Honda Revo Techno AT

Honda Revo Techno AT

Dengan semakin populernya sepeda motor jenis skuter dengan transmisi otomatik membuat Astra Honda Motor mengeluarkan motor underbone atau motor bebek yang dilengkapi dengan transmisi otomatik jenis CVT seperti halnya skuter matic. Diluncurkan pada 21 Juli 2010, Honda Revo Techno AT atau Revo AT menjadi motor bebek pertama dengan transmisi otomatis di Indonesia.

Diluncurkan pada 2010, tampilan dari Honda Revo Techno AT ini sangat mirip dengan tampilan Honda Absolute Revo yang sudah hadir pada 2009 sebelumnya bersama dengan Honda Blade 110. Meski begitu, bila dilihat lebih lanjut akan terdapat perbedaan yang cukup banyak antara Honda Revo AT dengan Absolute Revo. Misalkan saja dibagian depan Revo AT dilengkapi dengan kisi-kisi udara pada tebeng tengah seperti Revo DX hanya saja terdapat tambahan lampu senja. Bagian tebang sayap juga terdapat kisi-kisi udara seperti Revo DX. Bodi tengah dibawah jok diberikan kontur yang lebih tajam mengikuti desain depat tidak seperti Absolute Revo. Dibagian belakang terdapat perbedaan berupa ebntuk knalpot, behel belakang, serta spakbor belakang.

Bagian mesinnya hampir mirip dengan Honda Absolute Revo dengan mesin 1 silinder SOHC 2 valve berkapasitas 109,1cc dan sudah memakai sistem injeksi PGM-Fi. Perbedaannya Revo Techno memakai pendingin udara dan oli yang mengakibatkan kapasitas olinya naik menjadi 1 liter tidak 0,8 liter seperti Absolute Revo. Tenaga yang dihasilkan sedikit lebih kecil dibandingkan Revo manual dengan 7,5Hp pada 8000Rpm dan torsi 7,9Nm pada 5000Rpm. Bagian transmisinya berbeda total dengan menggunakan transmisi otomatik CVT yang disebut CV Matic dan penyaluran tenaga mesin ke roda belakang menggunakan rantai.

Fitur yang tersedia cukup lengkap dengan rem cakram didepan sementara belakang teromol, velg model cast wheel palang 10, handle pembonceng dilapisi PVC Vinyl, warna two tone, rem tangan disisi kiri dibawah stang kemudi yang modelnya ditarik seperti rem tangan mobil Toyota Kijang Super, kunci yang dilengkapi dengan shutter key dimana pada tulisannya dilengkapi dengan lapisan fosfor yang membuatnya bisa menyala dalam gelap, sampai side stand switch untuk mencegah motor menyala bila standar samping masih diturunkan. Motor ini memang masih dilengkapi dengan kick starter yang posisinya berada disebelah kiri sehingga terasa aneh. Selain itu, bagasinya berukuran lebih kecil dibandingkan dengan Revo manual karena posisi aki yang memakan kapasitas bagasi.

Dengan harga 15,8 juta rupiah untuk wilayah DKI Jakarta dimana Revo Techno menjadi motor bebek 110cc yang paling mahal dari Honda mengalahkan Honda Revo DX yang hanya dijual 13,8 juta rupiah. Harga ini juga jauh diatas Honda Absolute Revo velg jari-jari yang hanya 11,6 juta pada 2010. Warna yang tersedia merupakan warna silver dipadukan dengan 3 pilihan warna yaitu hitam, merah dan violet yang seperti Vario CBS Techno dimana warnanya akan terlihat mirip hitam namun menjadi ungu gelap disiang hari yang cerah. Nidji yang menjadi brand ambassador Honda Revo juga menjadi bintang iklan Revo Techno hanya saja bila pada Honda Revo manual mengenakan pakaian anak muda, ketika membintangi iklan Revo AT para personil grup band Nidji tampil necis menggunakan jas untuk menggambarkan bahwa motor ini adalah motor yang eksklusif dan mahal.

Kelebihan Honda Revo Techno AT adalah transmisinya yang otomatis memudahkan untuk penggunaan dengan bodi ala motor bebek yang membuatnya unik dan tampil beda. Dengan bodi yang sedikit berbeda serta permainan aksen warna yang berbeda juga membuatnya tidak mirip dengan motor pekerja macam Absolute Revo. Dengan mesin injeksi, konsumsi bahan bakarnya juga lebih irit dibandingkan motor matic karburator dimasanya.

Kelemahan Honda Revo Techno AT adalah tenaganya yang sangat kurang dimana tarikan awalnya kalah karena transmisi CVT sementara tarikan atasnya terasa ngempos tidak seperti varian manual yang nafasnya panjang. Dengan harga yang mahal sehingga kurang diminati saat barunya membuat motor ini cukup langka dan ketersediaan sparepartnya juga cukup jarang terutama untuk bagian CVT yang berbeda dengan skuter matik Honda lainnya. Kalaupun ada, biasanya harga part CVT Revo AT ini juga mahal. Sebagai perbandingan, 1 set belt dan roller CVT Vario 125 hanya sekitar 150 ribu sementara belt CVT Revo Matic bisa ditawarkan seharga 180 ribu rupiah hanya untuk beltnya saja.

Spesifikasi Honda Revo Techno AT ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Revo Techno AT
Jenis Underbone
Tipe NF11 A/T
Mesin SOHC 2 valve 110cc
Bore X Stroke 50.0 X 55.6 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Otomatik CVT
Wheelbase 1.252 mm
Panjang 1.963 mm
Lebar 712 mm
Tinggi 1.077 mm


Comments

  1. Dulu dianggap sebagai motor gagal , sekarang jd barang kolektor, bersama dengan yamaha lexam yg sama-sama motor bebek bergigi tapi dirubah jd matik. Soal tarikannya, emang lemot banget, khas motor matik, tapi klo dah jalan, lumayanlah, gak terlalu parah. Mengenai konsumsi bensin, ternyata lebih irit dibandingkan matik dengan kapasitas mesin yg sama, sayangnya tangki bensinnya kecil khas bebek, beda sama motor matik yg tangki bensinnya gede.

    Jadinya, walaupun konsumsi bensinnya lebih irit dibandingkan matik pada umumnya, tapi karna tangki kapasitasnya kecil, ujung-ujungnya mesti sesekali ke pom bensin. Bukan karna boros, tapi karna efek tangki yg kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya motor matic macam Vario dan Beat karbu dijamannya tangkinya juga sama-sama 3,7 liter ya? belum lagi rasa-rasanya Vario dan Beat karbu lebih boros bensin dibandingkan Revo AT ini.

      Delete

Post a Comment