Honda Civic Genio SR4 / EG9

Honda Civic generasi ke5 di Indonesia dikenal dengan nama Honda Civic Genio. Di Jepang sendiri Honda Civic dengan 4 pintu ini dikenal juga dengan nama Ferio. Karenanya jangan bingung kalau ada Honda Civic Genio dengan nama Honda Ferio. Versi hatchback Honda Civic Genio adalah Honda Civic Estilo yang hanya memiliki 3 pintu. Honda Genio ini menggantikan posisi Honda Grand Civic yang memiliki desain mengotak.

Honda Civic Genio SR4 / EG9


Pada brosur Honda Civic Genio tertulis menggunakan mesin SOHC 4valve non VTEC berkapasitas 1600cc (1590cc) 4 silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 120HP dan torsi 144Nm. Kode mesin Honda Civic Genio produksi tahun 1992 dan 1993 memakai kode NC16 sedangkan Honda Civic Genio keluaran 1994 dan 1995 memakai kode F16. Sedikit aneh karena pada situs resmi Honda dimanapun tidak ada kode mesin NC16. Setelah diselidiki, kemungkinan besar Honda Civic Genio memakai mesin dengan kode D16A yang diacak acak oleh Honda Indonesia menjadi NC16 dan F16. Selain itu semua Honda Civic Genio yang diproduksi di Indonesia sudah menggunakan sistem injeksi. Mesin Honda Civic Genio dipadukan dengan transmisi manual 5 speed atau otomatis 4 speed.

Kaki kaki Honda Civic Genio sudah menggunakan sistem suspensi double wishbone dikeempat rodanya. Keunggulan suspensi tipe ini adalah pengendalian (handling) yang cukup baik tanpa mengorbankan kenyamanan penumpangnya. Selain itu, keunggulan lainnya dari kaki kaki Honda Civic Genio adalah penggunaan disk brake atau rem cakram dikeempat rodanya. Sayangnya bagai buah simalakama, kaki kaki Honda Civic Genio terkenal ringkih sehingga biaya perbaikannya tidak murah. Hal ini disebabkan karena komponen yang ada di sistem suspensi Double wishbone lumayan banyak. Ada baiknya sebelum meminang mobil ini pastikan kondisi jalanan sekitar tempat tinggal sudah mulus.

Selain disk brake pada keempat rodanya, fitur fitur lainnya yang terdapat pada Honda Civic Genio tergolong lengkap. Beberapa diantaranya antara lain Power steering, power window, central lock dan child lock untuk keamanan penumpang anak kecil. Untuk keamanan, semua kursi sudah memiliki seat belt atau sabuk pengaman bahkan untuk jok belakang. Sistem audio standardnya juga sudah sangat baik karena mengandalkan head unit Alpine. Untuk AC memakai merk Sanden jenis Rotary. Asyiknya tidak ada pengurangan fitur pada Honda Civic Genio keluaran awal dengan akhir.

Perbedaan Honda Civic Genio tahun 1992 dan 1993 (awal) dengan Honda Civic Genio tahun 1994 dan 1995 (akhir) bisa dilihat pada bagian lampu lampunya. Honda Civic Genio awal lampu seinnya berwarna orange sedangkan Honda Civic Genio akhir lampu seinnya berwarna orange clear dipadukan dengan lampu senja disebelahnya. Selain itu pada Honda Civic Genio akhir terdapat lampu sein fender dan coin pocket. Pada bagian permesinan, ada perbedaan pada radiatornya dimana Honda Civic Genio awal masih menggunakan radiator 1 ply sedangkan Honda Civic Genio akhir sudah memakai radiator 2 ply.

Kelebihan Honda Civic Genio ada pada desainnya yang timeless tidak temakan oleh waktu. Walaupun keluaran tahun 1990an, namun modelnya masih cocok disandingkan dengan mobil keluaran terbaru. Fitur fiturnya juga lumayan lengkap. Urusan kaki kaki nyaman namun handling tetap bagus. Konsumsi bbm lumayan irit sekitar 1:10 dalam kota. Tenaga mesinnya juga lumayan kencang berkat mesin D16A yang memuntahkan tenaga 120hp. Untuk harga jualnya berkisar antara 40 hingga 50 juta untuk Honda Civic Genio manual sedangkan Honda Civic Genio matic biasanya lebih murah.

Kelemahan Honda Civic Genio ada pada kaki kakinya yang ringkih. Agar nyaman, rawat kaki kaki Honda Civic Genio dengan rutin servis atau mengganti part bila sudah waktunya. Selain itu pada Honda Civic Genio keluaran 1992 dan 1993 yang masih menggunakan radiator 1 ply terkenal gampang overheat. Solusi untuk masalah overheat ini adalah dengan mengganti radiator 2 ply milik Honda Civic Genio keluaran 1994 dan 1995 atau milik Honda Civic Ferio sekalian. Untuk harganya, Radiator 2 ply original merk  Denso versi MT sebesar 1,3 juta sedangkan versi AT sekitar 1,5 juta. Matic Genio juga tak terlalu bandel dibandingkan matic Toyota atau Suzuki.

