Fiat 600 Multipla

Fiat 600 Multipla Indonesia

Di Indonesia jaman dulu, Fiat termasuk merk yang sangat populer. Saking populernya, hampir semua jenis Fiat ada di Indonesia mulai dari sedan 4 pintu, sport 2 pintu bahkan minibus atau MPV kecil seperti Fiat 600 Multipla. Multipla sendiri merupakan tipe varian dari Fiat 600 yang namanya kemudian digunakan kembali pada dasawarsa 90an untuk Fiat Multipla.


Secara kasar, bisa dibilang mobil ini adalah Fiat 600 dengan moncong yang dimodifikasi agar mampu menampung penumpang. Bagi sebagian orang, tampilannya terlihat seperti Daihatsu Espass terbalik karena bagian belakangnya lebih melandai dibandingkan bagian depannya. Yang unik dari mobil ini adalah bukaan pintunya yang menganut model kupu-kupu atau bagian belakang normal namun bagian depannya menganut model suicide door. Pintu depannya dibuat sedemikian rupa untuk mempermudah akses keluar masuk penumpang maupun pengemudi jadi meskipun ukuran mobil ini termasuk kecil, namun masih bisa dimasuki oleh orang berpostur Eropa yang tinggi tidak seperti Asia.

Ketika diteliti lebih lanjut, ada perbedaan mencolok antara Fiat 600 sedan dengan Fiat 600 Multipla. Diantaranya adalah peletakan tangki bensin yang pada versi sedannya terdaat dibagian depan sebelah firewall, pada Multipla tangki bensinnya diletakkan dibelakang tepat diatas gearbox. Posisi ban cadangan juga diubah karena bagian depannya digunakan sebagai kompartemen penumpang, maka ban cadangan disembunyikan dibawah bangku penumpang depan. Meski bentuknya terkesan culun bagi sebagian orang, namun kaki-kaki mobil ini sudah cukup canggih pada jamannya dengan menganut model trailing arm pada bagian belakang sementara bagian depan sudah menganut model  double wishbone dan anti roll bar.

Mesin yang digunakan mobil ini masih sama seperti Fiat 600 dengan mesin Fiat 100. Mesin ini memiliki konfigurasi 4 silinder segaris OHV pendingin cairan yang diletakkan dibagian belakang. Mesin ini hanya berkapasitas 633cc dengan tenaga maksimal hanya 21,2Hp pada 4600Rpm. Untuk menggerakkan roda belakang, digunakan transmisi manual 4 percepatan dengan sinkromesh yang lagi-lagi sama dengan Fiat 600 namun dengan rasio yang lebih kecil. Selain itu, ada juga varian mesin 767cc yang mana merupakan mesin 633cc dengan ukuran bore dan stroke yang lebih besar sehingga menghasilkan tenaga sebesar 25Hp pada 4800Rpm.

Populasi mobil ini cukup banyak pada jamannya. Ada banyak mobil Fiat 600 Multipla yang diimpor untuk digunakan sebagai angkutan pada acara Ganefo 1962 bersamaan dengan mobil lain seperti misalnya Bemo atau Daihatsu Midget. Namun sayang, seperti mobil klasik lainnya pada dasawarsa 90an banyak Fiat 600 Multipla yang dikampak karena nilainya yang sangat kecil saat itu. Oleh karenanya, populasi mobil ini di Indonesia menjadi langka dan harganya bisa sangat mahal sekali.

Spesifikasi Fiat 600 Multipla ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Fiat 600 Multipla
Jenis Minibus
Tipe Tipo 100
Mesin 100 OHV 633cc
100 OHV 767cc
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.000 mm
Panjang 3.531 mm
Lebar 1.448 mm
Tinggi 1.581 mm

6 Responses to "Fiat 600 Multipla"

  1. Kalo nggak salah Multipla buka pintunya dari depan apa ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. pintunya buka dari samping kok, cuma handelnya yang didepan. Kalau yang buka pintunya dari depan namanya Isetta

      Delete
    2. Itali om, cuma BMW juga ikutan bikin

      Delete
  2. Dulu pernah nemuin ni fiat 600 multipla, bentuknya sekilas mirip vw combi mini, dan suara mesinnya juga mirip-mirip dengan vw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu kecil, saya malah nagkapnya ini vw kombi dibikin perkedel sama yang punya...

      Delete