Ford Cortina Mk V

Ford Cortina

Ditengah gempuran mobil merk Jepang, Ford yang saat itu diaungi oleh PT IRMC (Indonesia Republic Motor Company) masih terus bertahan menjual mobil-mobil Ford dari Australia dan Inggris yang sama-sama menggunakan setir kanan berhubung produksi mobil Amerika setir kanan sudah dihentikan sejak 1968.Salah satu usahanya dalam mempertahankan pasar mobil menengah, dihadirkan Ford Cortina yang sukses besar di negara kelahirannya di Inggris dan menjadi mobil Inggris paling laris sebelum digantikan oleh Ford Escort. Dan pada tahun  1979, Ford Cortina hadir dalam generasi kelimanya. 

Secara garis besar, Ford Cortina generasi kelima ini memiliki bentuk yang mirip dengan Ford Cortina generasi keempat. Perbedaan paling mencolok diantara keduanya ada pada lampu sein depan yang lebih besar pada Cortina Mk V selain juga lampu belakangnya. Perbedaan lainnya terlihat sangat minor dan mungkin tidak terlihat oleh orang awam. Perbedaannya antara lain grill depan sedikit miring dan ukurannya sedikit lebih besar, lampu depan lebih kotak sedikit, pillar C lebih tipis sedikit, atap lebih rata serta bentuk konsol tengah di dashboard. 

Tidak seperti di Inggris yang tersedia beberapa tipe. Di Indonesia sepertinya hanya tipe GL saja yang hadir dimana tipe GL ini setingkat lebih mewah dibandingkan tipe L yang lebih mewah dibanding base model. Untuk pilihan bodinya sendiri ada 2 macam. Yang pertama adalah sedan 4 pintu dan kemudian juga tersedia station wagon 5 pintu. Untuk varian station wagon, bodinya lebih mirip dengan Cortina Mk IV dengan perbedaan ada pada bagian depan yang mirip dengan Cortina Mk V. 

Berbeda dengan body, pilihan mesinnya sendiri di Indonesia sepertinya hanya ada mesin 4 silinder OHC 2000cc dengan karburator. Mesin ini merupakan turunan dari mesin Ford Pinto yang dikembangkan oleh Ford Jerman untuk menggantikan mesin Ford Essex rancangan Ford Inggris. Tenaga yang dihasilkan mobil ini mencapai 99Hp dengan torsi 115Nm. Untuk menyalurkan tenaga mesin guna menggerakkan roda belakangnya, digunakan transmisi manual 5 percepatan.

Di Indonesia mobil ini dijual antara tahun 1980 sampai sekitar 1982 saja sebelum kemudian digantikan oleh Ford Telstar yang berbasis Mazda 626 karena strategi Ford untuk pasar Asia Pasifik dan Australia berhubung Ford juga memiliki sebagian saham Mazda. Cortina Mk V ini bersaing dengan mobil seperti Honda Accord atau Toyota Corona 2000. Meskipun sudah dirakit di Indonesia oleh PT ISC (Indonesia Service Company), namun Cortina lebih mahal sekitar 3 juta rupiah dibandingkan Toyota Corona. Tidak heran kalau kemudian penjualannya lebih sedikit.

Tidak banyak yang mengenali mobil ini menjadikan mobil ini terlihat begitu antik dan unik dijalan apabila masih jalan. Kebanyakan mobil ini menjadi bangkai dan hanya dibiarkan di kampakan atau junk yard karena katanya susah sparepartnya terutama untuk yang tinggal di kota kecil. Kebanyakan sentra onderdil hanya tau nama Ford Laser saja namun mungkin masih ada beberapa sentra onderdil yang masih menyimpan stok sparepart mobil ini. Karena langkanya part, kadang ada pemilik Ford Cortina yang mengganti mesin aslinya dengan mesin mobil lain walaupun akan menghilangkan originalitas namun lebih baik daripada mobil harus mangkrak bertahun tahun mencari sparepart. Walaupun konsumsi BBM mesin standarnya terasa boros, namun karena dijamannya merupakan mobil kelas mewah, kenyamanan mobil ini tentunya tidak diragukan lagi.

Namun begitu, Ford Cortina masih punya beberapa penggemarnya. Di Indonesia yang pajak kendaraan bermotornya bergantung pada kapasitas mesin dan daya angkut membuat mobil berkapastas mesin besar dan kapasitas penumpang sedikit seperti muscle car Amerika tidak dijual di Indonesia. Sebagai gantinya, mobil yang paling mirip dengan Muscle Car adalah Holden era 70an yang notabene merupakan sedan mewah. Berhubung mirip, akhirnya banyak Ford Cortina yang dimodifikasi ala-ala muscle car meski sayangnya ukurannya kecil.

Spesifikasi Ford Cortina Mk V ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Ford Cortina Mk V
Jenis Sedan
Tipe TC3
Mesin Ford Pinto TL20 OHC 2000cc
Bore X Stroke 90.7 X 76.2 mm (TL20)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4/5 Speed
Wheelbase 2.578 mm
Panjang 4.341 mm
Lebar 1.707 mm
Tinggi 1.321 mm


Comments

Post a Comment