Mini Moke

Mini Moke

Saat Sir Alec Issigonis merancang Mini, beberapa pihak kemudian mulai memikirkan kemungkinan menggunakan basis Mini untuk dijadikan kendaraan tempur ringan seperti Jeep pada masa perang dunia kedua. Hasil dari ide ini adalah munculnya Moke yang merupakan Mini dengan tampang lebih sangar dan bentuk yang lebih pas untuk kebutuhan militer dibandingkan kebutuhan sipil harian. Nama Moke sendiri dalam bahasa Inggris juga bermakna Keledai.


Moke pertama kali hadir pada tahun 1959 dan dipamerkan untuk kebutuhan militer Inggris. Sayangnya karena mobil ini memiliki ketinggian yang rendah dan tenaganya yang terlalu kecil, militer Inggris kemudian batal memakai Moke dan masih tetap setia kepada Land Rover. BMC (British Motor Company) kemudian menyerah untuk menjual Moke ke militer dan kemudian memutuskan untuk menjual Moke ke sipil seperti kepada petani pada 1963.

Walau layout sampai lantainya sama, bentuk Moke begitu radikal bila dibandingkan dengan original Mini. Moke memiliki moncong mengecil dengan grill depan lebih besar dan sangar serta fender semodel Jeep yang mengotak. Bagian sampingnya terlihat lebih seperti dune buggy karena mobil ini sama sekali tidak dilengkapi dengan pintu. Pada bagian atapnya, Moke lebih populer dengan versi atap kanvas walau versi tanpa atap juga tersedia. Secara ukuran, Moke masih sama seperti Mini lengkap dengan ban 10 inch yang juga kecil.

Mesin yang digunakan mobil ini sama persis dengan Mini. Tersedia dalam beragam pilihan mulai dari 800cc sampai 1300cc. Mesin yang paling populer sekaligus paling banyak dipakai adalah mesin BMC A series yang memiliki konfigurasi OHV 4 silinder segaris berkapasitas 1000cc. Untuk pasokan bahan bakar ke ruang mesin, digunakan sebuah karburator SU HS2 sidedraft. Tenaga yang dihasilkan mesin ini cukup untuk sekedar transportasi dengan 38Hp pada 4250Rpm dan torsi 71Nm pada 2700Rpm. Transmisinya sendiri hanya ada opsi transmisi manual 4 percepatan.

Produksi Moke sendiri di Inggris dihentikan pada tahun 1968. Selanjutnya, Moke diproduksi oleh Leyland di Australia. Di Australia sendiri mobil ini diproduksi sampai sekitar 1981. Pada tahun 1982, produksi Moke yang nantinya disebut Californian Moke dipindahkan ke Portugal hingga 1995. Di Indonesia sendiri Moke cukup jarang karena tidak seperti Mini yang diimpor dan dijual di Indonesia. Konon hanya ada sekitar 150 unit Moke yang hadir di Indonesia dimana semuanya merupakan bekas kendaraan dinas Kejari.

Spesifikasi Mini Moke ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mini Moke
Jenis Jip
Tipe Moke
Mesin BMC A series OHV 848 - 1275cc
Bore X Stroke 62.9 X 68.26 mm (848cc)
64.58 X 76.2 mm (998cc)
70.6 X 81.28 mm (1275cc)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.020 mm
Panjang 3.050 mm
Lebar 1.300 mm
Tinggi 1.400 mm

3 Responses to "Mini Moke"

  1. Lucu banget kalo atapnya masih terpal gitu. Kesannya kayak jip tapi imut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. imut-imut gtu sempat mau jadi ops militer Inggris...

      Delete
  2. Sebenarnya sampai sekarang Moke masih diproduksi, tapi di Tiongkok, bahkan anda bisa beli pabriknya di Alibaba.

    ReplyDelete