidak seperti sedan Mercedes-Benz ada umumnya yang terkenal memiliki bonnet panjang. Desain eksterior mobil ini dikerjakan oleh Steve Mattin yang karena A-Class ini disebut sebagai designer of the year oleh majalah Autocar.

Di Indonesia, ada 2 varian mesin yang paling umum dijumpai yaitu 1400cc dan 1600cc. Mesin bensin 1400cc yang dipakai mobil ini adalah mesin Mercedes-Benz M166.940 ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 82Hp pada 5000Rpm dan torsi 130Nm pada 3750Rpm. Versi 1600cc memakai mesin Mercedes-Benz M166.960 dengan output tenaga maksimum mencapai 102Hp pada 5250Rpm dan torsi 150Nm pada 4000Rpm. Untuk menggerakkan roda depan, versi 1400cc memakai transmisi manual 5 percepatan sementara versi 1600cc memakai transmisi semi otomatis 5 percepatan.

Safety mobil ini sebenarnya dirancang dengan sangat baik dengan rancangan baru yang disebut sebagai "sandwich body". Sandwich body adalah skema rancang bangun mobil dimana mesin diletakkan pada sedikit titik dengan posisi rendah di bagian depan-bawah mobil sehingga dimensi mobil dapat di desain sangat kecil karena mesin tidak memakan ruangan dan aman karena saat terjadi tabrakan dari depan, desain rangkanya secara otomatis mendorong mesin jatuh ke bawah sehingga mesin tidak akan melesak ke kabin dan menciderai penumpangnya. Mercedes kemudian mengklaim bahwa W168 merupakan city car paling aman. Sayangnya saat W168 melakukan test yang dilakukan oleh lembaga independen Swedia, Teknikens Varld untuk melakukan "Moose test" atau test stabilitas dengan cara slalom di kecepatan tinggi mobil ini termasuk gagal. Test seperti ini sangat penting untuk warga negara Skandinavia karena slalom ini cukup sering dipakai untuk menghindari hewan yang secara serampangan masuk ke jalan.

Fitur yang tersedia pada mobil ini cukup lengkap. Wajar saja karena dijamannya W168 ini merupkan city car termahal di Indonesia dengan harga 175 juta rupiah. Airbag, power window, central lock, dan rem ABS sudah menjadi standarnya. Trim level yang tersedia saat itu antara lain A140 Classic dan A160 Elegance dengan perbedaan pada mesin dan transmisi serta sunroof. Selain itu juga ada varian langka berupa A190 Avantgrade dengan panoramic roof dan mesin 1900cc. Varian paling jarang dari generasi W168 di Indonesia adalah A170 CDI dengan mesin turbo diesel common rail.

Pada tahun 2002 Mercedes-Benz memberikan facelift pada Mercedes-Benz A-Class. Perbedaan antara versi facelift dengan versi sebelumnya tidak banyak karena hanya berbeda pada tampilan dashboard, lampu depan model diamond cut, side skirt, dan bemper depan lebih sporti. Selain itu konon Mercedes-Benz mulai memperbaiki kelemahan W168 yang mudah terbalik dengan setup suspensi baru dan ESC untuk versi Eropa. Entah apakah model yang dijual di Indonesia juga mendapat perlakuan yang sama atau tidak. Model facelift ini terus dijual sampai sekitar tahun 2005 karena digantikan oleh Mercedes-Benz W169.

