Mitsubishi Maven

Mitsubishi Maven

Setelah kesuksesan kembar Xenia dengan Avanza, beberapa pabrikan mobil di Indonesia juga ikut meramaikan pasar dengan strategi serupa. Kubu Suzuki yang sebelumnya menguasai pasar kendaraan minibus dengan Carry kemudian membuat APV untuk menyaingi minibus keluaran grup Astra tersebut. Tidak lupa, Mitsubishi juga ikut serta dengan menghadirkan Mitsubishi Maven yang merupakan kembarannya. Nama Maven sendiri memiliki makna berupa ahli atau pintar dalam bahasa Indonesia.

Desain keseluruhan Mitsubishi Maven sama persis dengan Suzuki APV generasi pertama dengan beberapa pengecualian yang dijelaskan dibawah. Bentuk keseluruhannya tinggi dengan moncong semi bonnet yang pendek. Mesinnya diletakkan dibawah jok pengemudi sementara dibalik kap mesin terdapat beberapa akses untuk perawatan seperti radiator, air wiper dan sebagainya. Pilihan bodinya hanya ada 1 dengan minibus 7 penumpang dimana pintu belakangnya memakai model hatchback dan pintu samping belakang masih model biasa.

Pada dasarnya, Mitsubishi Maven mengulangi apa yang terjadi pada Mitsubishi Colt T120ss dengan Suzuki Carry Futura. Mengambil mobil Suzuki untuk dipasangi mesin Mitsubishi lalu diberi beberapa kosmetik untuk membedakannya dengan mobil Suzuki. Perbedaan Mitsubishi Maven dengan Suzuki APV antara lain bentuk grill depan, sistem audio, logo dan mesin. Bahkan produksinya yang berlangsung antara 2005 sampai 2009 dilakukan oleh Suzuki kecuali bagian mesinnya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, mesin yang digunakan Mitsubishi Maven ini berbeda dengan Suzuki APV dimana Maven menggunakan mesin Mitsubishi 4G15 yang juga digunakan oleh Mitsubishi Colt T120ss. Mesin bensin dengan konfigurasi 4 silinder segaris 12 valve SOHC berkapasitas 1500cc injeksi yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 87Hp pada 5500Rpm dan torsi 121Nm pada 3500Rpm. Mitsubishi juga melakukan sedikit tweak pada ECU sehingga putaran menengah Mitsubishi Maven tidak segalak Colt T120ss dengan kompensasi bensin yang lebih irit. Untuk menggerakkan roda belakangnya, digunakan transmisi manual 5 percepatan yang lagi-lagi sama seperti milik Colt T120ss.

Di Indonesia, Mitsubishi Maven dijual dalam 2 tipe varian yaitu GLX dan GLS. Tipe GLX yang menjadi tipe termurah tidak mendapatkan fog lamp, AC double blower, keyless entry, velg alloy 15 inch, spion elektrik, sampai jok belakang yang bisa dilipat 60:40. Kelengkapan standarnya tersedia power steering, power window, radio/tape single din. Bagian kaki-kakinya juga masih mengikuti APV generasi pertama dengan per daun dibagian belakangnya. 

Mengemudikan Mitsubishi Maven terasa cukup nyaman, memang kenyamanannya standar minibus apalagi suspensi belakangnya masih seperti mobil barang. Namun begitu, kelegaan kabinnya tidak bisa diragukan meskipun panjang mobilnya mirip-mirip city car atau LCGC. Posisi duduknya juga terasa sangat tinggi namun tidak terlalu ketengah seperti Daihatsu Gran Max yang memudahkan visibilitas meskipun agak was-was ketika memasuki parkiran bawah tanah karena beberapa parkiran memiliki ketinggian nyaris mirip dengan tinggi Mitsubishi Maven yang mendekati 1,8 meter.

Kelebihan Mitsubishi Maven adalah posisi mengemudi yang tinggi sehingga pandangannya luas dengan kelegaan kabin yang sangat besar untuk mobil seukurannya. Mesin 4G15 milik Colt T120ss yang terpasang juga responsif dibandingkan mesin G15 yang terpasang pada Suzuki APV. Ya, pada dasarnya ini adalah APV meski memakai jantung Mitsubishi dan harga pasaran bekasnya lebih murah. Kelemahan Mitsubishi Maven adalah terasa limbung untuk bermanuver dikecepatan tinggi maupun mendadak karena tingginya. Meski mesin Colt T120ss terkenal bertenaga dikelasnya, namun mesin ini bukanlah mesin yang terkenal irit bensin meskipun bukan mesin yang rewel. Meskipun perawatannya lebih mudah karena beberapa penggantian cairan bisa dilakukan pada kap depan, namun mesin dibawah jok depan tetap saja akan merepotkan untuk pemeliharaan ditambah panas mesin yang mudah masuk kedalam kabin.

 Spesifikasi Mitsubishi Maven ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mitsubishi Maven
Jenis Minibus
Tipe GC415
Mesin 4G15 SOHC 12 valve 1500cc
Bore X Stroke 75.5 X 82.0 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.625 mm
Panjang 4.115 mm
Lebar 1.655 mm
Tinggi 1.860 mm


Comments