Spesifikasi Honda Civic Genio SR4 / EG9 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Civic Genio SR4 / EG9
Jenis Sedan
Tipe SR4 / EG9
Mesin D16A SOHC 1590cc
Bore X Stroke 75.0 X 90.0 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
otomatis 4 speed
Wheelbase 2.621 mm
Panjang 4.394 mm
Lebar 1.699 mm
Tinggi 1.313 mm

17 Responses to "Honda Civic Genio SR4 / EG9"

  1. Keren bro website nya, sampe ketagihan baca semua artikel dari awal sampe akhir..

    Request bahasan Holden, Mercy, dan Datsun ya yang legendaris juga jmn dulu..thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih bro..
      siap. buat Holden, Mercy sama Datsun lawas ditunggu aja, masih dalam proses riset soalnya :D

      Delete
  2. Bang Charis minta sharing dong. Mohon perbandingan kelebihan dan kekurangan Honda Civic Genio 1995 dan Toyota Corolla S. Cruise 1997. Kalau harus beli lebih baik pilih yang mana? Makasih banyak atas waktu dan jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo bang Kodrat Alam,
      kalo dibandingin agak nggak imbang karena genio lawannya greco sedang anc alias all new corolla AE111 (1996-1998) lawan sepadannya ferio.. cuma karna harga greco yang susah turun, anc bisa jadi pilihan asyik soalnya fitur jelas banyakan anc apalagi s cruise itu versi mahalnya (ada airbag walau cuma single didepan itu juga kalo masih normal lho, secara airbag udah hampir 20 tahun udah kurang bisa diharapkan). keunggulan anc lainnya dibanding genio karna kakinya lebih sederhana sehingga lebih jarang rusak dan kalopun rusak, part yang harus diganti nggak banyak jadi lebih murah. yang perlu diperhatikan, yang namanya mobil bekas apalagi yang sudah tidak muda kayak anc dan genio ini pasti ada aja yang nggak beres. makanya andai saya punya uang 60 juta, saya akan ambil genio karna ditempat saya genio 50 juta sudah lumayan sedang anc 60 pas. sisa 10 juta untuk berberes cukuplah secara ini mobil jepangan sekelas corolla/civic... bukan seperti merc e class. alternatif lain kalau mau toyota corona absolute 1600cc. mesin sama seperti corolla tapi jauh lebih nyaman karna desain engineeringnya begitu dan harga mirip mirip

      Delete
  3. tapi ANC modelnya agak gimana ya, tawar..kalo dibandingin Genio, Ferio, atau GreCo.

    Betul mending Corona Absolute ato Accord Cielo aja sekalian he he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kuat pajak sama bensinnya sih emang mending cielo sekalian

      Delete
  4. om mau nanya lebig baik genio atau timor om

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung sih...
      timor partnya jauh lebih murah dibanding genio, perawatan jauh lebih gampang dan murah timor sohc, naikkannya imho enakan genio, handling enak genio, buat ngebut lebih ngebut genio tapi timor dohc juga nggak kalah asal bukan yang sohc aja, harga lebih murah timor.
      kalau uang ada 60 juta, saya ambil genio kalau cuma 40an juta saya ambil timor. kenapa? ya buat cadangan biaya benerin ini itu (mobil bekas pasti ada cacatnya, apalagi yang udah seumur anak kuliahan begini).
      semoga membantu

      Delete
  5. Mau nanya mas... ukuran ban standartnya genio brp ya???
    Sama maticnya genio rewel ga sih???
    Trims ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 185/70 r14 klo ga salah..
      maticnya aslinya awet kok, cuma karena sering berada ditangan yg salah makanya pada ancur...

      Delete
  6. Bang request land cruiser vx 100 dong

    ReplyDelete
  7. Bg kalau EH1 pada mobil Genio itu apa artinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh1 bisa berarti :
      1. civic sedan gen 5 (genio, tpi dijepang namanya ferio) 4wd 1600cc jdm (cuma dijual di jepang)
      2. honda crx del sol

      Delete
  8. Sy punya mobil civic genio 92 knp setelah mesin agak panas atau ampere naik sedikit selalu mati dengan sendirinya saya pikir ini hanya banjir tetapi setelah di perbaiki masih seperti itu tolong masukannya gaaaan....

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Kalo mau beli antara genio sama greco recomended yg mana min..karena masih awam mohon saranya dan info kelebihan dan kekuranganya..terimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sih ambil corolla saja. lebih battle proven dan part lebih banyak yang murah dibanding genio biarpun kalau urusan nyetir dan irit-iritan lebih menyenangkan naik genio.

      Delete