Isuzu Pickups TFS dan TFR

Isuzu TF Pickups

Pada tahun 1988, generasi ketiga dari Chevrolet LUV sudah muncul di Jepang dengan nama Isuzu Faster yang memiliki kode sasis TF. Namun di Indonesia sendiri LUV generasi kedua masih tetap dijual sampai sekitar 1994 ketika Chevrolet sudah tidak lagi menjual mobil pickup di Indonesia. Isuzu Indonesia sendiri saat itu lebih fokus menjual Isuzu Panther yang sedikit lebih kecil daripada Isuzu TF. Namun ketika impor mobil diperbolehkan di Indonesia, Pantja Motor selaku ATPM Isuzu kemudian mulai memasukkan penerus dari LUV dengan nama Isuzu Pickups sejak 1999 secara special order.

Mobil ini punya banyak nama yang populer dipenjuru dunia. Di Thailand dan Jepang, mobil ini lebih dikenal dengan nama Isuzu Faster untuk versi 2WD sementara versi 4WD diberi nama Isuzu Rodeo. Di Inggris, mobil ini dikenal dengan nama Isuzu TF selain juga Bedford Brava dan Vauxhall Brava. Di Eropa daratan dan beberapa negara timur tengah, mobil ini dikenal dengan nama Opel Campo. Di Australia tidak ada versi Isuzu namun tersedia Holden Rodeo. Di Israel mobil ini diberi nama Isuzu Ippon sementara di Afrika Selatan lebih dikenal dengan nama Isuzu KB. Di Filipina, mobil ini dikenal dengan nama Isuzu Fuego. Chevrolet sendiri juga ikut menjual mobil ini di Mesir dengan nama T-series sementara GMC yang secara tradisional menjual pickup Chevrolet hanya menawarkan mobil ini di Mexico dengan nama GMC Dragon dan Invader. Menariknya, di Thailand Honda juga ikut menjual mobil ini meramaikan pasar pikap double cabin yang gemuk dengan Honda Tourmaster. Di Indonesia tercinta dan Amerika, mobil ini lebih dikenal dengan nama Isuzu Pickup.

Isuzu sendiri membuat kode Isuzu Pickups ini dibagi dalam beberapa tipe. Berdasarkan tipe gerak rodanya, TFS merupakan kode untuk mobil dengan sistem gerak 4WD sementara TFR sendiri merupakan kode untuk mobil dengan sistem gerak 2WD roda belakang. Di Indonesia, sepertinya hanya ada varian 4WD saja meski tidak menutup kemungkinan ada special order untuk tipe 2WD. Berdasarkan bentuk bodinya sendiri, ada single cab yang berupa pickup single cabin dengan bak terpisah seperti Panther pickup, space cab yang berupa pickup single cabin namun dengan tambahan ruang belakang, serta double cabin dengan 4 pintu dan bak terpisah.

Dilihat dari desainnya, Isuzu TF Pickups ini memakai model sedikit membulat khas jip dan pickup era 90an. Sepintas desainnya mirip dengan Panther kapsul hanya saja terlihat lebih banyak guratan karakter bodinya. Jendela belakangnya juga lebih besar dibandingkan Panther serta posisi lampu belakangnya berada disamping bak bukannya dibawah bak. Dibagian interiornya sendiri, dashboard yang digunakan juga mirip dengan yang digunakan Isuzu Panther kapsul.

Untuk mesinnya sendiri terdapat 2 pilihan mesin. Mesin paling kecil adalah mesin 4JA1 yang sama dengan Isuzu Panther. Mesin dengan konfigurasi diesel direct injection 4 silinder OHV berkapasitas 2300cc, Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 78Hp pada 4100Rpm dan torsi 167Nm pada 2300Rpm. Selain itu juga tersedia pilihan mesin 4JB1-T dengan konfigurasi turbodiesel direct injection 4 silinder OHV berkapasitas 2800cc. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 100Hp pada 3800Rpm dan torsi 225Nm pada 1500Rpm. Untuk menggerakkan keempat rodanya, digunakan transmisi manual 5 percepatan yang disambung dengan transfercase 2 percepatan.

Target penjualan Isuzu TFS ini adalah perkebunan dan pertambangan di Indonesia. Karenanya ketika bicara fitur, tidak penting gimmick yang ada pada mobil penumpang. Isuzu TF dibekali dengan sasis tangga yang dilengkapi dengan kaki-kaki depan model double wishbone independen sementara bagian belakangnya per daun dengan gardan solid axle. Transfercase-nya 2 percepatan untuk gigi high dan low dengan perbandingan gigi masing-masing 1.000 dan 1.870 untuk versi mesin 4JA1 dan 2.051 untuk mesin 4JB1. Sistem kemudinya masih menggunakan recirculating ball dan dilengkapi dengan power steering. Untuk keselamatan, rem depannya manggunakan cakram sementara bagian belakang menggunakan teromol.

Isuzu pickup crew cab

Dijual secara special order membuat populasi Isuzu Pickups ini tergolong jarang bahkan di area pertambangan dan perkebunan yang harusnya menjadi fokus penjualan mobil ini. Meskipun ada persamaan onderdilnya dengan Isuzu Panther, namun ada banyak juga onderdil yang berbeda dan langka sehingga harus menunggu pengiriman dari Thailand yang populasinya jauh lebih banyak. Pada akhirnya sekitar tahun 2003 penjualannya di Indonesia dihentikan dan digantikan oleh Isuzu D-Max.

 Spesifikasi Isuzu Pickups TFS dan TFR ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Isuzu Pickups TFS dan TFR
Jenis Pickup
Tipe TFS
Mesin 4JA1 OHV 2499cc
4JB1-T Turbodiesel OHV 2771cc
Bore X Stroke 93.0 X 92.0 mm (4JA1)
93.0 X 102.0 mm (4JB1)
Sistem Bahan Bakar Diesel direct injection
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 3.025 mm
Panjang 4.980 mm
Lebar 1.690 mm
Tinggi 1.695 mm (single cab)
1.705 mm (space cab)
1.710 mm (double cab)


Comments

  1. Pernah nemuin mobil ini beberapa kali, baik di jalan/ dijual di market place. Mesin yg ada di seri ini, ada 3 sebenarnya, 4JA1T (*sama seperti panther), 4JB1T (*sama seperti ELF), 4JJ1 non commonrail (*sama seperti dmax). Kebanyakan yg beredar yg bermesin 4JB1T & 4JJ1

    ReplyDelete

Post a Comment