Holden VL Calais

Holden VL Calais modifikasi

Pada dasarnya nama Calais adalah nama varian tertinggi dari mobil sedan Holden. Untuk varian standarnya sendiri bernama Holden Commodore. Pada tahun 1986, General Motor Holden Australia memperkenalkan generasi baru sedan mereka yang memiliki nama Holden VL. Calais sendiri dibuat sebagai generasi penerus dari varian Holden Premier yang pernah menjadi raja di Indonesia sebagai mobil sedan mewah.

Sebagai penutup generasi pertama Holden Commodore, Holden VL memiliki bentuk yang lebih berbeda dibandingkan dengan Holden sebelumnya. Bentuk keseluruhannya lebih halus mengikuti trend gaya desain mobil 90an yang membulat "jelly bean melt" dimana moncong depannya dibuat lebih pipih dibandingkan dengan Opel Rekord yang masih 1 mobil yang sama hanya berbeda merk. Sebagai varian top of the line, Holden Calais diberikan moncong yang berbeda dengan lampu depan model pop up setengah yang terkesan canggih.

Sedikit berbeda dengan mobil Holden lainnya yang memakai mesin original Holden maupun mesin merk-merk dibawah naungan General Motor, Holden VL di Indonesia memakai mesin Nissan RB20E yang sama seperti Nissan Cefiro A31. Mesin ini memiliki konfigurasi 6 silinder segaris SOHC 12 valve berkapasitas 2000cc dengan pemasok bensin electronic fuel injection. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 130Hp pada 5600 rpm dan torsi 167 pada 4400 rpm. Untuk menggerakkan roda belakangnya, digunakan transmisi manual 5 speed dan juga terdapat pilihan transmisi otomatis 3 speed.

Holden menggunakan mesin Nissan karena pada tahun 1983, mesin-mesin Holden sudah dirasa terlalu tua dan sulit untuk bisa memenuhi persyaratan emisi gas buang serta perubahan jenis bensin di Australia menjadi tanpa timbal oktan 91. Pada tahun 1983 hal ini merupakan ide yang bagus karena membeli mesin dari Jepang lebih murah daripada mengembangkan mesin sendiri. Namun karena Plaza Accord tahun 1985 membuat mata uang Yen menguat dan menjadikan pilihan membeli mesin dari Jepang mahal dari perkiraan tahun 1983. Meski negara-negara seperti Selandia Baru, Indonesia dan Thailand mendapat mesin Nissan, di Australia Holden VL masih memakai mesin Holden Black pada 1986 dan juga V8 5000cc meski akhirnya diganti menjadi RB20E, RB30E dan RB30ET dari Nissan karena penolakan dari fanatik Holden disana.

Sebagai sedan mewah, tentunya Holden VL Calais memiliki beberapa fitur unggulan untuk bersaing dengan sedan mewah lainnya dari Jepang maupun Eropa. Fitur standarnya mirip dengan mobil lain sekelasnya seperti power window, power steering, electric mirror, AC double blower, dan central lock. Selain itu, Holden VL Calais sudah dilengkapi dengan ECC atau electronic cruise control dan remot alarm.  Namun begitu lampu depan model pop up setengah membuatnya tampil berbeda dibandingkan mobil lain sekelasnya dimana lampu depannya membuat Holden VL Calais lebih canggih dan modern.

Di Indonesia sendiri penjualan Holden yang kalah dengan penjualan mobil-mobil sedan asal Jepang membuat PT Udatimex sebagai ATPM Holden memasarkan Holden sebagai mobil mewah seperti dulu. Selain itu penjualan VL yang masih kalah dibandingkan jenama Jepang membuatnya menjadi Holden terakhir yang dijual di Indonesia selain Holden Gemini sebelum PT Udatimex tutup pada tahun 1990. Apalagi Holden VL Calais dijual dengan harga 88 juta rupiah pada tahun 1990 membuatnya lebih mahal dibandingkan mobil Jepang sekelas meskipun lebih murah dibandingkan mobil Eropa sekelas. 

Saat ini populasi Holden Calais terbilang langka mendekati punah. Tidak seperti Holden yang lebih tua diamana mobil-mobil seperti ini populer karena pengaruh budaya pop Amerika yang menggunakan muscle car sehingga mobil Australia ikut naik pamornya karena tidak adanya American muscle car dan Australian muscle car jumlahnya sedikit. Berbeda dengan di negara asalnya yang muncul nostalgia akan mobil-mobil seperti ini. Untuk harga, mobil ini gelap namun umumnya untuk kondisi bahan hanya dihargai belasan juta sedang yang normal berkisar 30 sampai 40 juta.

Spesifikasi Honda VL Calais ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Holden VL Calais
Jenis Sedan
Tipe VL
Mesin RB20E SOHC 2000cc
Bore X Stroke 78.0 X 69.7 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi EFI
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 3 speed
Wheelbase 2.668 mm
Panjang 4.776 mm
Lebar 1.722 mm
Tinggi 1.363 mm


Comments

  1. holden yang keren soalnya yg taun 70'an..torana, belmont, statesman dll..

    ReplyDelete
    Replies
    1. karna masih kelihatan kayak muscle car gagah ya

      Delete

Post a Comment