Nissan Cefiro A31

Nissan Cefiro A31

Nissan Cefiro A31 adalah mid size sedan yang diproduksi oleh Nissan antara tahun 1988 hingga 1994. Berbeda dengan Toyota Crown yang lebih pas menjadi pesaing Nissan Cedric, Cefiro dirancang sebagai sedan sporty melawan Toyota Cressida di Indonesia. Mobil ini mengambil basis dari Nissan Skyline R32, Laurel C33 dan Leopard F31. Sebagai sedan sporty, mobil ini masih menggunakan layout mesin depan gerak roda belakang (FR) dan menjadi Cefiro terakhir dengan gerak roda belakang.

Sebagai sedan mewah dan sporty, desain mobil ini cenderung dinamis dengan ukuran lebar dan atap yang cukup rendah. Bagian bonnetnya panjang dan cukup pipih sementara bagian belakangnya menurun model bongkok yang populer pada mobil era 70an. Kaca belakang mobil ini juga terlihat lebih landai dibandingkan dengan Skyline dan Laurel berhubung Cefiro dirancang sebagai mobil yang sporty. Salah satu elemen desain mewah pada mobil ini terletak pada lampu depannya dimana mobil ini sudah menggunakan projector dan menjadi yang pertama pada mobil Jepang di Indonesia. Mobil ini mengalami facelift pada tahun 1992 dengan nama Nissan Cefiro SV. Perbedaanya dengan Nissan Cefiro A31 lama mungkin hanya terletak pada desain bumper, lampu belakang dan beberapa aksesori. Cefiro SV ini terus dijual hingga tahun 1994.

Mobil ini dibekali dengan mesin RB20E yang sama dengan mesin yang dipakai Holden VL Calais di Indonesia. Mesin ini memiliki konfigurasi SOHC 12 valve 6 silinder berkapasitas murni 1998cc. Dengan sistem bahan bakar injeksi elektronik dan rasio kompresi 9,5:1, mesin ini dapat mencapai tenaga sebesar 135Hp pada 5600rpm dan torsi sebesar 181Nm pada 4400rpm. Untuk menggerakkan roda belakangnya, tenaga mesin disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.


Nissan Cefiro A31 belakang

Fitur fitur yang disediakan Nissan Cefiro A31 ini tergolong sangat canggih bagi orang Indonesia. Beberapa fitur canggih mobil ini selain power window, power steering, central lock dan sebagainya. Selain itu terdapat motorized retractable mirror alias spion elektrik yang membuatnya menjadi mobil pertama di Indonesia dengan fitur ini, headlamp dengan projector, antena otomatis yang digerakkan dari dalam kabin, dan AC yang bisa diatur secara motorized melalui tombol. ABS (Anti-lock Brake System) juga sudah tersedia di mobil ini. Sayangnya karena kebanyakan orang Indonesia malas merawat mobil ini, kebanyakan fitur fitur canggih diatas sudah mati. Untuk memperbaikinya siapkan saja dana yang lumayan besar karena part elektrikal mobil ini lumayan sulit.

Kaki kaki Mobil ini sudah menganut tipe independen dengan bagian depan model MacPherson strut dengan stabilizer sementara bagian belakangnya menganut model Multi Link dengan stabilizer. Suspensi standar cukup empuk dan stabil sehingga handlingnya masih baik saat diajak nikung rada kencang namun juga masih cukup enak bantingannya kala melewati jalan rusak. Bila kurang puas, ada beberapa pilihan mode setelan kekerasan shockbreaker seperti sport atau comfort yang diatur secara elektronik dengan nama suspensi Supersonic.

Popularitas pada Drifting


Cefiro menjadi populer untuk drifting ketika olah raga otomotif ini mulai populer di Indonesia berkat serial Initial D dan film Fast and Furious : Tokyo Drift. Alasannya, saat drifting mulai populer pilihan mobil gerak roda belakang cukup terbatas di Indonesia. Cefiro yang saat itu harganya hancur bahkan 10 juta saja sudah dapat akhirnya mulai diminati lagi. Toh, kalau ada apa-apa ketika melakukan drifting tidak terlalu rugi banyak karena mobilnya terlalu murah.

