Geely Panda LC

Geely Panda

Pada dekade 2000an, mobil asal Tiongkok selalu distereotipkan sebagai mobil palsu murahan dengan bentuk menyerupai mobil dari merk lain yang sudah mapan. Namun memasuki tahun 2011, perusahaan otomotif asal Tiongkok sudah mulai berbenah berusaha meninggalkan stigma buruknya dengan menawarkan produk-produk originalnya sendiri termasuk salah satunya Geely yang membuat Geely Panda. Dibeberapa negara, mobil ini dikenal juga sebagai Geely LC karena nama Panda sendiri sudah dipakai Fiat untuk Fiat Panda sejak 1980. 

Secara desain, Geely Panda terlihat seperti Panda betulan dengan bentuk muka depan yang imut. Lampu depan membulat yang klusternya mirip tapak tangan panda dengan grill yang terletak di bumper yang semakin mengesankan imut dari hewan yang jadi simbol WWF ini. Tidak selesai disitu, dibagian belakangnya, lampu belakangnya disusun dalam satu cluster yang membuatnya terlihat seperti paw atau telapak tangan panda yang lagi-lagi menimbulkan kesan imut. Pintu belakangnya memakai model kaca seperti pada Honda Brio generasi pertama, Honda Civic Wonder SB3 sampai Volvo C30. Dari samping, baru terlihat Geely Panda ini terlihat mirip dengan Peugeot 107 atau Toyota Aygo. Meski begitu, desain keseluruhan dari Geely Panda ini setidaknya terlihat original tidak mencontek persis desain pabrikan lain yang biasa dilakukan pabrikan mobil asal Tiongkok pada jaman itu.

Mesin yang digunakan Geely Panda ini adalah MR479Q yang mana bila ditelisik lebih lanjut rancangan mesinnya terlihat mirip dengan mesin Toyota 8A-FE. Mesin 8A ini merupakan mesin Toyota untuk pasar Tiongkok dimana mesin ini dipertama dipasang dan diproduksi oleh FAW pada tahun 1990 sampai 2006. Mesin MR479Q ini memiliki konfigurasi 4 silinder segaris DOHC 16 valve berkapasitas 1342cc dengan pemasok bahan bakar injeksi. Tenaga yang dihasilkan mencapai 85Hp pada 6000Rpm dan torsi 110Nm pada 5200Rpm. Untuk menyalurkan tenaga ke dua roda depan, digunakan transmisi manual 5 percepatan.

Di Indonesia, Geely Panda dijual secara CBU pada tahun 2011 dan direncanakan untuk CKD seperti Geely MK bila permintaannya banyak. Namun sayangnya, Panda tidak juga diproduksi di dalam negeri meski sudah ditawarkan dalam 2 tipe yaitu GS dan tipe tertinggi dengan selisih harga baru mencapai 10 juta rupiah bernama GL. Pada tipe GS sudah dilengkapi dengan ABS dan EBD sebagai fitur standarnya. Selain itu ada tambahan berupa spion elektrik, power steering, sampai DVD player. Untuk tipe GL sama seperti tipe GS hanya saja terdapat tambahan side impact bar, power window serta jok kulit untuk opsionalnya.

Sebagai mobil perkotaan, akan sangat wajar bila bangku baris keduanya terasa sempit seperti pada Geely Panda ini. Hanya saja bangkunya juga terasa tegak dan lebih tipis mengingat harga barunya dulu yang sangat murah. Kelemahan Geely Panda lainnya ada pada mesinnya yang terasa biasa saja pun begitu dengan rasa berkendaranya yang bland berhubung pedal-pedal dan setir yang terasa sangat ringan tidak terkoneksi dengna jalan. Kualitas perakitannya sendiri meski lebih baik, bukan berarti sebanding dengan mobil-mobil merk Jepang dan Eropa. Konsumsi bensinnya juga biasa tidak irit namun juga tidak boros-boros amat tergantung kaki dengan 1:10 untuk rute kombinasi.

Dalam segi kelebihannya, Geely Panda ini punya beberapa poin. Yang pertama ada pada fiturnya yang mana pada masa munculnya Geely Panda, masih banyak city car yang fiturnya serba kosongan ibarat angkot apalagi fitur keselamatan. Geely Panda ini mobil yang cukup bagus dari segi keselamatan. Terbukti ia menjadi mobil Tiongkok pertama dengan rancang bangun original yang bisa tembus CNCAP bintang 5. Untuk sparepartnya sendiri utamanya pada bagian mesin, mirip-mirip dengan Toyota A series seperti pada Corolla dan Soluna yang membuatnya mudah dicari. Namun begitu, berbalik untuk part interior maupun bodinya.

Spesifikasi Geely Panda ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Geely Panda
Jenis Hatchback
Tipe LC
Mesin MR479Q DOHC 1300cc
Bore X Stroke 78.7 X 69.0 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.340 mm
Panjang 3.598 mm
Lebar 1.630 mm
Tinggi 1.465 mm


Comments

  1. pas nih kebetulan lagi liat2 mobil geely ini, keren2 ternyata modelnya apalagi yg tipe LC cross

    ReplyDelete

Post a Comment