Suzuki Katana SJ410

Suzuki Katana lampu bulat

Merespon peraturan pemerintah Indonesia yang membuat mobil 4x4 mahal berhubung mendapatkan pajak barang mewah pada tahun 1986, Suzuki kemudian memperkenalkan Suzuki Jimny dengan sistem gerak 4x2 yang diberi nama Suzuki Katana. Suzuki Katana memiliki logo berupa huruf katakana "KA" dengan gambar pedang di tengahnya. Katana sendiri berasal dari bahasa Jepang yang artinya pedang.

Model pertama dari Suzuki Katana muncul pada tahun 1986 dimana bentuknya mirip dengan Suzuki Super Jimny V3 dengan atapnya yang sedikit lebih tinggi dibandingkan Jimny trepes dan dikenal juga dengan nama Jimny talang. Lampu depannya memakai model bulat dan grill vertikal ala Jeep. Sepintas, tidak ada perbedaan sama sekali antara Suzuki Katana dengan Suzuki Jimny pada saat itu selain sistem geraknya saja dimana Jimny masih 4WD sementara Katana 2WD.

Pada tahun 1988 pertengahan, muncul facelift dimana lampu depannya sekarang memakai model kotak selain juga perbedaan ada pada grill. Bagian yang mendapat ubahan lainnya ada pada atap dimana Katana pada tahun itu memakai atap tinggi yang depannya tidak ada talang airnya. Atap tinggi ini memenuhi akomodasi ruang kepala penumpang belakang yang duduknya berhadapan seperti angkot.

Untuk bagian interiornya, Sejak tahun 1988 bentuk dashboardnya sudah berbeda dengan menggunakan model kotak single piece. Konsol meternya tidak lagi menggunakan model bulat yang terpisah melainkan model kotak satu cluster. Bentuk setirnya sendiri juga berubah meski masih tetap palang 3, namun kini mengikuti bentuk setir Suzuki Carry Futura yang besar.

Pada tahun 1990, muncul Katana Blitz dengan suspensi yang diklaim sedikit lebih empuk meski konstruksinya masih sama. Untuk sistem penggeraknya, Katana Blitz sudah memakai gearbox 5 percepatan. Perbedaan lainnya Katana Blitz sudah dibekali dengan AC. Katana Blitz ini dijual bersamaan dengan Katana standar yang masih 4 speed.

Pada tahun 1993, Suzuki Katana kembali mengalami facelift. Kali ini Katana hadir dalam 2 tipe yaitu Suzuki Katana DX dan Suzuki Katana GX. Katana DX pada dasarnya merupakan tipe bawah sementara Katana GX merupakan tipe atas. Perbedaannya Katana GX sudah dilengkapi dengan power steering, jam pada dashboard serta penggunaan velg racing. Selain itu, Katana DX menggunakan jok belakang model hadap-hadapan sementara Katana GX menggunakan jok belakang hadap depan. Untuk bentuk keseluruhannya, keduanya mirip dimana sejak tahun 1993 ini lampu depannya kembali menggunakan lampu bulat dan grill yang berbeda. Model ini bertahan sampai Suzuki Katana dihentikan produksinya pada tahun 2005 dengan perbedaan hanya pada grill depannya untuk tahun-tahun tertentu.

Katana Karoseri

Selain mengikuti peraturan pemerintah tentang pajak 4WD yang mahal, Suzuki juga membuat Suzuki Katana dengan karoseri. Ini karena setiap kendaraan dengan sasis yang terpisah dengan body harus dibuat bodinya oleh perusahaan karoseri guna membuka lapangan kerja. Memang peraturan pemerintah jaman dulu mengharuskan demikian karena industri otomotifnya diarahkan sebagai industri padat karya bukannya padat modal.

Suzuki Katana Corsica Alexander

Suzuki Katana yang tersedia dalam 2 pilihan panjang sasis yaitu sasis pendek dan sasis panjang atau LWB termasuk kedalam jenis mobil yang bodinya wajib dibuat oleh perusahaan karoseri. Pada awalnya Suzuki Katana bodinya dibuat oleh karoseri rekanan Indomobil untuk bentuk standarnya. Namun begitu, perusahaan karoseri juga bisa membuat bodi Suzuki Katana tersendiri yang kemudian dijual dengan nama lain. Contoh yang populer dari Katana karoseri ini antara lain Katana BRI dengan sasis panjang yang dulu populer digunakan oleh Bank BRI, Katana Corsica dan Contry dengan atap fiberglass. Selengkapnya bisa dilihat pada post Macam-macam Suzuki Jimny dan Katana di Indonesia.