Selain murah, onderdil kompetisi yang biasa terpasang pada Nissan Skyline GTR dan Silvia bisa terpasang pada mobil ini mulai dari kaki-kaki belakang yang mirip dengan Skyline, kaki-kaki depan yang mirip dengan Silvia, mesin yang bisa pasang punya Skyline dengan Turbo, bahkan kalau mau body Skyline GTR bisa terpasang dan menjadikan Cefiro Anda berubah menjadi Nissan Skyfiro berhubung hanya kap mesin, fender, lampu depan dan bumper saja yang bisa dipasang sementara bagian belakangnya susah karena berbeda secara strukturnya.

Nissan Cefiro A31 bekas Balap


Memang mobil ini sudah menganut rem cakram dikeempat roda dan penggerak roda belakang yang membuatnya populer dalam drifting. Namun sayangnya mobil ini belum memiliki LSD (Limited Slip Differential) serta mesin 2000ccnya yang kurang kuat meski mesin dengan konsumsi BBM bisa mencapai 6 hingga 7 km per liternya ini mampu mencapai kecepatan maksimum 190Km/jam yang dibatasi secara elektronik. Berhubung masih harus dilakukan modifikasi yang cukup banyak, jadilah orang mulai berpindah dari Cefiro ke BMW misalnya sebagai mobil driftnya. Hal ini membuat harga bekas Cefiro menjadi gelap dimana kalau murah bisa murah banget sementara kalau siap drift harganya bisa mahal sekali.

Kelebihan Nissan Cefiro A31 adalah performanya yang lebih baik dibandingkan pesaingnya, Toyota Cressida. Fitur-fitrunya masih dianggap mewah karena masih ada banyak perangkat yang belum dipasang dimobil sejuta umat masa kini. Mobil yang boleh dibilang sebagai alternatif Nissan Skyline di Indonesia ini punya ruang kabin yang cukup lega. Jok depan dan belakangnya terasa cukup nyaman dan tidap panas karena masih menggunakan material kain. Pajak mobil yang harga barunya mencapai 44 juta untuk versi manual dan 47 juta untuk versi otomatisnya ini berkisar sekitar 900 ribuan per tahun.

Kelemahannya sparepart mobil ini lumayan sulit khas Nissan karena memang bukan mobil pasaran. Harga sparepartnya juga lumayan mahal jika dibandingkan sedan small size namun masih acceptable jika dibandingkan sedan mid size lainnya. Konsumsi BBM yang berkisar antara 6 sampai 7 km/liter tergantung cara berkendara dianggap boros bagi sebagian orang. Terakhir, part elektronik canggih seperti shock adjuster kebanyakan sudah mati dan kalaupun diperbaiki akan susah untuk memperbaikinya karena jarang spesialis shockbreaker aktif seperti ini.

Spesifikasi Nissan Cefiro A31 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Nissan Cefiro A31
Jenis Sedan
Tipe A31
Mesin RB20E SOHC 2000cc
Bore X Stroke 78.0 X 69.7 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.670 mm
Panjang 4.690 mm
Lebar 1.695 mm
Tinggi 1.335 mm

9 Responses to "Nissan Cefiro A31"

  1. memang mantap sekali untuk nissan cefiro
    saya sendiri sudh pakai nissan cefiro -+ 3th

    ReplyDelete
  2. 082176660316 whatsapp saya aja om yg cari cefiro .. buat harian dan drift... udh lumayanlah hehe.. jarang pakai soalnya lagi ke lapangan trs

    ReplyDelete
  3. Most parts are readily available and can be purchased at the shop closest to you. The internet also allows you the option of finding stores which are located closest to you nissan titan lighting accessories

    ReplyDelete
  4. Pengen tapi mikir jg sama ketersediaan spare parts nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaman internet, urusan sparepart harusnya nggak masalah lagi. Tinggal cari di group komunitas/google/marketplace, beli, kirim, pasang sendiri atau kebengkel langganan beres.

      Delete