Honda Kirana ND125

Honda Kirana 125

Kalau Harley-Davidson punya Sportster series, BMW punya R-series atau GS-series, Honda punya Super Cub dan turunannya. Motor ikonik dengan bentuk khas yang diusahakan tidak berubah banyak mengikuti perkembangan zaman karena sudah menjadi trade mark sendiri. Meskipun di Indonesia pada awal milenium baru lebih suka motor dengan desain ramping dan sporty, namun hal ini tidak menyurutkan PT Astra Honda Motor untuk menghadirkan motor bebek dengan desain original ala Honda Super Cub di Indonesia dengan Honda Kirana.

Di negara ASEAN atau Asia Tenggara lainnya, motor ini lebih dikenal dengan nama Honda Dream 125. Honda Kirana dijual di Indonesia antara tahun 2002 sampai 2004 saja tidak seperti Dream 125 yang masih dijual barunya sampai sekarang dengan generasi baru. Bentuk keseluruhannya meski mirip namun berbeda jauh dengan Astrea series dimana Kirana lebih membulat dan bagian belakang yang lebih besar. Batok lampunya lebih membulat dengan lampu belakang semi oval dan kontur joknya datar yang membuatnya nyaman untuk berboncengan.

Dibagian mesin, Kirana menawarkan mesin Honda seri NF125 yang jauh lebih modern daripada mesin C series seperti yang dipakai Honda Astrea series. Mesin dengan konfigurasi  1 silinder mendatar pendingin udara SOHC 2 valve berkapasitas 124cc dan memakai pemasok bahan bakar karburator. Tenaga yang dapat dihasilkan mesin ini mencapai 9,1Hp pada 7500Rpm dan torsi 7,1Nm pada 4000Rpm. Untuk menyalurkan daya ke roda belakang, digunakan transmisi semi otomatis 4 percepatan khas motor bebek.

Selain bodi yang lebih klasik, keunggulan Kirana dibandingkan Karisma ada pada sistem pengapiannya dimana meskipun colokannya sama namun CDI Kirana yang dibuat Shindengen tidak punya limiter. Tidak heran kalau kemudian tenaganya terasa lebih mengisi sampai putaran atas selain juga bodi yang lebih ringan. Kelemahan Kirana adalah karena motor ini diposisikan sebagai motor murah kelas 125cc dimana harga barunya saat itu sekitar 11 juta sementara Karisma 12 juta, fitur Kirana lebih sedikit dibandingkan Karisma. Sebut saja Kirana tidak punya pilihan velg racing serta masih memakai rem teromol. Konsol meternya juga tidak punya layar digital seperti Karisma.

Sisanya sebenarnya motor ini mirip-mirip dengan Karisma bahkan Supra X 125 kecuali bagian bodi dan dudukannya. Dan karena Kirana lebih jarang barunya membuat motor ini populasinya lebih sedikit yang membuat part bodinya cukup sulit dicari sekarang karena pabrikan bodi KW juga tidak mau memproduksi bodi motor yang lebih berpotensi jarang lakunya. Untuk bagian lainnya, bisa dibilang mirip-mirip dan bisa saling tukar.

 Spesifikasi Honda Kirana ND125 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Kirana ND125
Jenis Underbone
Tipe ND125
Mesin SOHC 2 valve 125cc
Bore X Stroke 52.4 X 57.9 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed kopling otomatik
Wheelbase 1.199 mm
Panjang 1.867 mm
Lebar 702 mm
Tinggi 1.049 mm


Comments