Ford Laser Lynx KL

Ford Laser Lynx pertama

Pertengahan dasawarsa 90an, persaingan mobil sedan di Indonesia cukup ramai. Tidak ketinggalan, Ford juga turut serta dalam persaingan dengan Ford Laser generasi baru yang disebut Ford Laser Lynx. Biasa juga disebut sebagai Ford Laser Lynx generasi 1 karena penamaan penerus dari Ford Laser Lynx yang hanya sebagai Ford Lynx saja. Nama Lynx sendiri diambil dari nama spesies kucing liar bernama Lynx.

Masih dengan basis yang sama dengan Mazda Familia generasi kedelapan, Ford Laser Lynx menjadi besar hampir seukuran Mazda Cronos yang juga menjadi kembaran dari Ford Telstar seangkatannya. Di Indonesia hanya ada varian sedan 4 pintu saja yang dipasarkan sama seperti Mazda Familia meninggalkan model bodi hatchback seperti Ford Laser Champ. Secara garis besar, bodi yang diusung juga memiliki desain yang lebih mirip dengan Mazda Familia tidak seperti generasi sebelumnya yang terlihat berbeda pada pillar atap dan bagian belakangnya selain bagian depannya tentunya.

Pertama kali keluar pada tahun 1995, modelnya bisa dikenali dengan ciri-ciri berupa grill depan yang kecil dengan logo Ford ditengahnya. Pada bagian bumper depannya lubang hawa ditengah berbentuk hampir kotak dengan lebar seperti grill depan. Untuk bagian belakangnya bisa dikenali dari lampu sein yang berwarna oranye. Sekitar tahun 1997 terjadi facelift untuk Ford Laser Lynx dengan bagian grill depan setengah elips dan terdapat palang vertikal dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan sebelumnya. Bagian lubang hawa pada bumper juga memanjang dengan palang horisontal sebanyak 2 buah. Dibagian belakang, lampu seinnya berubah menjadi warna putih. 

Di Indonesia Ford Laser Lynx dijual dalam 2 tipe yaitu tipe standar dengan mesin 1600cc dan Ghia dengan mesin 1800cc. Ghia sendiri adalah sebuah karoseri di Italia yang diakuisisi Ford dan namanya digunakan untuk varian yang lebih baik mobil-mobil Ford. Emblem Ghia pada Laser Lynx ada pada lampu belakang sebelah kiri disebelah emblem Laser. Untuk pembeda lainnya ada pada foglamp dimana pada tipe Ghia terdapat foglamp depan. Fiturnya sendiri standar dengan AC, power window, power steering, electric mirror, jok kain, spion day night view dan rem belakang cakram. Untuk keselamatan, sudah ada single airbag untuk pengemudi sementara bagian penumpang terdapat laci dibagian atas glovebox.

Seperti yang disinggung diatas, Ford Laser Lynx dijual dalam 2 pilihan mesin. Pilihan pertama adalah mesin Mazda B6 dengan konfigurasi 4 silinder DOHC 16 valve berkapasitas 1600cc. Pilihan kedua menggunakan mesin Mazda BP5 dengan konfigurasi 4 silinder DOHC 16 valve berkapasitas 1800cc. Kedua mesin ini sudah menggunakan sistem bahan bakar injeksi. Untuk menggerakkan roda depannya digunakan transmisi manual 5 percepatan serta terdapat pilihan transmisi otomatik 4 percepatan.

Kelebihan Ford Laser Lynx adalah tenaga mesin pada putaran bawah yang sangat terasa bahkan untuk versi 1600cc meski sayangnya putaran atasnya loyo. Ini mungkin karena rasio gigi yang digunakan. Konsumsi bensinnya juga cukup irit meski bisa dibilang biasa saja untuk sekelasnya dengan sekitar 1:10 untuk rute kombinasi. Sparepart terutama bagian mesin cukup murah dan bisa disubstitusi dengan onderdil Mazda, Kia dan Timor. Untuk pengalaman berkendaranya cukup mirip dengan Mazda dimana sangat menyenangkan meskipun secara kualitas kenyamanan akan berada dibawah merk Eropa.

Kelemahan Ford Laser Lynx adalah ISC (idle speed control) yang mengakibatkan rpm mengayun. Memang tidak selalu salah ISC karena bisa saja airflow sensor namun karena cukup banyaknya unit yang ISCnya bermasalah akhirnya part inilah yang sering dikambing hitamkan. Berbeda dengan part mesin, part bodi untuk Ford Laser Lynx lebih jarang ditemui dibandingkan dengan Mazda 323 Familia maupun Lantis.

Spesifikasi Ford Laser Lynx KL ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Ford Laser Lynx KL
Jenis Sedan
Tipe KL
Mesin B6 DOHC 1600cc
BP5 DOHC 1800c
 
Bore X Stroke 78.0 X 83.6 mm (B6)
83.0 X 85.0 mm (BP)
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatik 4 Speed
Wheelbase 2.605 mm
Panjang 4.335 mm
Lebar 1.710 mm
Tinggi 1.440 mm


Comments