Perawatan mobil ini cukup rumit dan disarankan untuk tidak melakukan servis mobil selain di bengkel resmi. Ini dikarenakan rancang bangunnya yang serba aneh seperti misalnya MAF (Mass Air Flow) yang berada di ECU akan error hanya karena ganti oli di bengkel biasa dimana biasanya filter udara disemprot udara tekanan tinggi dari kompresor. Biaya penggantian part ini tentu tidak murah karena harus melalui Star Motor dan membayar sekitar 20 juta. Pedal gas mobil ini sudah throttle by wire yang sensitif akan bensin berkualitas jelek. Kala diisi bensin beroktan rendah seperti Premium, mobil bisa mati mendadak dan masuk ke mode limp home (keadaan darurat dimana mobil terpaksa berjalan sampai rumah). Karena rancangan sandwitch body, terkadang hanya untuk servis AC mobil saja bisa sampai harus melakukan turun mesin karena letak kompresor AC yang tersembunyi. Kaki-kakinya cukup lumayan walau tetap harus part vital seperti bushing, tie rod dan sebagainya.

Kelebihan Mercy A Class generasi pertama ini ada pada prestige brand Mercedes-Benz. Bentuknya cukup modern dengan model serba membulat yang mirip telur walau kurang sporty khas anak muda dan kurang elegan untuk kalangan atas. Mercedes-Benz memiliki slogan "The Best or Nothing" dan kadang oleh sebagian besar penggemar Mercy, W168 ini disebut sebagai "nothing" nya Mercedes-Benz. Hal ini dikarenakan kelemahan mobil ini yang sangat banyak seperti misalnya kabin masih terasa sempit, kualitas interior dan eksterior yang jauh dari harapan pengguna Mercy yang menginginkan material nomer satu sampai perawatannya yang cukup ribet dan manja. Mungkin karena berbagai kelemahannya, mobil ini banyak yang akhirnya dijual dengan harga sangat murah. Cukup jarang untuk mendapatkan unit yang masih segar walau umurnya belum ada 20 tahun. Rata-rata dipasaran harganya berkisar antara 30 sampai 70 juta tergantung kondisi.

Spesifikasi Mercedes-Benz A-Class W168 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mercedes-Benz A-Class W168
Jenis Hatchback
Tipe W168
Mesin M166.940 DOHC 8v 1397cc
M166.960 DOHC 8v 1598cc
Bore X Stroke 80.0 X 69.5 mm (1400cc)
80.0 X 79.5 mm (1600cc)
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed (A140)
Semi otomatis 5 speed (A160)
Wheelbase 2.423 mm
Panjang 3.606 mm
Lebar 1.719 mm
Tinggi 1.587 mm


Comments

  1. Bagus bentuknya , tak bagus ongkos perawatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisa, mungkin a class bermesin 5k kijang udah banyak dijalan berhubung mesin bawaanya nyusahin bgi sebagian orang...

      Delete
  2. Minat, tpi kburu parno Ama prwatannya

    ReplyDelete
  3. Kalau mesinx bisa diganti mesin starlet..oke jg tuh..

    ReplyDelete
  4. Kalau mesinx bisa diganti mesin starlet..oke jg tuh..

    ReplyDelete
  5. Pingin sih ... Tapi bengkelnya gal bisa sembarangan

    ReplyDelete
  6. Mercy jaman-jaman DaimlerChrysler menurut ane dari segi build quality tidak sebaik sebelumnya, dan juga tidak memiliki pesona.

    Seperti Mercy kehilangan jati dirinya sejak itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tapi toh tidak bisa disalahkan juga daimler benz soalnya kan sejak jaman dipegang mereka aturan emisi gas buang makin ketat, jadi mungkin mereka berpikiran "ngapain bikin mobil over-engineered, toh 5 taun lagi kita harus sudah bikin mobil baru untuk comply aturan emisi baru"...

      Delete
  7. Saya pake A140 manual dan nyaman2 aja tuh. Tentang sparepart yg mahal.. sebenernya wajar dgn kualitasnya. Asal cara pemakaian nya sopan, mobil awet kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Day baru minang A140 ini Boss, apa kalau service bengkel resmi mahal ya, ada bunyi yg ga nyaman ini antara puley ac atau tensioner atau entah, mau cek bersaing puley aja tangan ga masuk, jadi bingung ini

      Delete
    2. Sy pakai A140 th.2000 dari tahun 2007 aman-2aja tuh, cuma pernah ganti kompresor AC aja karena karet clutchnya pecah dan mesti ganti 1 unit. Tahun 2013 sy turunkan mesin untuk cleaning internal engine. Sampe sekarang nyaman-2 aja.

