Honda Accord Cielo CD5 & CD7

Honda Accord Cielo CD5 Indonesia

Memasuki 1993, Honda Motor mulai membarui Honda Accord yang mulai laris terjual dibeberapa negara di dunia. Akhirnya pada tahun 1994 Accord generasi kelima ini hadir di Indonesia dengan nama resmi Honda Accord Cielo yang menjadikannya disebut Accord Cielo. Di Amerika Serikat sendiri, mobil ini menjadi mobil paling laris sepanjang dekade 90an sebelum akhirnya harus menyerahkan gelar sedan terlaris kepada Toyota Camry.

Tidak seperti generasi sebelumnya, Honda Accord generasi kelima ini dibagi menjadi 2 versi yaitu versi Eropa dengan kode sasis CE dan versi Asia dan Amerika dengan kode sasis CD. Indonesia sendiri mengikuti Jepang dengan hadirnya Accord CD atau Cielo. Dibandingkan dengan Accord Maestro, Accord Cielo ini berukuran lebih besar dan lebar. Tidak heran kalau kemudian disukai rakyat Amerika Serikat yang memang menyukai mobil berukuran besar. Mobil ini dirancang oleh desainer Jepang bernama Yukio Kurosu dan Kohichi Hirata yang membuat tampilan mobil terlihat tetap sporty meskipun sudah cukup berumur karena bentuknya yang ramping dan membulat.

Pada awalnya, Honda Accord Cielo dibekali dengan mesin SOHC 2200cc 4 silinder segaris dengan 16 katup tanpa VTEC dengan sistem injeksi PGM-FI khas Honda. Mesin dengan kode F22A6 ini dapat menghasilkan tenaga maksimal 140HP pada 5.600 RPM dan torsi 193 Nm pada 4.500 RPM. Tergolong pas pasan karena mesin ini hanya memiliki rasio kompresi sebesar 8,8:1. Honda Accord Cielo non VTEC ini memiliki kode bodi CD5 dan beredar antara tahun 1994 hingga 1995. Memasuki 1996, Honda Accord Cielo dirombak bagian mesinnya dari sebelumnya F22A6 menjadi F22B1 yang masih memakai konfigurasi mesin yang sama. Yang spesial dari mesin ini adalah adanya penambahan katup variabel VTEC yang menjadikannya produk Honda pertama di Indonesia yang memakai katup VTEC. VTEC sendiri adalah teknologi pengatur klep yang memiliki 2 profil cam dimana pada saat putaran mesin rendah katup hanya terbuka sedemikian rupa sehingga membuat efisiensi bbm membaik. Ketika mesin dipacu pada rpm tinggi, barulah katup membuka sepenuhnya sehingga potensi tenaga yang ada meningkat. Dengan teknologi VTEC ini, mesin F22B1 mampu menghasilkan output sebesar 145 HP pada 5.500 RPM dan torsi 199 Nm pada 4.500 RPM. Honda Accord Cielo dengan mesin VTEC ini memiliki kode sasis CD7.

Di Indonesia, mobil ini hadir sebagai mobil paling mewah dari Honda berhubung Honda Legend tidak masuk kesini. Urusan fitur, mobil ini cukup lengkap dengan hadirnya beberapa fitur seperti Power window, power steering electric mirror, central lock, power seat, AC dengan climate control yang diatur melalui knob, head unit single din dengan remote dan CD changer merk Alpine. Sayangnya fitur panel pengatur AC digital yang sebelumnya ada pada generasi Accord Maestro tidak terpasang pada mobil ini secara aslinya. Untuk bagian eksteriornya sendiri mobil ini sudah dilengkapi dengan spoiler bibir didepan, side skirt dan spoiler belakang kecil yang tersedia sebagai opsi dealer.

Perbedaan Honda Accord Cielo


Perbedaan Honda Accord Cielo pre Fecelift dengan versi facelift bisa dilihat dari  perbedaan grill depan. Pada versi 1994 dan 1995 warna grill depan selaras dengan warna body dan terdapat logo Honda pada kap. Untuk bagian belakang bisa dilihat dari bentuk stoplamp yang bentuknya mirip dengan segitiga. Pada Honda Accord Cielo facelift, grill masih berbentuk garis horizontal dengan penambahan chrome dan terdapat garis melintang dengan tambahan logo Honda ditengahnya. Untuk bagian belakang bentuk lampu berubah menjadi mirip trapesium. Lampu bumper depan juga berbeda warnanya. Untuk pre facelift warnanya bening sedang untuk facelift warnanya berubah menjadi orange kembali.

Kelebihan Honda Accord Cielo adalah kenyamanannya bisa sebanding dengan mobil eropa. Konsumsi BBM mobil ini juga lumayan irit untuk ukuran 2200cc. Hal ini dikarenakan dibandingkan dengan kompetitornya, mobil ini masih menganut konfigurasi 4 silinder yang ekonomis. Untuk konsumsi BBMnya versi non VTEC berkisar antara 1:6 untuk dalam kota hingga 1:8 untuk luar kota. Pada versi facelift dengan VTEC, konsumsi bensinnya bisa lebih irit lagi walaupun masih tergantung cara mengemudi. Secara keseluruhan, mobil ini bermesin cukup kencang dengan handling yang baik. Hal ini dibuktikan dengan kemenangan tim Mooncraft Honda dan Mugen Honda diajang balap JGTC 1996 dan 1997. Untuk harganya, mobil ini bisa ditebus hanya dengan dana 40 sampai 50 jutaan saja untuk versi sebelum VTEC dan sekitar 50 hingga 60 untuk versi VTEC tergantung kondisi.

Kelemahan Honda Accord Cielo adalah walaupun harganya murah, Honda tetaplah Honda yang harga sparepartnya tidak bisa dibandingkan dengan mobil yang kelasnya dibawahnya. Patut diwaspadai kerusakan pada area kaki kaki terutama shockbreaker dan ball joint. Untuk model pre facelift, sering terjadi keluhan mobil ini sering overheat karena masih menggunakan radiator 1 ply. Perhatikan juga transmisinya terutama untuk varian matik karena kadang tidak semua toko mau stok part untuk matiknya.

Spesifikasi Honda Accord Cielo CD ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Accord Cielo CD
Jenis Sedan
Tipe CD5 & CD7
Mesin F22A6 SOHC 2200cc (CD5)
F22B1 SOHC VTEC 2200cc (CD7)
Bore X Stroke 85.0 × 95.0 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi PGM-FI
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.715 mm
Panjang 4.674 mm (1994 - 1995)
4.714 mm (1996 - 1998)
Lebar 1.781 mm
Tinggi 1.400 mm (1994 - 1995)
1.405 mm (1996 - 1998)


Comments

  1. hampir kayak daihatsu feroza y...masih iritan feroza jg sih 1:8 - 1:9
    worthed lah sama speed

    ReplyDelete
    Replies
    1. juga uang yang biasa buat ketukang pijet bisa disimpen kalo naik cielo...

      Delete
  2. Jaman sekolah ane Cielo mobil "dinas" ane, hehehe. . .

    Sebagai penumpang mobil ini nyaman, sayang 2010 lalu sdh dijual.

    ReplyDelete
  3. Request penerusnya Cielo, Accord VTi dan VTi-L

    ReplyDelete

Post a Comment