Honda Civic LX & Grand Civic SH4

Honda grand civic sh4

Honda Civic LX adalah sebuah small sedan yang diperkenalkan oleh ATPM Honda, Imora Motor pada tahun 1988 untuk menggantikan Civic Wonder sedan SB4. Pada tahun 1990 Civic LX mendapat facelift dan namanya berubah menjadi Grand Civic. Versi hatchback 3 pintunya juga tersedia dengan nama Honda Civic Nouva.

Baik Honda Civic LX maupun Grand Civic memiliki mesin yang sama, yaitu D15 SOHC 16 valve berkapasitas 1500cc dan masih karburator tanpa VTEC seperti saudaranya yang beredar di luar negeri sana. Mesin D15 ini nantinya juga akan digunakan kembali oleh Honda City Type Z dengan penambahan DOHC VTEC pada akhir dekade 1990an. Selain itu mobil ini terdapat 2 pilihan transmisi, yaitu Manual 5 percepatan atau Otomatis 4 percepatan. Harga jual Grand Civic dengan transmisi otomatis cenderung murah namun susah didapatkan karena rata-rata kebanyakan orang Indonesia belum terbiasa dengan transmisi otomatis pada saat itu ditambah lagi adanya image transmisi otomatis itu susah merawatnya.

Mulai generasi Civic ini (EF), Honda menyematkan sistem suspensi Double Wishbone full independent yang kini menjadi ciri khas Honda. Sistem suspensi ini memiliki kelebihan berupa kenyamanan yang lebih dibindingkan macpherson strut seperti pesaing beratnya, Corolla Twincam dan tentu saja lebih stabil. Tidak heran Civic generasi ke empat ini masih sering dipakai oleh pembalap liar Kanjo di Osaka Jepang sana. Ini dikarenakan handling mobil ini yang akurat dan terasa cepat untuk slalom melewati arus kendaraan. Kelemahannya sama seperti mobil Honda lainnya yaitu sangat tidak disarankan untuk melewati jalan jelek karena kaki kakinya cenderung ringkih. Selain itu biaya perbaikannya cenderung mahal karena sistemnya yang lebih rumit.

Perbedaan Grand Civic LX

Pada tahun 1990 dikenalkan facelift dari Civic LX dengan nama Grand Civic. Menurut beberapa orang, desain Civic LX cenderung sporty sedangkan Grand Civic cenderung elegan. Beberapa perbedaan antara Honda Civic LX dengan Grand Civic seperti headlamp Grand Civic one piece terbuat dari mika (plastik) sedangkan Civic LX terbuat dari kaca. Pada bagian cornerlamp Grand Civic menyatu dengan headlamp dan terbuat dari mika (plastik) berwarna bening sedangkan Civic LX terpisah dari headlamp dengan warna orange. Sein bemper Grand Civic lebih panjang dengan warna bening sedangkan Civic LX lampu sein lebih pendek dan berwarna orange. Bagian belakang, lampu belakang Grand Civic memiliki lampu sein horisontal yang letaknya diatas lampu belakang ditambah lis chrome disekelilingnya sedangkan Civic LX lampu sein vertikal di sisi kanan/kiri lampu belakang. Terakhir, garnish Grand Civic terdapat lampu mundur dan sein sedangkan Civic LX tidak ada.

Dibagian eksteriornya terutama panel bodi, terdapat perbedaan berupa lis bodi Grand Civic terdapat lis body chrome sedangkan Civic LX lebih sederhana tanpa Chrome. Selain itu kap mesin Grand Civic cenderung cembung sementara Civic LX cenderung cekung. Grand Civic yang keluar tahun 1990 dan 1991 terdapat lis bodi yang terbuat dari plastik krom sementara Civic LX sama sekali tidak ada lis krom. Untuk bagian interior, dashboard Grand Civic memiliki kisi AC berbentuk trapesium sedangkan Civic LX berbentuk kotak.

Honda Civic generasi keempat ini masih menjadi mobil dengan harga jual kembalinya yang stabil di beberapa daerah. Ini disebabkan karena modelnya yang memang cocok dipakai baik orang tua yang ingin mengenang masa lalu atau anak muda yang baru pertama kali punya mobil. Kelebihan mobil ini adalah posisi mengemudi yang lumayan enak dan pandangan yang terasa sangat luas karena bonet yang rendah. Untuk mesinnya sendiri cenderung bandel dan jarang bermasalah untuk ukuran mobil Honda. Selain itu, mesin 1500cc Honda Civic ini masih tetap kencang dan irit bahkan dibandingkan mesin mobil modern saat ini.

Kelemahan mobil ini ada pada kaki-kakinya yang terkenal ringkih dan susah perbaikannya karena sistemnya yang kompleks. Dan sialnya lagi karena partnya lebih banyak, maka harga perbaikan dan partsnya lebih mahal dibandingkan kompetitor sekelasnya yang kakinya lebih sederhana. Selain itu, pada area yang terdapat lekukan perlu mendapat perhatian lebih karena biasanya karat sangat sering muncul disana.

Spesifikasi Civic LX atau Grand Civic ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Civic LX & Grand Civic SH4
Jenis Sedan
Tipe SH4
Mesin D15 SOHC 16 valve
Bore X Stroke 74.0 X 86.5 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed & Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.499 mm
Panjang 4.229 mm
Lebar 1.674 mm
Tinggi 1.359 mm

0 Response to "Honda Civic LX & Grand Civic SH4"

Post a Comment