      Delete
    3. Terimakasih testimoninya, saya jadi tdk ragu utk membelinya

      Delete
  8. Kalo dibandingin sama LCGC Masih Jauh Lebih enakan Mercy A Class , Saya pengguna A Class udah lama dan Mobilnya sangat nyaman , Dan Untuk sparepart mahal Ya wajar karena Jangka Waktu Gantinya juga awet , Pokoknya Enak dah Mercy Ini
    #MercyMobilnyaOrangKaya😂

    ReplyDelete
  9. Ane pake juga, masih ada.. mau ane jual.. bini minta mobil 3 baris.. mesin sehat2 bae..kaki mayan..cuma dashboard ringkih.. ganti fullset yg tebel 3-5jt.. kalo ada yg minat 140 th 99 reply aja

    ReplyDelete
  10. Masih miara yg th 2000 tp body facelift.dpt murah.tp udh bnyk restorasi.mbl udah enak,nyaman.tgl rawatnya aj. Skrg malah dibawa wara wiri sm istri

    ReplyDelete
  11. Saya juga pakai A140 th 2004 facelift, lampu depan sudh diamond.. dashboard soft touch lebih kuat dibanding generasi pertama, perawatannya ga susah ko, apalagi di pegang montir spesialis mercy rumahan, sparepart bisa nyesuain kantong (sparepart baru atau copotan).. bantingan empuk masih berasa mercynya, di Tol bisa lari kenceng. model ga kalah sama LCGC th muda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon ijin tanya, lokasi tinggal dimana dan apa bisa diinfo teknisi nya yang bisa dipanggil ke rumah, terima kasih sebelum nya....🙏

      Delete
  12. Ditawarin yg a class 2000 Murmer bgt, tp telat pajak 5th dan keburu parno sama perawatannya, eh cocok nggak sih buat pemula baru mau blajar nyetir nih 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau selesai belajar nyetir mobilnya mau tinggal buang ya silahkan...

      Delete
  13. Saya punya th 2000, merah marun, msih normal..Joss irit.
    Klo ada yg mau sy jual..

    ReplyDelete
  14. Aku memang naksir sama Aclas140

    ReplyDelete
  15. buat aku.....
    gak banget.
    tau kenapa ?
    aki di bawah kaki.
    sekring di bawah kaki.
    gak akan kalian jumpai aki mobil ini di kap mesin.
    sementara pelindung dari aki dan housing fuse, atau terminal sekring terbuat dari.......
    PLASTIK.
    sekali bocor, dikiiiiiit aja, jangan coba2 bawa pas hari hujan.
    konslet electrical di dalam tuh mobil.
    gak percaya.
    silahkan buka lantai di depan jok supir.
    ini "NOTHINGNYA" Mercy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai ada yang bilang Mercy baru dimulai dari C-class gara-gara kecewanya edngan A class dan B class...

      Delete
  16. aku mau jual aja nih...bingung pakai mobil ini a140...silahkan yg mau beli ...aku jual rugi gpp ...area wonosobo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bingung nya kenapa mas bro kalo boleh tau?

      Delete
    2. boleh tau grup nya pak,terima kasih

      Delete
  17. apa emang benar sih perawatannya sulit??????

    ReplyDelete
  18. Pertama punya awalnya susah cari montir dan sparepartnya. Setlh masuk club w168 a140 dan ketemu montirnya sampai sekarng mobil ga mau dijual. mobil imut masuk saya pakaikan velg R18 :) (dianjurkan untuk yg mau membeli A140 cari tau dulu bengkel/montirnya)

    ReplyDelete

Post a Comment