Mitsubishi Galant ST "Hiu"

Mitshubishi Galant Hiu ST


Setelah sukses dengan Galant generasi ketuju yang biasa dikenal di Indonesia sebagai Galant paus atau Galant lele, Mitsubishi kemudian memperkenalkan Galant generasi kedelapan yang diberi julukan Galant Hiu pada tahun 1997 akhir. Di Indonesia, Galant ini hanya dijual dalam 1 trim level saja yaitu Galant ST. Nama Galant sendiri berasal dari bahasa Perancis yang bermakna memiliki sifat sopan.


Alasan mengapa mobil ini dijuluki Galant Hiu adalah karena desain moncongnya yang agresif dan besar mirip kepala hiu. Posisi lampunya yang menjorok kedalam serta kap mesin lebar mendukung deskripsi hiu pada mobil ini. Ditambah dengan smoke hitam pada bagian lampu depannya menambah kesan mengintimidasi / sangar seperti tatapan hiu kala memburu mangsanya. Selebihnya, meski tampang depannya agresif, namun tampilan belakangnya masih cukup kalem elegan seperti sedan eksekutif biasanya jaman 90an akhir. Hal ini tentu membuat tampilan Galant terlihat tidak terlalu kuno dengan standar jaman sekarang.


Sekitar tahun 2001, muncul facelift dari Galant hiu dimana perbedaanya sangat sedikit dibandingkan model pre facelift pada bagian eksteriornya. Lampu sein versi facelift sedikit lebih panjang dan berwarna oranye dengan bumper yang sedikit berbeda pada bagian tengahnya. Selebihnya tidak ada perbedaan sama sekali dibagian eksteriornya. Perbedaan lain mungkin hanya penambahan fitur seperti odometer digital pada versi facelift.

Berbeda dengan generasi lele yang memakai mesin V6 DOHC 2000cc dan  pilihan 4 silinder DOHC 2000cc, pada generasi Hiu hanya tersedia pilihan mesin V6 SOHC 2500cc dengan kode 6A13. Mesin dengan injeksi bahan bakar dengan nama ECI ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 173Hp pada 5750Rpm dan torsi sebesar 230Nm pada 4500Rpm. Tenaga sebesar ini disalurkan keroda depan melalui transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 5 percepatan manumatic yang mana bisa berubah dari mode otomatis ke mode manual khas Mitsubishi yang diberi nama INVECS.

Fitur yang disematkan pada mobil ini cukup lengkap walau terasa kurangnya dibandingkan dengan generasi sebelumnya menurut sebagian orang. Ini karena beberapa fitur yang sebetulnya ada pada Lancer tidak terpasang pada Galant seperti odometer digital (meski nantinya terpasang pada varian facelift tahun 2001) atau material dashboard yang sebagian empuk dan sebagian plastik keras. Meski begitu fitur standar pada mobil ini cukup lengkap dengan AC digital, jam pada dashboard, panel kayu dikonsol tengah dan sekeliling kisi AC, setir yang bisa diatur ketinggiannya (tilt steering), arm rest jok belakang, ABS, rem cakram dikeempat roda, dan airbag single untuk fitur keselamatan tambahan

Selain versi sedan 4 pintu, KTB selaku ATPM Mitsubishi sempat berencana memasukkan versi station wagon 5 pintu dari Galant generasi ini dengan nama Mitsubishi Legnum. Beberapa unit sudah dimasukkan ke Indonesia sebagai syarat proses perijinan dan lainnya. Namun entah mengapa kemudian KTB tidak jadi menjual Mitsubishi Legnum ke Indonesia. Sisa pra produksi ini kemudian dijual kepublik dengan spesifikasi yang mirip dengan versi sedannya. Selain KTB, importir umum juga menjual Legnum versi mereka sendiri yang mengakibatkan populasi Legnum di Indonesia tidak terlalu langka walau tetap terbatas. Versi paling langka dari generasi Galant Hiu di Indonesia sudah tentu VR-4 yang sudah dilengkapi dengan mesin V6 DOHC turbo dan AWD yang hanya masuk melalui importir umum.

Kelebihan Galant Hiu adalah performanya yang tidak mengecewakan. Memang tenaga mobil ini tidak sebesar Infiniti i30, Toyota Crown 2ZJ atau BMW 530i V8 yang menyentuh angka 200Hp namun berkat bodi yang lebih ringan serta transmisi otomatis yang lebih pintar membuatnya mampu seimbang dengan mobil-mobil tersebut. Handling mobil ini juga termasuk sangat baik dengan suspensi multilink ditambah stabilizer bar pada roda depan maupun belakangnya yang juga membuatnya terasa cukup nyaman selayaknya sedan eksekutif pada umumnya.

Kelemahan Galant Hiu adalah sparepart slow movingnya cukup merepotkan untuk dicari karena agak jarang meskipun komponen fast moving seperti filter, sabuk-sabuk dan kampas-kampas masih cukup mudah didapat. Konsumsi BBM bagi sebagian orang cukup boros dengan angka sekitar 1:8 untuk rute kombinasi. Meski begitu, konsumsi BBM seperti ini sangat wajar dibandingkan dengan performa mesin yang sangat enak. Selain itu berhubung desainnya sangat sporty dan harganya sudah cukup terjangkau, tidak jarang ditemukan Galant hiu yang sudah dimodifikasi tidak karuan. Memang modifikasi merupakan masalah selera namun kadang mencari Galant hiu yang masih baik tanpa modifikasi yang norak sudah menjadi hal yang cukup jarang.

Spesifikasi Mitsubishi Galant Hiu ST ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mitsubishi Galant Hiu ST
Jenis Sedan
Tipe EA5A
Mesin 6A13 V6 SOHC 2500cc
Bore X Stroke 81.0 X 80.8 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis manumatic 5 Speed
Wheelbase 2.635 mm
Panjang 4.660 mm
Lebar 1.740 mm
Tinggi 1.410 mm

3 Responses to "Mitsubishi Galant ST "Hiu""

  1. Mau tanya, motor skuter apa yah yg dipakai Sarah Connor dalam film Terminator..tks

    ReplyDelete
  2. wah ini incaran pertama dulu buat motuba perdana.. tapi akhirnya kepincut juga sama "muscle car" ala ala BMW E34 .. lebih murah juga harganya.. he he he

    ReplyDelete