Suzuki Skywave 125 UW125SC

Suzuki Skywave Night Rider

Pada pertengahan 2000, skuter matic mulai bergeser dari yang tadinya identik sebagai motornya wanita menjadi motor yang unisex karena banyaknya pria yang juga menggunakan skuter matic. Suzuki kemudian memasarkan skuter matic untuk keperluan itu dengan Suzuki Skywave. Nama Skywave sendiri awalnya digunakan sebagai nama Suzuki Burgman di Jepang dengan kode UH dan AN series. Namun tentunya Skywave versi Jepang meski sama-sama bermesin 125cc tentunya berbeda dengan Skywave yang dipasarkan di Indonesia yang memiliki kode UW125SC. Di Thailand misalnya, Suzuki Skywave dikenal dengan nama Suzuki Hayate 125.

Berbeda dengan Suzuki Skywave di Jepang yang menganut model maxi scooter, Suzuki Skywave di Indonesia menganut model gabungan underbone dengan skuter. Karenanya di Thailand sana Skywave bersaing dengan Honda Airblade dan Yamaha Nouvo yang memiliki bentuk sejenis bukan skuter matic dengan dek rata seperti di Indonesia. Meski begitu, beberapa elemen desain Suzuki Burgman dan Skywave ikut disertakan pada Suzuki Skywave versi Indonesia ini seperti misalnya lampu depan ganda.

Mesin yang digunakan Skywave 125 adalah mesin 1 silinder pendingin udara SOHC 2 valve berkapasitas murni 124cc. Mesin dengan pemasok bahan bakar karburator dan pengapian CDI ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 9,6Hp pada 8000Rpm dan torsi 9,6Nm pada 6000Rpm. Untuk menyalurkan tenaga mesinnya, digunakan transmisi otomatik CVT seperti pada umumnya skuter matic modern di Indonesia.

Sebagai motor skuter yang praktis, Suzuki membekali Skywave dengan berbagai fitur yang menarik. Lampu depannya menggunakan model ganda dengan bohlam halogen sementara bagian belakangnya sudah LED. Shockbreaker belakangnya sendiri memakai model ganda seperti motor bebek dan velg menggunakan ukuran 16 inch. Kunci kontaknya sudah menggunakan magnet serta pembuka joknya berada di rumah kunci kontak. Untuk keamanan sudah dilengkapi dengan kill switch pada standar samping, rem depan cakram meski rem belakangnya teromol. Kapasitas bagasinya juga tergolong besar untuk skuter matic dikelasnya saat itu dengan 17,7 liter yang membuatnya bisa menaruh helm half face didalam bagasi.

Night Rider

Pada tahun 2007, Terdapat tambahan varian Skywave Night Rider. Ciri khas varian Night Rider sendiri ada pada bodinya yang berwarna hitam, velg abu-abu gelap, per shockbreaker berwarna merah serta lingkar dalam piringan rem yang juga berwarna merah. Selain itu, ketika membeli motor Night Rider, konsumen juga mendapatkan helm dan jaket khusus berwarna hitam dengan tulisan Night Rider. Selain Skywave, Suzuki juga memberikan varian Night Rider untuk Shogun 125, Smash, dan Spin 125.

Pada tahun 2008, motor-motor Suzuki edisi Night Rider kembali dilanjutkan dengan nama Night Rider II. Perbedaannya dengan Night Rider pertama, motor-motor Night Rider II ini adalah penggunaan warna yang menjadi sedikit keungu-merahan tidak sekedar hitam gelap dengan nama Midnight Orange. Selain itu, ada juga warna yang lebih gelap dengan nama Blue Shine Black. Untuk varian Midnight Orange velg dan piringan dalam rem depan berwarna emas. Edisi Night Rider masih dilanjutkan pada tahun 2010 dengan Night Rider III dimana untuk pilihan warnanya hanya ada Black Metallic dengan perbedaan dibandingkan Night Rider generasi pertama adalah aksen silver dibeberapa tempat seperti behel, serta velg warna abu-abu gelap.

Kelebihan Suzuki Skywave adalah tenaga mesinnya yang besar dikelasnya pada jamannya, wajar saja karena memakai mesin 125cc. Dengan bentuk yang sedikit mencirikan motor bebek, Suzuki Skywave terasa lebih enak dikendarai dibandingkan skuter matik dengan dek rata berhubung lingkar rodanya yang 16 inch, shockbreaker ganda serta busa jok yang lebih tebal. Fiturnya juga cukup lengkap untuk skuter se angkatannya dengan bagasi yang luas. Kini harganya juga sudah murah berhubung stigma merk Suzuki.

Kelemahan Suzuki Skywave adalah tarikannya yang terasa lemot sementara menuju putaran atas tenaganya baru terasa. Ukuran ban 16 inch meski memberikan kenyamanan yang lebih namun cukup sulit untuk mencari penggantinya karena kebanyakan toko ban hanya menyetok ban ukuran 14 inch serta 17 inch. Mesin 125cc karburator dengan berat yang lebih dibandingkan Spin membuat Skywave terkenal boros bensin meski jarak tempuhnya mirip-mirip dengan skuter matik lain yang masih memakai karburator.

 Spesifikasi Suzuki Skywave 125 UW125SC ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Suzuki Skywave 125 UW125SC
Jenis Skuter
Tipe UW125SC
Mesin 1 cyl SOHC 124cc
Bore X Stroke 53.5 X 55.2 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Otomatis CVT
Wheelbase 1.285 mm
Panjang 1.935 mm
Lebar 670 mm
Tinggi 1.070 mm


Comments

  1. Halo kami dari Mitsubishi Surabaya. Jika anda sedang mencari sales mobil mitsubishi hubungi kami ya

    ReplyDelete

Post a Comment