Mazda Tribute EP

Mazda Tribute Indonesia

Memasuki milenia baru, mulai muncul kelas mobil baru bernama compact SUV yang sudah didahului oleh beberapa pabrikan Jepang seperti Suzuki Escudo, Honda CR-V serta Toyota RAV4. Tidak mau ketinggalan, Mazda yang saat itu memiliki hubungan yang dekat dengan Ford kemudian juga ikut terjun kedalam pasar SUV kompak dengan menghadirkan Mazda Tribute yang sama seperti mobil Mazda lainnya juga terdapat versi Ford-nya dengan Ford Escape.

Jauh sebelum Mazda Tribute, Mazda sebenarnya sudah pernah punya model SUV kompak dimana di Amerika ada Mazda Navajo yang merupakan produk rebadge dari Ford Explorer 3 pintu sementara di Jepang ada Mazda Proceed Lavante yang merupakan produk rebadge dari Suzuki Escudo. Namun tidak demikian dengan Tribute dimana Mazda Tribute ini merupakan desain asli dari Mazda meskipun mungkin ada campur tangan dari Ford sehingga Mazda Tribute juga dijual oleh Ford sebagai Ford Escape serta Mercury Mariner. Mazda Tribute diluncurkan secara internasional pada tahun 2000 dan baru masuk ke Indonesia pada tahun 2002.

Desain Mazda Tribute yang terkesan gagah namun sporty dengan bentuk agak kotak yang membuatnya sedikit mirip dengan Mazda Navajo. Berbeda dengan Navajo, Mazda Tribute hanya tersedia dalam pilihan bodi 5 pintu. Bagian belakangnya juga terkesan lebih modern dengan bentuk asimetris sedikit membulat. Meskipun tidak memakai ban serep model konde, namun dengan kaca pintu belakang yang bisa dibuka tanpa harus membuka pintu membuatnya terkesan American dan gagah.

Pada awalnya, Mazda Tribute di Indonesia hanya ditawarkan dalam pilihan mesin 2000cc. Mesin yang digunakan adalah Ford Zetec dengan kode MHV dengan konfigurasi 4 silinder segaris DOHC 16 valve dengan VVT berkapasitas 2000. Tenaga yang dapat dihasilkan mesin yang kelak juga dipakai mobil Ford lainnya seperti Focus ini mencapai 130Hp dengan torsi 183Nm. Untuk menggerakkan roda depan, digunakan transmisi manual 5 percepatan atau pilihan transmisi otomatis 4 percepatan.

Selain 4 silinder, juga muncul varian bermesin V6 yang cukup jarang. Mazda Tribute V6 ini menggunakan mesin Ford Duratec V6 dengan konfigurasi 6 silinder V DOHC 24 valve berkapasitas 3000cc. Mesin yang juga dikenal sebagai Ford Mondeo V6 dengan pengembangannya mengambil masukan dari Porsche ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 200Hp dan torsi 265Nm. Untuk menggerakkan keempat roda secara full time, transmisi yang digunakan adalah otomatik 4 percepatan. 

Pada tahun 2007, muncul facelift dari Mazda Tribute dengan nama Mazda New Tribute. Perbedaan paling terlihat ada pada bagian eksterior depan dimana kini memakai lampu depan model baru dengan projector, grill model baru tanpa palang ditengah, bumper baru dengan fog lamp. Dibagian interiornya ada sedikit perbedaan dimana terdapat perbedaan pada konsol AC. Selain itu, pada lingkar kemudi kini terdapat audio steering switch untuk memudahkan pengemudi mengatur audio melalui setir. Tuas transmisinya juga berpindah tempat dimana bila tadinya terletak di kolom setir kini berada ditengah seperti mobil umumnya. 

Bagian yang paling berubah pada facelift ini ada pada mesinnya dimana mesin 2000cc digantikan dengan mesin baru 2300cc. Mesin Mazda MZR dengan konfigurasi 4 silinder segaris DOHC 16 valve VVT berkapasitas 2300cc. Mesin yang juga dipakai Ford Escape ini diklaim dapat menghasilkan tenaga sebesar 157Hp pada 6000Rpm dan torsi sebesar 203Nm pada 4500Rpm. Untuk menyalurkan tenaga ke roda depan maupun keempat roda untuk tipe AWD digunakan transmisi manual 5 percepatan atau otomatik 4 percepatan. 

Fitur yang tersedia pada Mazda Tribute juga sudah cukup lengkap. Untuk semua tipe sudah tersedia roof rail, power steering, power window, central lock, antena didepan pillar A yang otomatis naik ketika menyalakan radio, wiper belakang, ABS, EBD, Airbag, sampai mode 4WD yang diatur melalui tombol pada konsol tengah. Khusus untuk varian facelift, sudah dilengkapi dengan tambahan berupa jok kulit dan velg diganti dari 16 inch menjadi 18 inch. Selain varian 2300cc, Mazda Tribute ini juga hadir dalam pilihan mesin V6 yang masih sama seperti model pre facelift. Fitur-fiturnya juga masih mirip dengan versi pre facelift dimana tipe V6 ini diberikan tambahan berupa moonroof.

Kelebihan Mazda Tribute ada pada kualitas pengendaraannya yang baik ala Mazda. Kabinnya kedap, bantingan suspensi nyaman serta tenaga yang tidak kurang. Mobil SUV yang enak untuk dipakai keluar kota dimana konsumsi bensinnya juga cukup biasa saja untuk kelas SUV dengan 1:8 untuk luar kota. Populasi Mazda Tribute sendiri kalah banyak dibandingkan dengan Ford Escape meskipun pada dasarnya keduanya adalah mobil yang sama. Menurut penggunanya, part mobil ini cukup mudah didapat meskipun harus sabar menunggu serta harganya yang kurang lebih 2 kali lipatnya part Kijang Innova bensin.

 Spesifikasi Mazda Tribute EP ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mazda Tribute EP
Jenis Jip
Tipe EP
Mesin Ford Zetec DOHC 16v VVT 2000cc
Mazda MZR DOHC 16v VVT 2300cc
Ford Duratec V6 3000cc
Bore X Stroke 84.8 X 88.0 mm (2000cc)
87.5 X 94.0 mm (2300cc)
89.0 X 79.5 mm (3000cc)
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatik 4 Speed
Wheelbase 2.619 mm
Panjang 4.393 mm
Lebar 1.796 mm
Tinggi 1.760 mm


Comments

  1. Tambahan juga, yg membedakan mazda tribute dgn kembarannya, yaitu ford escape, memiliki fitur AWD (4x4) di segala tipe mesin yg dipasang, baik bermesin 2300cc 4 silinder / 3000cc 6 silinder. Dan yg paling langka, variant 2300cc manual AWD, di indo sangat jarang tipe ini, karna mayoritas, fitur AWD di 2300cc adl matik, dan yg 3000cc, ada yg awd dgn transmini manual/ matik

    Sementara di ford escape, fitur AWD cuman ada di tipe tertinggi, dan itu dipastikan AWD 3000cc matik. Sedangkan yg 2300cc, cman ada FWD

    ReplyDelete

Post a Comment