Fiat 127 Malvinas

Fiat 127 Malvinas Indonesia

Fiat 127 merupakan mobil hatchback kecil yang ditugaskan Fiat untuk menggantikan 850 yang sudah cukup tua saat itu. Meskipun lahir sebagai mobil dengan tampilan imut, bukan berarti Fiat 127 tidak bisa dibuat sedikit keren. Versi keren yang hanya ada di Indonesia ini bernama Fiat 127 Malvinas. Nama yang cukup unik karena Malvinas sendiri adalah nama wilayah yang diperebutkan oleh Argentina dan Inggris dimana Argentina menyebut Malvinas sementara Inggris menyebutnya Falkland. Mungkin dimanai begitu karena mobil ini lahir saat terjadi perang antara kedua negara tersebut pada 1982.


Desain dari Fiat Malvinas ini masih mencirikan sebuah 127 hanya pada bagian depannya saja. Mulai bagian tengah dari windshield sampai kebelakang sudah tidak lagi terlihat keimutan Fiat 127. Desain mobil ini entah mengapa bodinya mirip sekali dengan sebuah Moretti Midimaxi, sebuah mobil karya perusahaan karoseri di Italia sana dengan berbasis Fiat 127 hanya saja tanpa pintu karena pintunya dibuat menyatu sehingga untuk masuk kedalam kabinnya mau tidak mau harus lompat. Bagian atapnya juga persis Midimaxi dimana Fiat Malvinas ini memakai atap terpal.

Pada bagian mesinnya, mobil ini masih mengusung mesin yang sama persis dengan Fiat 127 yang hadir di Indonesia. Mesin Fiat 100 series yang sudah dipakai di mobil-mobil Fiat sejak 1955 masih digunakan pada mobil ini. Mesin yang dipakai Fiat 127 ini memiliki konfigurasi 4 silinder segaris OHV 8 valve berkapasitas 903cc. Mesin dengan karburator ini diklaim sanggup menghasilkan tenaga sebesar 44Hp dan torsi 63Nm. Untuk menggerakkan roda depannya, mesin ini dipadukan dengan transmisi manual 4 percepatan.

Secara fitur, mobil ini masih sama saja dengan Fiat 127 biasa yang banyak berkeliaran di jalanan Indonesia. Semua serba manual meskipun beberapa fitur keselamatan seperti sabuk pengaman dan kolom setir sudah dirancang untuk mengalami deformasi yang sesuai kala terjadi benturan agar mengurangi cidera pengendara masih ada. Fitur tambahan yang tidak ada pada Fiat 127 standar mungkin adalah jok depan model Recaro LX yang entah asli atau hanya mirip saja.

Meskipun dulu mobil ini cukup populer digunakan untuk balap slalom maupun reli yang mencapai puncak kepopulerannya pada akhir 80an awal 90an, namun kini sudah cukup sulit menemukan mobil ini baik dalam keadaan jalan maupun bangkainya. 

Spesifikasi Fiat Malvinas ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Fiat 127 / Malvinas
Jenis Jip
Tipe 127
Mesin Fiat 100 GL.000 OHV 8 valve 903cc
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.225 mm
Panjang N/A mm
Lebar N/A mm
Tinggi N/A mm

3 Responses to "Fiat 127 Malvinas"

  1. Wah mimin paling mantabs deh... baru berberapa minggu lalu mencari2 info Fiat Malvinas sekarang udah ada. Bisa baca pikiran nih.

    Saya sempat tanya seorang ahli mobil Italia di Inggris. Dia sendiri tidak tahu tentang Fiat Malvinas di Indonesia tetapi berkata bahwa foto diatas mirip dengan Fiat 127 Scout buatan karoseri Fissore.

    Tetapi yang jadi pertanyaan saya apakah Malvinas ini berhubungan dengan Fiat 127 Scout itu, mengingat bahwa mobil impor dilarang waktu itu. Atau jangan2 bodinya berbasis 127 Scout kemudian dibuat kopinya di Indonesia?

    Selain itu dia bertanya balik kenapa mobil ini populer untuk balap, sesuatu yang saya belum bisa jawab lagi.

    Terima kasih untuk artikelnya dan tetap menulis min!

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dapat info kalau yang bikin Fiat Malvinas ini orang yang sama dengan yang bikin Marvia. cuma saya belum bisa konfirmasi bener atau nggak

      Delete
    2. Menarik juga karena Fiat bukan bagian dari Indomobil group, saya sempet tanya ke jurnalis senior tapi sayangnya beliau kurang tahu sejarah mobil ini. Arsip majalah yang saya miliki juga tidak banyak untuk tahun 80an... soalnya menarik sekali mobil ini termasuk yang terlupakan.

      Oh ya min satu lagi, kalau Multicar pernah dengar tidak? Baru2 ini saya dapat majalah lama yang menulis perampingan merek mobil dan salah satu yang dicoret adalah Multicar Jerman Timur.

      Delete