Audi A4 B5 Typ8D

Audi A4 B5 Typ8D

Meskipun sebenarnya mobil-mobil Audi sudah menghaspal di jalanan Indonesia sejak puluhan tahun silam, namun sebenarnya Audi di Indoensia belum memiliki ATPM. Semua berubah ketika pada tahun 1996, Audi masuk dan dirakit di Indonesia melalui Indomobil. Sebagai permulaan, dimasukan kelas mobil yang populer di Indonesia yang dimiliki Audi saat itu yaitu Audi A4. Mobil ini merupakan mobil Audi pertama yang dijual resmi di Indonesia pada tahun 1997.

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 untuk bersaing dengan BMW seri 3 dan Mercedes-Benz C-class yang seukuran, desain mobil yang dirancang oleh Imre Hasanić dan Jürgen Albamonte ini masih menyerupai pendahulunya yaitu Audi 80.  Hanya saja berbeda dengan Audi 80, A4 tampil lebih membulat dan ramping dibandingkan pendahulunya. Mobil ini memakai platform B5 yang berarti masih mirip dengan VW Passat atau Skoda Superb seangkatan yang juga memakai platform ini. Secara internal Audi sendiri mobil ini dikenal dengan kode Typ8D. Pada awalnya mobil ini hanya tersedia dalam pilihan sedan 4 pintu saja dan baru pada 1996 versi station wagon alias Avant diperkenalkan di Jerman. Sayangnya, unutk Indonesia hanya tersedia varian sedan saja meski mungkin ada beberapa A4 Avant yang hadir.

Versi Indonesia mendapatkan 2 pilihan mesin, yaitu mesin 4 silinder dengan konfigurasi 4 silinder segaris DOHC 20 valve berkapasitas 1800cc yang menghasilkan tenaga sebesar 125Hp dan torsi 173Nm. Versi yang lebih bertenaga juga ada dengan mesin berkonfigurasi V6 SOHC 12 valve berkapasitas 2600cc yang menghasilkan tenaga sebesar 148Hp dan torsi 225Nm. Kedua mesin ini tidak dibekali dengan turbo dan menyalurkan tenaga kedua roda depan (FWD) melalui transmisi manual 5 percepatan atau otomatis tiptronic 4 percepatan yang dikembangkan pada Porsche 964. Transmisi yang pertama kali dipasang pada mobil-mobil VW Group dengan sasis B5 ini memungkinkan pengemudi memilih menggunakan mode otomatis dengan torque converter atau manual.

Lahir belakangan dibandingkan dengan Mercedes dan BMW membuat fitur yang ditawarkan cukup lengkap. Mobil ini sudah dilengkapi dengan rem cakram dikeempat roda, ABS, dual airbag, AC dual zone, jam pada konsol takometer, dan sebagainya. Selain itu, ada juga fitur perawatan yang kaan berbunyi ketika minyak rem berkurang, lampu belakang mati dan sebagainya pada MID ditengah konsol speedomoter. Fitur-fitur kelengkapannya sendiri sudah cukup mewah dengan adanya jok kulit, setir palang 3 untuk versi 1800cc. Untuk versi 2600cc, perbedaan interiornya ada pada panel kayu pada konsol tengah, jok seuede meski ada pula pilihan jok kulit dan setir palang 4.

Berbeda dengan Mercedes-Benz dan BMW yang sudah merakit mobil-mobilnya di Indonesia termasuk dengan penyesuaian iklim tropis, Audi A4 ini konon masih diimpor utuh dan dirakit secara SKD di Indonesia. Tidak heran kalau ada kalanya Audi A4 ini terasa kurang cocok dijalanan Indonesia yang iklimnya berbeda dengan negara asalnya, Jerman. Meski begitu, VW Group ketika kemunculan perdana mobil ini pada 1994 mengatakan bahwa pihaknya menjadikan B5 ini sebagai benchmark kualitas pengerjaan mobil-mobil VW Group lainnya seperti Porsche, VW, Skoda dan lainnya berdasarkan kualitas pengerjaan mobil ini.

Dijalanan, mobil ini tergolong sangat langka dan lebih mudah menemukannya jogrok dikampakan. Ada alasannya mengapa populasi mobil ini sudah sangat jarang yang masih beroperasi yaitu kelemahannya berupa reliabilitas dimana mobil ini terkenal rentan dan manja. Peralatan elektronik serta gearbox tiptroniknya terkenal sering bermasalah. Sudah begitu mobil ini jarang spare partnya dan sekalinya ada biasanya mahal sekitar 1,5 sampai 3 kali lipat lebih mahal dibandingkan mobil Eropa sekelasnya yang lain. Pun begitu onderdil KW jarang dan jika berminat melakukan perbaikan mandiri (DIY), perawatannya rumit karena untuk membongkar 1 komponen saja mengharuskan untuk membongkar 2 atau 3 komponen lain. Lebih-lebih pada versi V6 yang ruang kerjanya lebih sempit lagi. Handlingnya sendiri cukup keras mengejar rasa sporty meskipun tidak seperti BMW yang sangat driver oriented dan kurang nyaman seperti Mercedes.

Walaupun memiliki banyak kelemahan, mobil ini juga masih punya nilai postif dibandingkan dengan mobil eropa lain yang sekelas seperti ruang kabin yang lebih lega karena penggerak roda depan, model yang tidak lekang termakan waktu, sampai harga yang lebih murah meski untuk A4 yang memiliki kondisi bagus tetap mahal.

Spesifikasi Audi A4 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Audi A4 B5 Typ8D
Jenis Sedan
Tipe B5 Typ8D
Mesin i4 DOHC 20 Valve 1800cc
V6 SOHC 12 Valve 2600cc
Bore X Stroke 81.0 X 86.4 mm (i4)
81.0 X 77.4 mm (V6)
Sistem Bahan Bakar Multi point sequential indirect injection
Transmisi Manual 5 Speed
Tiptronic Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.615 mm
Panjang 4.520 mm
Lebar 1.733 mm
Tinggi 1.415 mm

Comments