Volvo 300 series (340 DL dan GL)

Volvo 340 GL Indonesia

Pada tahun 1975, Volvo mengakuisisi divisi pembuatan mobil DAF asal Belanda dan Volvo kemudian mengambil alih projek P900 dari DAF untuk mengembangkan mobil baru Volvo untuk mengisi pasar mobil kecil. Pada tahun 1976, proyek DAF ini kemudian selesai dan dijual dengan nama Volvo 343 dan 345 dan menjadi Volvo terkecil menggantikan Volvo Amazon.

Pertama kali muncul di Geneva Motor Show Maret 1976, Volvo 300 series ini hanya tersedia dalam 2 varian yaitu 343 dan 345 dimana angka 3 pertama menunjukkan nomenclature seri, 4 menunjukkan jumlah silinder (piston) dan 3 serta 5 menunjukkan jumlah pintu. Kedua varian ini pada awalnya hanya ditawarkan dalam transmisi otomatis CVT dari DAF yang diberi nama Variomatic. Karena penjualannya yang mengenaskan, Volvo kemudian memasukkan varian transmisi manual pada tahun 1978. Pada tahun 1982, Volvo melakukan facelift pada 300 series sekaligus menyederhanakan penamaan mobilnya menjadi 340 saja yang masih memiliki makna sama hanya saja jumlah pintu tidak disebut lagi. Selain itu Volvo juga menjual 360 yang merupakan varian flagshipnya.

Tahun 1985, Volvo di Indonesia akhirnya memasukkan Volvo 300 series ke Indonesia. Namun sayangnya hanya Volvo 340 saja yang masuk dengan 2 pilihan tipe yaitu 340 DL dan 340 GL. Mobil ini dijual oleh PT Central Sole Agency yang saat itu belum diakuisisi Indomobil. Mobil ini kemudian berakhir menjadi kendaraan dinas ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) dengna pangkat kolonel serta kepolisian. Total ada sektar 400 unit yang dijadikan kendaraan dinas dimana ABRI mendapat jatah jauh lebih banyak karena kurang laku. Inilah mengapa populasi Volvo 340 di Indonesia termasuk langka.

Volvo 300 series baik yang 340 (343 dan 345) maupun 360 merupakan produk hasil kerja sama antara Volvo (Swedia) dengan DAF (Belanda). Oleh karena itu, perakitan mobil ini seluruhnya dilakukan sepenuhnya di pabrik DAF di Belanda tepatnya kota Born antara 1975 sampai 1987. Khusus untuk pasar Indonesia, karena peraturan pemerintah yang mewajibkan setiap kendaraan yang dijual di Indonesia harus di rakit di Indonesia, Volvo 340 CKD Indonesia ini merupakan hasil dari pabrik Volvo di Leganes, Spanyol. Ini dikarenakan pabrik DAF mengganggap membuat kit CKD untuk pasar Indonesia tidak menguntungkan karena jumlahnya yang terlalu sedikit.

340 versi Indonesia hanya ada varian 1400cc. Mesin yang digunakan adalah mesin C series buatan Renault. Mesin ini memiliki konfigurasi 4 silinder OHV 8 valve berkapasitas 1397cc dengan karburator Weber 32mm. Mesin ini walau buatan Perancis, namun terkenal reliable dan terbukti sejak jaman Volvo seri 100. Tenaga yang dihasilkan mesin ini mencapai 70Hp pada 5500Rpm dan torsi 108Nm pada 3500Rpm. Untuk menggerakkan roda belakang, digunakan gearbox manual 5 percepatan.

Bicara soal gearbox, ada yang sedikit unik dari gearbox mobil ini. Jika umumnya gearbox ditempel dengan mesin, pada Volvo 340 ini gearboxnya berada di belakang atau ditempel dengan gardan buatan De-Dion. Suspensi mobil ini juga unik dimana mobil ini masih memakai suspensi model leaf spring atau per daun dengan 1 per daun. Konstruksi ini walau terlihat ketinggalan jaman di era 80an, namun masih umum diera 70an dimana mobil ini pertama kali dibuat. Rancangan per daunnya juga bukan sembarangan karena dibuat oleh Bilstein dengan camber negatif 2°. Dengan pembagian bobot yang lebih seimbang karena letak gearbox, mobil ini terkenal memiliki handling terbaik di kelasnya dan juga kelas diatasnya.

Karena ini adalah Volvo, fitur andalan yang ditawarkan tentunya tidak jauh jauh dari fitur safety. Mobil ini sudah memiliki anti roll bar didepan, safety steering collumn, rem cakram didepan sementara dibelakang masih teromol, sampai side impact protection di pintu samping mobil ini dimana fitur ini masih sangat asing diera 70 dan 80an. Seperti yang dijelaskan diatas, mobil ini ditawarkan dalam 2 varian yaitu DL dan GL dimana DL merupakan versi terendah sementara GL versi termahal. Perbedaan antar keduanya sepertinya hanya ada pada radio tape dan kaca film pada tipe GL.

Spesifikasi Volvo 340 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Volvo 340
Jenis Sedan
Tipe 340
Mesin Renault C OHV 1397cc
Bore X Stroke 76.0 X 77.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.400 mm
Panjang 4.320 mm
Lebar 1.660 mm
Tinggi 1.390 mm


Comments

  1. Volvo tuh dari dulu ampe sekarang fitur safety nya benar2 wah

    ReplyDelete
  2. Klo gak salah, mesin volvo 340-series, sama dengan mesin yg dipake di renault 5, 9, 12, 18. Bedanya, klo mesin tersebut dipasangkan dgn mobil renault, layout mesin jd longitudinal (vertikal) tapi berpenggerak roda depan (FWD)

    Tambahan juga, alasan volvo kenapa antara mesin dgn gearboks, tdk dibuat satu kesatuan, tetapi dibuat terpisah, dikarenakan, design mesinnya sendiri, seharusnya utk mobil berpenggerak roda depan, dengan gearboks yg menyatu dengan mesin, sementara volvo 340-series, didesign utk gerak roda belakang, jadinya, gearboks yg awalnya menyatu dgn mesin renault, terpaksa dilepas, kemudian dipasangkan dgn gearbok khusus RWD

    ReplyDelete
  3. Dikalangan anak-anak volvo & petrolhead motuba, volvo seri ini dikenal sebagai volvo belanda & volvo teririt. Bnyk yg merekomendasikan jika ingin terjun ke dunia volvo utk yg awam volvo, inilah pilihannya, volvo 300 series.

    Selain karna ukurannya relatif kecil (kompak), irit, dan mesinnya sama dengan yg dipakai sama mobil-mobil renault dulu. Jadi mengenai spare part, bisa saling tukar antar mobil renault. Minus utk mobil ini, jika gearboks, sinkromes, atau gardan belakangnya bermasalah, nyarinya sangat susah. Karna sistem gearboksnya, menyatu dengan gardan belakang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang unitnya cukup jarang dibandingkan seri 900 misalnya yang populer dipakai menteri orba

      Delete
  4. Salam...
    Unit Volvo 340gl yang hijau ABRI ini ada di tangan saya sekarang ...mobil nyaman dan irit..👍

    ReplyDelete
  5. Saya jual per daun untuk volvo 340GL

    ReplyDelete
  6. Diluar negeri, volvo 340, ada wiper headlamp, di indo, apakah dr awal ga ada fitur tersebut ?

    Karna saia beberapa kali nemuin volvo 340 dijual, ga ada fitur wiper headlamp

    ReplyDelete

Post a Comment