Isuzu Unicab KR85

Isuzu Unicab

Pada tahun 1960an ketika era Baby Boomer dan sub kulturnya seperti beach boy sedang digandrungi, beberapa pabrikan mobil berlomba membuat kendaraan rekreasi untuk keperluan itu. Misalnya Morris yang tadinya berencana membuat Moke untuk militer malah menjual Moke untuk buggy pantai atau kit yang tersedia untuk VW Kodok dikonversi menjadi seperti Baja Bug. Pabrikan asal Jepang, Isuzu juga tidak luput ikut serta mengisi ceruk pasar ini dengan menghadirkan Isuzu Unicab yang diperkenalkan pada Tokyo Motor Show 1967.

Bentuk bodi dari Isuzu Unicab ini paling unik dibandingkan mobil Isuzu lainnya dijamannya. Ini karena secara garis besar desainnya serba kotak yang sederhana. Isuzu Unicab hanya tersedia dalam bentuk jip soft top dengan kaca depan bisa diturunkan serta tidak memiliki pintu. Untuk atapnya sendiri diberikan kanvas yang bisa dilepas. Meski dibilang jip, namun mobil ini juga mirip pickup karena dibelakang jok depan terdapat separator dari besi macam mobil pickup yang memisahkan antara ruang barang dengan ruang penumpang.

Pada awalnya Isuzu Unicab diperkenalkan dengan mesin Isuzu G130 dengan konfigurasi 4 silinder OHV 1300cc. Unicab dengan mesin 1300cc ini memiliki kode sasis KR80. Tidak lama kemudian muncul Isuzu Unicab KR85 dimana mesinnya menggunakan mesin Isuzu G150C dengan konfigurasi 4 silinder OHV berkapasitas 1500cc. Mesin ini diklaim sanggup menghasilkan tenaga sebesar 68Hp pada 5000Rpm dan torsi sebesar 111Nm pada 5000Rpm. Mobil ini karena bukan untuk off road berat, maka hanya tersedia dalam konfigurasi 2WD saja. Untuk menggerakkan roda belakang, digunakan transmisi manual 4 percepatan.

Bisa dibilang, rancang bangun Unicab cukup sederhana karena dimaksudkan sebagai kendaraan rekreasi bukan untuk kerja keras apalagi militer. Bagian sasisnya, mobil ini menggunakan sasis tangga yang konon masih mirip dengan sasis Isuzu Wasp alias Isuzu Bellet versi pickup yang diperpendek. Suspensi depan menggunakan model batang torsi sementara pada bagian belakang menggunakan per daun. Untuk keselamatan, baik roda depan maupun belakang menggunakan rem teromol. 

Di Jepang sendiri, Isuzu Unicab KR85 diperkenalkan dalam 2 varian yaitu KR85 dan KR85A. Perbedaan utama antara keduanya hanyalah konfigurasi tempat duduk. Unicab KR85A memiliki bangku yang muat 4 orang penumpang dimana 2 penumpang belakang duduk di kursi model jump seat yang menghadap belakang. Untuk Unicab KR85 memiki kapasitas muat 8 orang dimana 2 didepan dan 6 orang dibelakang duduk berhadap-hadapan seperti bangku angkot.

Di Indonesia, mobil ini dijual oleh APM Isuzu Indonesia saat itu yang bernama PT Panca Motor sekitar akhir 1960an hingga awal 1970an. Penjualan mobil ini sendiri cukup lesu yang membuat populasinya cukup langka sekarang. Namun begitu, ada yang bilang kalau mobil ini cukup banyak yang dipakai untuk keperluan perkebunan juga kebutuhan beberapa instansi pemerintah seperti dinas PU, keperluan pemilu, sampai angkatan laut mungkin karena harganya yang dulu murah dibandingkan jip lainnya mengingat mobil ini hanya 2WD yang lebih sederhana produksinya. Varian yang beredar sendiri juga sepertinya hanya ada 1 saja yaitu KR85A dengan jok model jump seat. Pada tahun 1971, kaca depan Isuzu Unicab versi Jepang sudah dibuat tidak bisa diturunkan lagi namun versi Indonesia sepertinya tidak ada yang begitu karena masih sama seperti versi sebelum 1971.

Sayangnya meski di negara-negara barat populer budaya beach boy dan semacamnya, rakyat Jepang saat itu masih belum bisa menerima subkultur tersebut termasuk mobil yang dibuat untuk itu. Belum lagi posisinya sebagai jip banci karena hanya 2WD membuat peminat mobil ini di Jepang juga cukup terbatas. Tidak heran kalau kemudian produksi Isuzu Unicab dihentikan pada tahun 1974. Isuzu baru kembali memproduksi mobil jip pada tahun 1982 dengan Isuzu Troper yang lebih pantas disebut mobil jip.

Spesifikasi Isuzu Unicab KR85 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Isuzu Unicab KR85
Jenis Jip
Tipe KR85
Mesin G150C OHV 1471cc
Bore X Stroke 79.0 X 75.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.100 mm
Panjang 3.655 mm
Lebar 1.500 mm
Tinggi 1.710 mm


Comments