Mazda MPV LW

Mazda MPV

Kesuksesan mobil MPV yang dipopulerkan oleh Dodge Caravan dan Plymouth Voyager di Amerika serta Renault Espace di Eropa membuat banyak pabrikan otomotif ikut serta dalam memasarkan produk MPV mereka. Tidak lupa Mazda yang juga ikut serta bermain pada kelas ini dengan menghadirkan MPV pada tahun 1989. Pada tahun 1999, Mazda kemudian memperkenalkan generasi kedua dari MPV dengan kode sasis LW.

Tidak seperti generasi sebelumnya yang dibangun diatas platform Mazda Luce lengkap dengan gerak roda belakang atau 4WD seperti mobil jip, Mazda MPV generasi kedua ini memakai platform yang sama dengan Mazda Capella dan Mazda Tribute dengan gerak roda depan atau pilihan AWD. Kelebihannya adalah mobil menjadi lebih rendah dengna lantai yang bisa rata untuk memaksimalkan ruang kabin sesuai peruntukannya.

Desainnya sendiri membulat dengan fascia hampir ala-ala Mazda Nagare yang mendekati Mazda lain seangkatan. Bentuknya sendiri sedikit membulat dan tinggi karena bersaing ketat dengan mobil seperti Honda Odyssey dan Toyota Alphard. Namun begitu, setidaknya pintu belakangnya sudah memakai model sliding door di sebelah kanan maupun kiri dengan rel yang disembunyikan. Untuk bagian belakang, pintunya menganut model hatchback yang praktis untuk akses keluar masuk barang. Sebagai MPV, konfigurasi tempat duduknya mampu muat 7 orang dimana bangku baris tengah bisa dibuat 3 dengan cara ditarik atau 2 ala captain seat.

Mesin yang digunakan Mazda MPV sebenarnya cukup beragam mulai dari tipe bawah yang hanya 2000cc bensin, 2000cc diesel, dilanjut 2300cc bensin yang ketiganya masih 4 silinder, serta 2500cc bensin, dan 3000cc bensin V6. Namun di Indonesia sepertinya yang banyak beredar menggunakan mesin Mazda GY-DE dengan konfigurasi V6 DOHC 24 valve berkapasitas 2500cc. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 170Hp pada 6250Rpm dan torsi 224 Nm. Mesin ini sebenarnya juga bukan murni mesin Mazda karena aslinya mesin ini adalah mesin Duratec dari Ford. Untuk menggerakkan kedua roda depannya digunakan transmisi otomatik 4 percepatan.

Mazda 8 MPV Indonesia

Sebagai MPV modern, tentu saja fitur yang ditawarkan Mazda MPV tidak sama seperti mobil minibus yang banyak hadir di Indonesia yang sekedar mobil pickup diberi karoseri dan bangku. Kursi penumpang depan bisa digeser, power window, central lock, electric mirror lengkap dengan pemanas yang cocok untuk musim salju yang sayangnya tidak ada di Indonesia. Untuk keselamatan sudah ada airbag depan, airbag samping dan ABS. Lainnya ada trim interior berupa panel kayu, jok kulit sampai AC dual zone baik didepan maupun dibelakang. 

Pada tahun 2004, Mazda memberikan penyegaran pada tampilan Mazda MPV. Paling ketara ada pada bagian lampu depannya yang memakai model smoke dan lampu belakang yang memakai model ala Toyota Altezza. Bagian bumpernya juga berubah dengan tambahan foglamp yang berbentuk bulat. Selain itu dibagian interiornya pada bagian kursi terdapat per yang memudahkan proses pelipatannya sehingga cukup menekan 1 tombol saja jok sudah terlipat.

Mazda MPV pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2000 dan masuk sebagai CBU. Oleh karena itu dulu harga jualnya terlampau mahal apalagi dibandingkan dengan pemain baru seperti Kia yang menjual Carnival atau Hyundai dengan Trajet yang sepantaran dengan Mazda MPV. Tidak heran kalau kemudian populasinya di Indonesia cukup langka. Kelak kemudian Mazda MPV diteruskan menjadi Mazda 8 yang pertama kali muncul pada tahun 2006.

 Spesifikasi Mazda MPV LW ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mazda MPV LW
Jenis Minibus
Tipe LW
Mesin GY-DE V6 DOHC 2500cc
Bore X Stroke 81.66 X 79.5 mm
Sistem Bahan Bakar Multi Point Injection
Transmisi Otomatik 4 Speed
Wheelbase 2.840 mm
Panjang 4.750 mm
Lebar 1.831 mm
Tinggi 1.745 mm


Comments