Suzuki Satria Lumba 2 tak 120 R

Suzuki Satria lumba 120s 2 tak

Bila kelompok Yamaha memiliki Yamaha F1ZR sebagai motor bebek sporty yang digandrungi pemuda, kelompok Suzuki juga tidak mau kalah. Suzuki pada dekade 90an juga punya motor jagoan yang sangat diidolakan kawula muda saat itu bernama Suzuki Satria 120. Terlahir dari pengembangan Suzuki RG Sport 110 yang tidak dijual di Indonesia, Suzuki Satria 120 boleh dibilang sebagai motor bebek paling canggih yang dijual di Indonesia pada saat itu.

Secara desain, Satria R sepintas mirip dengan Suzuki Shogun 110 maupun Suzuki Tornado dengan lampu depan kotak yang terkesan menyatu dengan lampu sein. Bagian lampu belakangnya juga mirip dengan Tornado maupun Shogun. Meski begitu, motor yang iklannya dibintangi oleh Ken Sukendro alias Ken Ken yang populer dalam perannya sebagai Wiro Sableng ini punya perbedaan bila dilihat lebih lanjut seperti batok yang terdapat lengkungan diatas lampu serta lampu belakang yang terdapat cekungan 2 buah. Jika dibandingkan dengan Suzuki RG Sport 110, perbedaan antar keduanya tidak terlihat kecuali bila melihat bodi tengahnya saja yang itupun hampir mirip.

Meski secara bentuk mirip, namun mesin yang diusung jauh berbeda. Mesin Satria 120 memakai mesin tegak 1 silinder 2 tak dengan kapasitas 120cc dan sistem pendingin udara. Mesin dengan karburator Mikuni MV 20SS dan rasio kompresi 7,0 : 1 ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 13,4Hp pada 8000Rpm dan torsi 13,2Nm pada 7000Rpm. Untuk menyalurkan tenaga mesin keroda belakang, digunakan transmisi manual kopling otomatis 5 percepatan seperti Suzuki RG Sport atau manual 6 percepatan seperti Suzuki RGR150.

Generasi pertama dari Suzuki Satria di Indonesia muncul pada tahun 1997 dengan Suzuki Satria 120S. Tampilannya masih standar dengan pilihan warna tunggal serta velg jari-jari. Meskipun tampilannya terkesan biasa, namun pada bagian transmisinya cukup unik dengna menganut model 5 percepatan manual dengna kopling otomatis. Transmisi 5 percepatannya juga sudah menganut sistem rotari dimana pengoperasiannya persis dengan motor bebek standar.

Kemudian pada tahun 1998, muncul varian pembaruan dengan nama Suzuki Satri 120R. Tidak hanya tampilannya yang lebih sportif, transmisi yang digunakan juga mendapat pembaruan dengan transmisi manual 6 percepatan. Posisi giginya juga menjadi sama seperti motor sport meninggalkan sistem posisi gigi rotari yang persis motor bebek pada umumnya.

Memasuki milenium baru, Suzuki kembali melakukan pembaruan pada motor yang kemudian dikenal dengan nama Suzuki Satria RU 120R pada tahun 2000. Dibagian teknis, ubahan paling terlihat adalah adanya rem belakang cakram yang menjadi standar pabrik.

Pada tahun 2003, Suzuki Satria 120 sudah tidak lagi diproduksi di Indonesia. Meski begitu, Satria masih tetap dijual dengan ubahan baru dengan nama Suzuki Satria 120 RU LSCM. Bodinya berubah total hingga julukannya berubah menjadi Satria Hiu. Motor ini diproduksi di Malaysia dan dijual keseluruh Asia Tenggara termasuk Indonesia. Lebih lengkap, ada pada Suzuki Satria 2 tak LSCM.

Fitur yang disematkan pada Suzuki Satria lumba juga bukan main-main. Pada sasisnya yang berbentuk besi kotak seperti motor sport Suzuki RGR150, Suzuki memberi nama berupa SCAF atau Suzuki Computer Analyzed Frame yang intinya sasis dengan perancangan komputer. Sistem suspensinya sangat canggih untuk motor bebek dengan monoshock pada bagian belakang. Knalpotnya sudah berbentuk knalpot racing. Untuk pengereman, digunakan rem cakram pada bagian depan sementara bagian belakang juga cakram kecuali untuk Satria 120 S keluaran awal. Fitur unik lainnya ada pada konsol meternya dimana tidak hanya speedometer, odometer, indikator lampu dan bensin saja namun juga disediakan takometer yang menjadi satu-satunya untuk motor bebek produksi lokal di Indonesia pada masanya.

 Spesifikasi Suzuki Satria Lumba 120R ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Suzuki Satria Lumba 120R
Jenis Underbone
Tipe RGV120
Mesin 1 silinder 2 tak 120cc
Bore X Stroke 56.0 X 40.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Semi otomatis 5 Speed (120S)
Manual 6 Speed (120R)
Wheelbase 1.244 mm
Panjang 1.960 mm
Lebar 710 mm
Tinggi 1.040 mm


Comments

  1. Orang orang bilang ni motor boros padahal tangki nya aja yg kecil ga sebanding sama CC nya😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Istilahnya, motor 2 tak kencang kalau bukan dari bakar bensin yang banyak darimana coba kencangnya...

      Delete

Post a Comment