Ford Falcon (1964 - 1965) US Model

Ford Falcon USA front

Setelah perang dunia kedua, Amerika Serikat menjadi negara dengan ekonomi yang sangat cemerlang. Konsumerisme tumbuh pesat dimana berbagai barang laku dijual termasuk mobil. Namun tidak lama kemudian terjadi resesi pada tahun 1958 atau yang dikenal juga sebagai Eisenhower Recession. Penjualan mobil menurun karena daya beli masyarakat Amerika yang melemah. Tidak kurang akal, pabrikan Amerika kemudian memperkenalkan model compact berukuran kecil yang irit bensin dan harga jualnya murah agar penjualan mobil di Amerika kembali tumbuh. Salah satu model yang diperkenalkan Ford pada kategori ini adalah Ford Falcon yang pada tahun 1964 memasuki generasi kedua.

Desain Falcon generasi kedua ini juga menjadi basis desain Ford XR Falcon di Australia. Cara membedakannya paling mudah adalah dilihat dari jumlah pintu dimana Ford Falcon Amerika tersedia dalam bentuk sedan 2 pintu dan hardtop 2 pintu sementara Ford XR Falcon Australia varian 2 pintunya hanya tersedia pada coupe utility atau ute. Cara lainnya dilihat pada bagian belakang dimana diatas lampu belakang Falcon Amerika memiliki gerutan tambahan serta aksesori seperti lubang ventilasi dipanel samping belakang sementara Falcon Australia lebih polos.

Ford Falcon convertible belakang

Terlahir sebagai mobil rakyat, pilihan bodi yang tersedia pada Ford Falcon ini sangat beragam. Untuk sedan sendiri tersedia pilihan sedan 2 pintu alias coupe, sedan 4 pintu, hardtop coupe, sampai convertible. Untuk angkutan keluarga disediakan juga varian station wagon baik 3 pintu, 5 pintu sampai van 3 pintu tanpa jendela belakang yang disebut sebagai sedan delivery. Tidak berhenti disitu saja, Ford Falcon versi Amerika ini juga memiliki varian sedan pickup alias coupe utility atau ute seperti Ford Falcon versi Australia bernama Ford Falcon Ranchero yang berbeda dengan Falcon ute di Australia. Masih belum puas, Falcon ini juga dibuat dalam bentuk cab over van dengan nama Ford Ecoline.

Untuk mesin, pilihannya cukup beragan dengan mesin 6 silinder segaris yang diberi nama Thriftpower Six alias Falcon Six di Australia serta V8 Windsor. Kapasiasnya sendiri mulai dari 2400cc, 2800cc dan 3200cc untuk varian 6 silinder dan 4300cc serta 4700cc untuk mesin V8. Sebagai tipe dasar, mesin yang dipakai memiliki konfigurasi OHV 6 silinder segaris berkapasitas murni 2365cc atau 144 cubic inch. Dengan karburator dan rasio kompresi 8,7:1 mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 84Hp pada  4200Rpm dan torsi 182Nm pada 2000Rpm. Untuk menyalurkan tenaga keroda belakang, digunakan transmisi manual 3 percepatan atau opsional otomatik 2 percepatan yang disebut sebagai Ford o Matic. Selanjutnya pada edisi terakhir tersedia pula transmisi manual 4 percepatan serta otomatik 3 percepatan.

Ford Falcon sendiri dijual dalam beberapa tipe mulai dari Deluxe sebagai mobil termurah dengan mesin 6 silinder. Tipe Falcon Futura juga diperkenalkan sebagai varian termewah Falcon dengan jok semi bucket dan central console. Sprint sebagai varian terkencang dengan mesin V8. Ford Falcon Sprint ini kelak akan menjadi dasar dari Ford Mustang dimana bagian mekanikalnya sama persis dengan Ford Falcon Sprint yang sayangnya harus disudahi karena kalah pamor dengan Mustang. Bila menginginkan Ford Falcon yang lebih mewah lagi, Mercury Comet juga dijual oleh Ford sebagai versi mewah dari Ford Falcon dimana saudara Falcon ini tidak tersedia pada merk Lincoln yang lebih mewah lagi.

Di Indonesia, populasi Ford Falcon untuk pasar Amerika ini cukup jarang karena memang tidak pernah dijual resmi. Ford Falcon yang populer di Indonesia adalah Ford Falcon untuk pasar Australia dimana impornya lebih murah serta sudah setir kanan tidak seperti Falcon Amerika. Belum lagi hanya Ford Falcon versi Australia yang dijual oleh IRMC selaku agen Ford di Indonesia.

Spesifikasi Ford Falcon (1964 - 1965) US Model ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Ford Falcon (1964 - 1965) US Model
Jenis Sedan
Station wagon
Tipe Falcon
Mesin Thriftpower i6 OHV 2400cc
Thriftpower i6 OHV 2800cc
Thriftpower i6 OHV 3200cc
Windsor V8 OHV 4300cc
Windsor V8 OHV 4800cc
Bore X Stroke 89.0 X 64.0 mm (2400cc)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 3 Speed
Otomatis 2 Speed
Wheelbase 2.781 mm
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A


Comments