Kia Visto Que & Zip Drive

Kia Visto Que Indonesia

Kia Visto merupakan sebuah city car yang pada dasarnya merupakan Hyundai Atoz dengan model pantat yang berbeda. Mobil ini dijual di Indonesia antara 2000 sampai 2003 saja. Saat pertama kali diluncurkan, beberapa orang menyebut mobil ini sebagai duo ginseng karena kembar dengan mobil Korea Selatan serta mobil kutu karena ukurannya yang kecil.


Sama seperti Indonesia, Korea Selatan pada tahun 1997 dan 1998 juga mengalami krisis moneter parah. Kia bangkrut karena krismon ini sehingga Kia dilepas dan dijual ke Hyundai dan masih dimiliki oleh Hyundai sampai sekarang. Karena berada dibawah kendali Hyundai, Kia akhirnya ikutan menjual mobil Hyundai Atoz dengan merk Kia untuk meningkatkan penjualan dengan nama Kia Visto. Walaupun kembar, namun antara Atoz dan Visto memiliki beberapa perbedaan singnifikan dilihat dari bagian depan seperti lampu depan, grill, bumper depan, lampu belakang, bumper belakang dan pillar C.

Mobil ini sebenarnya sudah ada sejak 1997 namun baru masuk ke Indonesia pada tahun 2000. Model awal Kia Visto ini hadir dalam tipe Que saja. Ciri khas dari Visto Que ini adalah grill depannya yang berbentuk vertikal. Pada tahun 2003, muncul pengganti Visto Que dengan nama Visto Zip Drive. Vistro Zip Drive ini mengalami ubahan berupa grill yang sekarang berbentuk horisontal serta lampu depan yang memakai model diamond cut.

Mesin yang dipakai Visto sama persis dengan Atoz dengan mesin Hyundai seri Epsilon dengan kode G4HC yang konon merupakan turunan mesin Mitsubishi. Mesin ini memiliki konfigurasi 4 silinder SOHC 8 valve dengan kapasitas 1000cc dan sudah injeksi elektronik. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 61Hp pada 5700Rpm dan torsi 110Nm pada 3000rpm. Untuk menggerakkan roda depan, digunakan pilihan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Fitur yang ditawarkan Kia Visto ini cukup ajaib untuk city car dijamannya. Mobil ini sudah dilengkapi dengan AC, heater, rear defogger, power steering dan power window. Meski begitu, untuk membuka jendela belakang masih memakai engkol dan pelipatan spion masih manual. Untuk keselamatan hanya ada sabuk pengaman dan rem depan cakram serta belakang teromol.

Kelebihan Kia Visto adalah lincah berhubung ukurannya yang kecil sehingga untuk salip menyalip, cari parkir dan masuk gang sampai dipakai untuk belajar nyetir sudah cocok. Mobil ini cukup irit dengan konsumsi BBM bisa mencapai 13 Km/liter dalam kota dengan transmisi matic yang lumayan responsif sama seperti mesinnya untuk dikelasnya. Urusan sparepart tidak usah khawatir karena banyak tersedia mulai dari KW sampai original Kia genuine parts dengan harga yang cukup murah.

Kelemahan Kia Visto ada pada bagasi belakangnya yang sempit karena berbeda dengan Atoz yang datar, Visto bentuk belakangnya agak melengkung. Suspensi mobil ini juga lumayan keras mungkin karena ban standarnya yang hanya 13 inch. Walaupun ruang kepala cukup memadai namun karena ukurannya yang kecil membuat mobil ini cukup sempit untuk orang dengan ukuran tubuh berlebih. AC mobil ini walau dingin namun kala sudah terasa kurang dingin boleh untuk mengeluarkan keringat dingin karen ada saja kompresor AC mobil ini yang bermasalah.

Spesifikasi Kia Visto FF ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Kia Visto
Jenis City Car, Hatchback
Tipe Hyundai-Kia FF
Mesin Hyundai G4HC SOHC 996cc
Bore X Stroke 66.0 X 73.0 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.380 mm
Panjang 3.495 mm
Lebar 1.495 mm
Tinggi 1.615 mm

0 Response to "Kia Visto Que & Zip Drive"

Post a Comment