Yamaha RX Special

Yamaha RX Special

Pada dasarnya, Yamaha RX Special merupakan penerus dari Yamaha RX-S. Yamaha RX-Special pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1983 dan dijual hingga 1998. Karenanya bila dilihat dari STNK dan BPKB, motor ini juga memiliki kode tipe RXS. Untuk brand positioning-nya, Yamaha menempatkan RX-Special dibawah Yamaha RX-King yang memiliki mesin lebih besar serta harga yang lebih mahal namun diatas Yamaha L2 Super yang lebih murah.

Perbedaan mencolok dari RX-S dengan RX Special ada pada lampu depannya dimana Yamaha RX-S memakai lampu depan bulat sementara Yamaha RX-Special memakai lampu depan kotak. Selain itu bentuk tangkinya sedikit lebih kotak dengan detil yang masih tetap membulat yang juga berlaku pada tutup tangkinya yang berkapasitas 9,5 liter sementara tangki oli samping berkapasitas 1,3 liter. Dibagian belakang, perbedaan yang paling mencolok ada pada body belakang dimana Yamaha RX-Special dilengkapi dengan body belakang diatas spakbor selain juga bentuk lampu belakang yang lebih kotak.

Sebagai motor yang terlahir pada era 80an, fitur yang ditawarkan cukup standar pada jamannya. Yamaha RX-Spesial dilengkapi dengan speedometer yang memiliki bentuk kotak lengkap dengan speedometer, odometer, indikator sein, lampu jauh lampu penanda oli, trip meter serta tachometer. Dibagian tutup aki terdapat indikator oli samping. Starternya sendiri masih berupa engkol saja. Bentuk sirip udara pada blok mesinnya dibuat menangkap angin yang diberi label "Yamaha Energy Induction System" atau YEIS dan mengarahkan tangkapan udara ini ke pipa penghubung karburator ke ruang bakar. Untuk keselamatan, bagian rem depannya sudah memakai rem cakram solid yang kemudian sekitar tahun 1990 diberi tambahan dengan lubang ventilasi sementara bagian belakang teromol dengan velg jari-jari berukuran 18 inch. Shockbreaker depannya memakai model teleskopik sementara belakang menggunakan model swing arm dengan shockbreaker ganda.

Mesin yang dipasangkan pada Yamaha RX-Special ini masih mirip dengan Yamaha RX-S serta Yamaha YT. Mesin ini memiliki konfigurasi 1 silinder 2 tak pendingin udara berkapasitas 115cc. Mesin dengan karburator Mikuni VM 22 sistem pengapian CDI ini sanggup menghasilkan tenaga hingga 15,2Hp pada 8500Rpm dengan torsi maksimal 13,2Nm pada 8000Rrpm. Sebagai motor 2 tak Yamaha, RX-Special ini dilengkapi dengan sistem oli yang diberi nama Autolube. Untuk menyalurkan tenaganya, digunakan transmisi manual 5 percepatan.

Pada tahun 1988, Yamaha memperkenalkan tipe baru dari berbasis Yamaha RX Special dengan Yamaha RX-R. Perbedaan utama RX-R dengan RX-Special hanya ada pada pilihan desain stripping yang lebih atraktif, emblem RX-R dan warna jok dimana two tone hitam dan merah sementara RX Special hanya sewarna dengan warna hitam. Namun sayangnya karena kurang bisa diterima pasar membuat populasinya sangat jarang selain juga sering salah dianggap sebagai RX Spesial.

Dahulu kelebihan Yamaha RX-Special adalah harganya yang lebih murah dibandingkan Yamaha RX-King meski kapasitas mesinnya 20cc lebih kecil yang membuatnya cukup populer. Namun karena pandangan masyarakat terhadap Yamaha RX-King yang akselerasinya lebih baik meski lebih boros bensin membuat jarang orang bisa membedakan mana RX-King mana RX-Special. Meski begitu, hal ini juga turut serta membuat harga sebuah RX-Special naik mengikuti RX-King yang membuatnya lebih cocok dijadikan koleksi atau hobi dibandingkan motor harian.

 Spesifikasi Yamaha RX Special ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Yamaha RX Special
Jenis Sepeda Motor
Tipe RXS
Mesin 2 tak 1 silinder 115cc
Bore X Stroke 54.0 X 50.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 1.240 mm
Panjang 1.950 mm
Lebar 745 mm
Tinggi 1.035 mm


Comments

Post a Comment