Ford "Jailbar" Pickup 1942, 1946, 1947

1946 Jailbar Ford pickup truck

Sebelum muncul Ford F series yang kini menjadi mobil pickup paling laris di Amerika, mobil-mobil Ford pada dasarnya adalah sama cuma beda bentuk saja. Tidak terkecuali Ford yang diperkenalkan sejak 1941 menggantikan Ford Model 50. Mobil ini populer disebut sebagai jailbar truck oleh orang Amerika karena bentuk grill depannya menyerupai jeruji besi penjara. Dibeberapa tempat di Indonesia, Ford model ini juga terkenal dengan sebutan Ford Salib karena bentuk chrome diatas grill hampir menyerupai salib.

Pada awalnya untuk model tahun 1941 mobil pickup Ford masih menggunakan desain seperti Ford Model 50 tahun 1940. Grill depan yang bisa menjadi ciri khasnya memiliki bentuk hiasan chrome seperti salib dengan bagian bawah palang horisontalnya terdapat gill vertikal. Bagian moncongnya juga mengikuti kontur dari kap mesin sehingga terkesan lebih menonjol. Untuk lampu depannya sendiri memakai lampu bulat hanya saja rumah lampunya berbentuk oval.

Pada tahun 1942, Ford akhirnya memperbarui tampilan mobil pickup kecilnya dengan ciri khas grill depan rata dan dilengkapi dengan garis vertikal dari chrome.lampu seinnya berpindah ke samping lampu depan utama dimana rumah lampunya berubah menjadi bulat sempurnya mengelilingi lampu depan. Namun karena perang seperti serangan Jepang ke Pearl Harbour membuat pemerintah Amerika untuk meminta seluruh perusahaan termasuk Ford untuk berhenti membuat mobil sipil dan membantu untuk keperluan perang. Hasilnya tidak sampai 4 bulan Ford model tahun 1942 diproduksi.

Pada tahun 1946 setelah Jepang menyerah kepada pasukan sekutu, produksi mobil untuk keperluan sipil kembali dilanjutkan di Amerika. Tidak ketinggalan, Ford motor company juga memulai kembali produksi mobil mereka. Namun karena sumberdaya yang ada dikerahkan semua untuk perang, akhirnya mobil yang bisa diproduksi adalah mobil yang sama dengan mobil yang diproduksi sebelum perang. Tidak seperti mobil sedannya, pickup Ford ini tidak menerima ubahan berarti sampai akhir masa produksinya pada tahun 1948 dan digantikan oleh Ford F series.

Bagian mesin dari Ford jailbar ini termasuk spesial dijamannya. Sejak 1935 Ford hanya membekali mobilnya dengan mesin V8 seperti misalnya mesin Flathead V8 dengan side valve berkapasitas 3600cc. Namun karena permintaan dealer Ford di Amerika jaman itu membuat Ford juga memperkenalkan mesin L-6 6 silinder dengan side valve segaris berkapasitas 3900cc sebagai pilihan yang lebih ekonomis. Mesin 6 silinder ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 90Hp. Untuk menyalurkan tenaga ke roda belakang digunakan transmisi manual 3 percepatan tanpa sinkromesh.

Pada saat mobil ini diperkenalkan, Ford sedang mengalami krisis keuangan dan juga termasuk demo buruh. Tidak banyak yang bisa ditawarkan Ford kepada konsumennya sehingga Ford pickup ini hanya tersedia dalam pilihan sasis 144 inch dengan bak kuping sebagai standarnya. Dengan kapasitas muat 1/2 ton dan tidak tersedia varian tanggung seperti 3/4 ton atau 1 ton. Varian medium duty dan heavy duty truck masih tersedia dengan panjang sasis yang lebih panjang dan kabin yang lebih besar meski bentuknya mirip.

Meski begitu, Ford membekali mobil ini dengan fitur canggih pada jamannya. Misalnya saja kunci kontak mobil ini harus dalam posisi mengunci setir sebelum bisa dicabut dari rumah kuncinya. Untuk menyalakan mesin, terdapat juga tombol macam tombol start stop engine. Meski begitu, Ford tetap membekali mobil ini dengan starter engkol tangan dengan fitur keselamatan bayonet coupling untuk memutus sambungan engkol ketika mesin sudah hidup.

Spesifikasi Ford "Jailbar" Pickup ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Ford "Jailbar" Pickup
Jenis Pickup
Tipe -
Mesin Flathead V8 3600cc
L-6 i6 3900cc
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 3 Speed
Wheelbase 2.896 mm
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A


Comments