Untuk mesinnya sendiri, Suzuki Katana menggunakan mesin F10A yang juga digunakan pada mobil angkot Suzuki Carry 1000 sampai Suzuki Karimun kotak. Mesin ini memiliki konfigurasi 4 silinder SOHC 8 valve berkapasitas 1000cc dan masih karburator. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 50Hp pada 5500Rpm serta torsi 73.5Nm pada 3500Rpm. Memang kecil maklum saja karena rasio kompresinya juga hanya 8.8:1 sehingga menenggak bensin jelek seperti Pertamina Premium tidak ada masalah. Untuk menggerakkan roda belakangnya, mesin ini dipadukan dengan transmisi manual 4 speed atau 5 speed tergantung tipenya.

Kelebihan Suzuki Katana adalah karena ukurannya mungil untuk parkir menjadi sangat mudah. Selain itu karena mesinya sama dengan angkot, urusan sparepart tidak perlu pusing karena part mesin F10A ini menjadi barang wajib toko onderdil. Mesin mobil ini terkenal tangguh dan bandel serta sudah teruji karena sudah digunakan sejak era 80an pada mobil barang, angkot, maupun jip. Walaupun tenaganya terasa kurang dan top speed yang kecil, namun mesin ini mempunyai beberapa keunggulan seperti irit bahan bakar. Tercatat dalam kondisi sehat, 1 liter BBM dapat digunakan untuk 10Km di dalam kota. Sedangkan penggunaan pada luar kota bisa mencapai 15km/l. Selain itu karena masih menggunakan karburator, perawatan mobil ini sangat mudah dan murah. Oleh karena itu ada yang bilang body mobil Katana ini bakal hancur terlebih dahulu sebelum mesinnya.

Kelemahan Suzuki Katana seperti kerasnya suspensi terutama bagian belakangnya sehingga membuatnya kurang nyaman dikendarai. Hal ini wajar karena Suzuki Katana diciptakan di jalanan off road dimana ketanguhan merupakan faktor utama dan mengesampingkan kenyamanan. Selain itu mesinnya termasuk gampang panas terutama saat macet. Karenanya banyak yang memasang kipas elektrik agar Katananya tidak mudah overheat.

Harga jual Suzuki Katana saat ini menjadi sangat tidak masuk akal. Jika 10 tahun yang lalu dengan uang 30juta sudah dapat memiliki Suzuki Katana tahun 1990an, sekarang dengan uang 50 juta dapat Suzuki Katana yang normal saja sudah bersyukur. Karena itu Suzuki Katana harganya menjadi sesuka hati penjualnya sama seperti Honda Civic Estilo walau belum seekstrim itu.


Spesifikasi Suzuki Katana SJ410 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Suzuki Katana SJ410
Jenis Jip
Tipe SJ410
Mesin F10A SOHC 1000cc
Bore X Stroke 65.5 X 72.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed (1989 - 1991)
Manual 5 Speed
Wheelbase 2.030 mm
Panjang 3.040 mm
Lebar 1.460 mm
Tinggi 1.825 mm


Comments

  1. Katana sudah ada sebelum 89 om, punya kakek saya tahun 88 yang model V3

    ReplyDelete
  2. Jadi keinget, dulu ada tetangga, pny katana gx tahun terahir, 2006. Kondisi sehat, bahkan bisa dibilang, semua hampir bawaan pabrik, kecuali ban yg sdh diganti & sdh dikasih power window. Dijual sama si empunya 72 jt thn 2012, dan itu saja masih ditawar org lebih tinggi, bahkan, seingat saya, sampe-sampe yg nawar ada beberapa org gegara status mobilnya yg terhitung mobil simpanan istimewa

    ReplyDelete
  3. Kalo katana blitz di mulai dari thn brp ke brp ya,,perbedaan blitz sama dx apa aja,,mana yg bagud antara keduanya
    Rencana mau minang katana
    Kalo gx blm mampu🙏🙏

    ReplyDelete
  4. Ow berti thn 1990 type sj410

    ReplyDelete

Post a Comment