Ford Galaxie (1965 - 1968)

Ford Galaxie Hamengku Buwono IX

Dasawarsa 60an, ekonomi Indonesia hancur total dan hampir semua rakyat jelata di Indonesia saat itu jatuh miskin. Meski begitu, pilihan mobil mewah asal Amerika Serikat saat itu sepertinya tidak ikut berkurang. Selain Chevrolet Impala, Ford Galaxie yang diproduksi antara tahun 1965 sampai 1968 di Amerika sana juga cukup populer dipakai kalangan kaya saat itu. Pada tahun 1995, nama Galaxie dibangkitkan lagi oleh Ford di Eropa untuk nama sebuah MPV. Untuk membedakan antara Galaxie sedan mewah dengan MPV, nama MPV Ford Eropa ini menjadi Ford Galaxy.


Model mobil sedan besar dan mewah Ford ini bertambah besar dan lebar dibanding pendahulunya. Ciri khas dari Galaxie ini ada pada lampu depannya yang modelnya tumpuk vertikal bukannya horisontal seperti pendahulu dan penerusnya walau pada akhirnya versi facelift yang muncul pada 1968 posisi lampu depannya dikembalikan menjadi horisontal. Karena lahir dimasa space race dimana saat itu Amerika Serikat sedang bersiap membalas kekalahannya dari Uni Soviet yang terlebih dahulu mengirim Yuri Gagarin keluar angkasa, unsur desain roket yang terdapat pada lampu belakang Ford Galaxie masih dipertahankan dan menjadi ciri khas tersendiri. Jenis bodinya sendiri ada banyak mulai dari sedan 4 pintu, convertible 2 pintu, hardtop coupe 2 pintu, serta hardtop sedan 4 pintu dengan pintu frameless. Namun seperti biasa, di Indonesia populasinya yang paling banyak beredar hanyalah sedan 4 pintu biasa.


Interior mobil yang juga dirakit secara CKD di pabrik Ford di Santa Rosa, Laguna, Filipina ini didesain dengan mengedepankan kemewahan dan kelegaan.  Jok depanny dibuat menyambung begitu juga jok belakangnya. Tuas perpindahan giginya sendiri berada di kolom setir yang membuat jok depannya masih cukup besar diduduki 3 orang kalau mau. Sedikit berbeda untuk versi coupe 2 pintunya karena pada versi ini tuas transmisinya berada di tengah lantai seperti mobil jaman sekarang pada umumnya serta jok depannya memisah untuk memudahkan akses keluar masuk penumpang belakang.

Trim level yang tersedia untuk mobil ini ada banyak, mulai dari yang standar sampai Galaxie 500 yang lebih mewah dengan mesin V8. Mungkin karena masih ada yang merasa kurang mewah, Ford akhirnya mengeluarkan Galaxie 500 LTD diawal kemunculan Galaxie generasi ketiga ini. Pada tahun 1966, Ford mengeluarkan varian bermesin V8 428cu in (7000cc) dengan nama Ford Galaxie 500 7 litre yang mesinnya diambil dari Ford Thunderbird yang didesain untuk melawan Corvette. Mesin 428 cu in ini juga dipasang di mobil polisi Amerika jaman itu yang bernama Police Interceptor yang masih satu bangun dengan Ford Galaxie ini.

Mesin yang dipakai Ford Galaxie sebenarnya ada beragam mulai dari 6 silinder 3900cc sampai V8 7000cc tergantung trim levelnya. Namun seperti biasa, di Indonesia paling banyak beredar hanyalah versi mesin 6 silinder karena perawatannya yang jauh lebih mudah dan murah dibanding mesin 8 silinder. Mesin 6 silinder yang dipakai adalah mesin straight 6 dengan nama Ford Thiftpower berkapasitas 240 cubic inch atau 3900cc. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 114Hp dan torsi 356Nm. Untuk menyalurkan tenaga ke roda belakang, digunakan transmisi manual 3 percepatan.

Di Indonesia, mobil sedan besar dan mewah ini sempat dipakai untuk kendaraan dinas beberapa pejabat tinggi dimasa transisi orde lama ke orde baru. Salah satu tokoh penting nasional yang memakai Ford Galaxie untuk kendaraan dinas adalah sultan Hamengku Buwono IX ketika menjabat sebagai menko ekuin. Di beberapa negara seperti Chile misalnya, Ford Galaxie 500 dengan atap terbuka digunakan sebagai kendaraan dinas presiden Chile.

Spesifikasi Ford Galaxie ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Ford Galaxie
Jenis Sedan
Tipe Galaxie
Mesin Ford Thriftpower OHV i6 3900cc
Bore X Stroke 101.6 X 80.7 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 3 Speed
Wheelbase N/A
Panjang 5.410 mm
Lebar N/A
Tinggi N/A

2 Responses to "Ford Galaxie (1965 - 1968)"

  1. Ford Galaxie juga pernah digunakan oleh Pak Harto ketika menjabat Pangkostrad. Salah satu varian Galaxie 500 yaitu Ford Country Squire juga masuk ke Indonesia... yang saya lihat malah bermesin 327 cu. Entah mobil yang sama tetapi dalam suatu reli wisata tahun 1971. Tercatat Ford Galaxie Station Wagon bermesin 5000cc ikut di kelas 3000cc keatas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, varian aneh dulu banyak mungkin karena cbu gampang ya? kalau tidak puas dengan rakitan indonesia bisa ambil versi cbunya saja

      Delete