Honda Civic LX & Grand Civic SH4

Honda grand civic sh4

Memasuki akhir 1987, ATPM Honda di Indonesia saat itu Imora Motor memperkenalkan Civic generasi keempat yang sudah diperkenalkan di Jepang sebelumya. Mengikuti resep sukses Civic generasi ketiga yang di Indonesia disebut Wonder, Honda Civic generasi keempat juga diperkenalkan dalam varian sedan 4 pintu serta hatchback 3 pintu. Di Indonesia, Honda Civic generasi keempat ini memiliki kode sasis SH dimana SH3 digunakan untuk varian hatchback yang diberi nama Civic Nouva dan SH4 untuk varian sedan 4 pintu.

Secara desain, Honda Civic menjadi lebih lebar pada generasi ini. Dipadukan dengan bentuk lampu depan trapesium menyipit dan kaca depan yang terlihat besar membuat Honda Civic LX terlihat seperti mobil yang lebih besar setingkat diatas kelasnya. Ciri khas dari Honda Civic model prefacelift yang kemudian dikenal dengan nama Honda Civic LX ini adalah lampu depan kaca buram yang pendek, lampu sein oranye yang terpisah dengan lampu utama, sein bumper pendek dan berwarna orange, kap mesin cenderung cekung, lampu belakang model berkolom horisontal dan garnish sederhana serta tidak terdapat lis bodi sama sekali. Dibagian interiornya, Honda Civic LX memakai kisi AC berbentuk kotak. Dinamakan Civic LX karena di Indonesia hanya trim level LX saja yang dijual dimana LX merupakan tipe menengah dari Honda Civic diatas DX dan dibawah Si.

Pada tahun 1990 dikenalkan facelift dari Civic LX dengan nama Grand Civic yang julukannya berasal dari brosur mobil Honda Civic saat itu. Menurut beberapa orang, desain Civic LX cenderung sporty sedangkan Grand Civic cenderung elegan. Beberapa perbedaan antara Honda Civic LX dengan Grand Civic seperti headlamp Grand Civic one piece terbuat dari mika plastik, cornerlamp Grand Civic menyatu dengan headlamp dan terbuat dari mika plastik berwarna bening, sein bumper Grand Civic lebih panjang dengan warna bening. Selain itu kap mesin Grand Civic cenderung cembung serta memiliki lis bodi berwarna chrome disekujur bodi. Bagian belakang, lampu belakang Grand Civic memiliki lampu sein horisontal yang letaknya diatas lampu belakang ditambah lis chrome disekelilingnya, garnish Grand Civic terdapat lampu mundur dan sein. Dibagian interior, kisi AC Grand Civic berbentuk trapesium. Detil eksteriornya bisa dilihat pada gambar berikut.

Perbedaan Grand Civic LX

Mesin yang ditawarkan Honda pada Honda Civic baik Honda Civic LX maupun Grand Civic adalah Honda D15 dengan konfigurasi 4 silinder SOHC 16 valve berkapasitas 1500cc dan masih karburator tanpa VTEC  yang saat itu baru diperkenalkan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 90Hp pada 6000Rpm dan torsi 120Nm pada 4700Rpm. Kelak mesin ini dikembangkan lagi menjadi DOHC VTEC yang terpasang pada Honda City Type Z. Untuk menggerakkan roda depannya, Honda menawarkan 2 pilihan transmisi yaitu manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan. 

Mulai generasi keempat dari Civic ini, Honda menyematkan sistem suspensi double wishbone full independent yang kemudian menjadi ciri khas sedan Honda kedepannya kecuali untuk mobil-mobil perkotaanya. Sistem suspensi ini memiliki kelebihan berupa kenyamanan yang lebih dibindingkan macpherson strut seperti pesaing beratnya, Corolla Twincam dan tentu saja lebih stabil. Tidak heran Civic generasi ke empat ini masih sering dipakai oleh pembalap liar Kanjo di Osaka Jepang sana. Ini dikarenakan handling mobil ini yang akurat dan terasa cepat untuk slalom melewati arus kendaraan. Kelemahannya sama seperti mobil Honda lainnya yaitu sangat tidak disarankan untuk melewati jalan jelek karena kaki kakinya cenderung ringkih. Selain itu biaya perbaikannya cenderung mahal karena sistemnya yang lebih rumit.

Honda Civic generasi keempat ini masih menjadi mobil dengan harga jual kembalinya yang stabil di beberapa daerah. Ini disebabkan karena modelnya yang memang cocok dipakai baik orang tua yang ingin mengenang masa lalu atau anak muda yang baru pertama kali punya mobil. Kelebihan mobil ini adalah posisi mengemudi yang lumayan enak dan pandangan yang terasa sangat luas karena bonet yang rendah serta posisi dashboard rendah dibantu pillar A yang tipis. Untuk mesinnya sendiri cenderung bandel dan jarang bermasalah untuk ukuran mobil Honda. Selain itu, mesin 1500cc Honda Civic ini masih tetap kencang dan irit bahkan dibandingkan mesin mobil modern saat ini.

Kelemahan mobil ini ada pada kaki-kakinya yang terkenal ringkih dan susah perbaikannya karena sistemnya yang kompleks. Dan sialnya lagi karena partnya lebih banyak, maka harga perbaikan dan partsnya lebih mahal dibandingkan kompetitor sekelasnya yang kakinya lebih sederhana. Selain itu, pada area yang terdapat lekukan perlu mendapat perhatian lebih karena biasanya karat sangat sering muncul disana.

Spesifikasi Civic LX atau Grand Civic ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Civic LX & Grand Civic SH4
Jenis Sedan
Tipe SH4
Mesin D15 SOHC 16 valve
Bore X Stroke 74.0 X 86.5 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.499 mm
Panjang 4.229 mm
Lebar 1.674 mm
Tinggi 1.359 mm


Comments