Suzuki RK Cool RK110

Suzuki RK Cool RK110SC-Z

Road race Indonesia awal tahun 2000an sedang memanas disemua kelas. Tim pabrikan maupun privateer berlomba-lomba memenangkan kejuaraan dengan salah satu caranya adalah mendatangkan motor yang lebih kompetitif dengan spesifikasi diatas rata-rata motor yang dijual di Indonesia. Tidak terkecuali Suzuki yang saat itu menghadirkan Suzuki RK Cool 110cc antara 2001 sampai 2004 dari Thailand untuk bersaing dengan Honda Nova Dash sampai jagoan lokal Yamaha F1ZR dikelas 110cc.


Secara bentuk, motor ini menganut model bebek ayam jago dengan shockbreaker depan panjang seperti motor sport namun memakai rangka underbone. Untuk menunjang penampilan dan kemampuan berbeloknya, shockbreaker belakang sudah menganut model monoshock. Modelnya sendiri masih cukup modern membulat agak berisi pada bagian belakangnya tidak terlalu kurus namun memang tetap terlihat seperti motor keluaran awal 2000an. Yang aneh, pada motor ini hampir tidak ada logo maupun tulisan Suzuki mungkin kecuali pada bagian samping belakang jok dan batok lampunya saja.


Urusan mesin, motor ini dibekali mesin 1 silinder 2 tak berkapasitas 110cc pendingin udara oleh Suzuki. Berbeda dengan mesin Suzuki 110cc 2 tak lainnya, mesin motor ini memiliki cylinder block tegak seperti Satria RU tapi kapasitas mesinnya lebih kecil. Untuk urusan pasokan bahan bakarnya, motor ini dibekali dengan sebuah karburator Mikuni VM 17. Hasilnya, motor ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 15Hp yang dengan bobot hanya 94,5Kg membuatnya mampu dipacu lebih dari 120km/jam. Untuk menyalurkan tenaga keroda belakang, digunakan transmisi kopling manual 5 percepatan.

Berbeda dengan motor bebek biasanya, fitur yang ada pada RK Cool tergolong sangat lengkap. Pada panel dashboardnya terdapat indikator gigi transmisi meski belum terdapat takometer. Motor ini sudah memakai velg racing 5 palang yang mirip dengan velg Suzuki Raider 125. Untuk urusan keselamatan sudah tersedia rem cakram didepan maupun belakang. Tangki bahan bakarnya mampu menampung 5 liter bensin dengna tangki oli samping 1,2 liter. Sayangnya, seperti motor bebek sporty Suzuki dijamannya motor ini belum dilengkapi dengan electric starter. Suzuki RK Cool sendiri tersedia dalam 3 varian yaitu RK110Z, RK110S-Z dan RK110SC-Z yang terdapat perbedaan dalam aksesorisnya seperti RK110Z masih velg jari-jari dan rem belakang teromol, RK110S-Z velg jari-jari tapi rem depan belakang cakram dan RK110SC-Z velg racing rem depan belakang cakram. Namun sepertinya untuk versi Indonesia hanya dimasukkan varian RK110SC-Z saja.

Harga baru motor ini sekitar 2001 adalah 18 juta rupiah sementara motor Suzuki 2 tak lainnya seperti Suzuki Satria RU 120 hanya 16 juta. Salah satu alasan kenapa motor ini mahal pada jamannya adalah karena motor ini tidak dirakit di Indonesia seperti Satria, melainkan diimpor utuh dari Thailand. Kini harga motor ini cukup gelap meski tidak semahal pesaingnya seperti Honda Nova Dash yang lebih langka lagi. Namun karena kebanyakan pemilik RK Cool yang cuek, motor ini kadang bisa ditebus murah dengan harga dibawah 5 juta rupiah saja.

Kelebihan RK Cool adalah tenaganya yang cukup buat diputaran atas meskipun diputaran bawahnya terasa lebih loyo dibandingkan Yamaha F1ZR misalnya. Kelemahannya menurut pengguna RK Cool salah satunya adalah kampas kopling yang cepat habis. Untuk sparepartnya sendiri meski langka namun bisa disubstitusi dengna motor Suzuki lainnya atau merk lainnya meski tidak semuanya seperti contohnya stang piston.

Spesifikasi Suzuki RK Cool RK110 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Suzuki RK Cool RK110SC-Z
Jenis Underbone
Tipe RK110SC-Z
Mesin 1 silidner 2 tak 108cc
Bore X Stroke 52.5 X 50.5 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 1.220 mm
Panjang 1.945 mm
Lebar 670 mm
Tinggi 975 mm

Comments

  1. tapi ada teman saya yang punya, kebanyakan masalahnya bukan di kampas koplingnya saja, tetapi perpindahan giginya suka macet dan kadang mati sendiri saat perpindahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih tambahannya. Sepertinya memang ada masalah pada transmisi motor ini ya?

      Delete

Post a Comment