Pontiac Parisienne (1965 - 1970)

pontiac parisienne 1966 depan

Pada tahun 1965, pemerintah Kanada dan Amerika menandatangani perjanjian dagang dimana tarrif dan bea masuk produk otomotif Amerika bisa lebih rendah dibandingkan sebelumnya. Sebelum adanya perjanjian dagang ini, terlebih dahulu pabrikan Amerika membuka pabrik di Kanada untuk menjual mobil-mobilnya meskipun markasnya berada di Detroit yang berbatasan langsung dengan Kanada. Salah satu mobil hasil mengakali tarrif ini adalah Pontiac Parisienne.

Di Amerika, mobil yang seukuran dan sekelas dari Pontiac Parisienne ini adalah Pontiac Catalina. Namun sama seperti generasi sebelumnya, ada perbedaan antara Pontiac Amerika dengan Pontiac Kanada. Pontiac Parisienne memakai platform dari Chevrolet yang membuatnya lebih mirip dengan mobil Chevrolet seperti Impala dibandingkan Pontiac yang lebih besar. Hal ini dikarenakan pada saat itu, Chevrolet tidak masuk Kanada dan digantikan oleh Pontiac yang memakai platform Chevrolet dengan bodi ala Pontiac untuk meningkatkan kandungan lokal.

Model pertama muncul pada tahun 1965 dengan ciri khas berupa lampu depannya model tumpuk 2 serta grill depan dibelah palang tengah vertikal. Pada tahun 1966, masih masih mengadopsi lampu depan model tumpuk namun grill depannya juga mengikuti dengan model tumpuk. Tahun 1967 kembali terdapat pembaruan dimana lampu depannya masih megandalkan model tumpuk dengan grill yang sekarang tinggal setengah kebawah karena bagian atasnya sekarang kosong. Tahun 1968 kedepannya lampu depannya menjadi model horisontal meski tetap 4 biji.

Pontiac Parisinenne generasi ketiga ini sebenarnya masih diproduksi sampai tahun 1970. Namun model setir kanan yang diproduksi di pabrik Holden di Australia hanya sampai model tahun 1968 saja dan dirakit sampai 1969 dengan kit CKD dari tahun sebelumnya yang belum sempat dirakit dan dijual. Ini karena General Motor menghentikan ekspor mobil setir kanan kelesuruh dunia dan menggantinya dengan mobil-mobil produksi cabang General Motor dari negara yang menganut setir kanan seperti Inggris dan Australia pada tahun 1968. 

Masih seperti generasi sebelumnya, Pontiac Parisienne ini dibekali dengan berbagai pilihan mesin dan transmisi. Namun sepertinya yang paling populer adalah mesin Chevy Small Block V8 berkapasitas 350 cubic inch atau sekitar 5700cc. Pada generasi ini, sudah tidak ada lagi pilihan mesin 6 silinder segaris karena semuanya V8 mulai dari 4600cc sampai big block 7400cc. Untuk menggerakkan roda belakangnya, digunakan transmisi manual 3 atau 4 percepatan dan terdapat pilihan transmisi otomatik 2 atau 3 percepatan.

pontiac grande parisienne 1966 belakang

Untuk opsionalnya, mobil ini terbagi menjadi beberapa tipe. Dari yang paling bawah ada Pontiac Strato Chief Pontiac dan untuk tipe tengah diberi nama Pontiac Laurentine. Parisienne merupakan model paling mewah sepantara dengan Chevrolet Impala. Bagi yang merasa masih kurang puas, terdapat Pontiac Grande Parisienne dengan ciri khas berupa sedan 4 pintu maupun hardtop coupe tanpa pillar B. Pada mobil Chevrolet, model ini sepantaran dengan Chevrolet Caprice. Model Grande Parisienne ini juga hadir dalam bentuk station wagon.

Spesifikasi Pontiac Parisienne (1965 - 1970) ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Pontiac Parisienne (1965 - 1970)
Jenis Sedan
Tipe Parisienne
Mesin Chevrolet Small Block V8 OHV 5700cc
Bore X Stroke 101.6 X 88.39 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Otomatik 3 Speed
Wheelbase 3.023 mm
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A


Comments