Shelby Patriot (Daihatsu Zebra S90)

Shelby Patriot

Mendengar nama Shelby, akan terbayang mobil muscle Amerika bermesin V8 yang gahar seperti Shelby Cobra, GT500 sampai Series 1. Di Indonesia sendiri merk Shelby juga pernah dijual dengan harga yang murah antara tahun 1990 sampai sekitar 1994. Sayangnya, bukan Shelby Amerika yang dijual disini, melainkan Shelby merk mobil karoseri lokal yang bermarkas di Tangerang. Salah satu produk Shelby Tangerang ini adalah Shelby Patriot yang berbasis Daihatsu Zebra S89.

Bagi yang belum tau, Shelby American adalah perusahaan otomotif Amerika yang awalnya membuat part performa tinggi dan mobil hasil modifikasi yang dijual langsung ke perseorangan. Shelby American ini berdiri pada 1962 dan menjadi salah satu perusahaan otomotif Amerika yang berhasil menjuarai balap internasional dibawah FIA selain Ford dan Chevrolet. Pada 1965, Shelby juga berhasil menjuarai Le Mans 24H dengan mobil Ford GT40 dan menjadi konstruktor mobil Amerika pertama yang memenangkan Le Mans 24H.

Untuk Shelby karoseri, adalah sebuah perusahaan karoseri yang berada di Tangerang, Jawa Barat (sekarang Banten) dengan spesialisasi membuat bodi kendaraan dari material fiberglass. Oleh karena itu mobil produksi karoseri Shelby ini juga memakai body yang terbuat dari fiberglass. Selain Shelby Patriot, karoseri ini juga membuat mobil lain dengan nama Toyota Kijang Perkasa yang juga memakai body fiberglass. Mobil ini pada dasarnya bukanlah buatan Daihatsu secara utuh. Sasis, mesin, kaki-kaki, transmisi dan semua piranti mekanikalnya dibuat oleh Daihatsu sementara bodinya dikaroseri oleh Shelby Tangerang. Meski begitu, lebih tepatnya bodi mobil ini dibuat oleh para tahanan lapas sebagai salah satu program rehabilitasi yang digagas kemenkumham.

Berbasis Daihatsu Zebra membuat mobil ini bisa dibilang Daihatsu Zebra dengan body jip. Mesinnya masih sama dengan mesin Daihatsu HC-C 1300cc SOHC 16 valve karburator. Gearbox dan kaki kakinya masih sama persis dengan Daihatsu Zebra yang banyak beredar dijalanan. Bahkan, ukuran ban dan wheelbasenya juga masih sama persis dengan Daihatsu Zebra. Yang  membedakan selain body, ada pada bentuk dashboard dimana pada ruang speedometer dibuat lebih tinggi karena posisi mengemudinya berbeda jauh dengan Daihatsu Zebra aslinya.

Mobil ini mungkin merupakan salah satu mobil dengan konstruksi paling aneh didunia. Bagaimana tidak, mobil ini bentuknya SUV (jip) namun bermesin tengah yang lebih tepatnya disebut layout FMR yang lazim dipakai mobil grand tourer seperti Ferrari 250GTO atau mobil barang tanpa bonet yang letak tepat mesinnya berada dibawah kaki pengemudi. Bagian bonet depannya kosong sehingga dipakai untuk bagasi. Untuk mengisi bahan bakar, mau tidak mau sopir harus membuka pintu depan sebelah kanan karena lubang tangki bensinnya berada di balik pintu depan. Bentuknya yang menyerupai jip tidak serta-merta membuatnya memiliki sistem gerak 4WD seperti Daihatsu Taft. Karena mobil ini berbasis Daihatsu Zebra, maka semua sistem mekaniknya sama persis dengan Daihatsu Zebra S89 yang sering wira-wiri dijalanan Indonesia.

Terdapat 2 generasi dari Patriot dimana generasi pertamanya mengkotak mirip jip seperti Feroza atau Katana. Generasi ke duanya berbasis Zebra berlampu sipit memiliki bonet yang lebih landai mirip sedan walaupun bentuknya aneh dan tidak semua orang suka. Karena semuanya berasal dari Daihatsu Zebra, semua kelebihan dan kelemahan Daihatsu Zebra ada pada mobil ini. Hanya saja mungkin karena bentuknya yang berbeda, tentunya akan menjadi perhatian dijalan. Body yang terbuat dari fiberglass tentunya akan tahan karat namun jika pecah maka mau tudak mau harus membuat body lagi dari baru.

Tidak hanya varian 3 pintu yang disebut Patriot, varian 5 pintunya juga tersedia dengan nama Daihatsu Shelby Precious. Berbeda dengan Patriot yang muncul sejak 1990, Precious muncul belakangan memasuki tahun 1994. Secara keseluruhan, tidak ada perbedaan dengan Patriot, hanya saja Precious ini sepertinya memakai sasis Daihatsu Zebra D130 jumbo yang memiliki ukuran bak lebih besar sehingga mempermudah untuk membangun bodi yang lebih panjang dibandingkan Daihatsu Zebra 1.3 standar yang lebih pendek.

Spesifikasi Shelby Patriot (Daihatsu Zebra S90) ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Shelby Patriot (Daihatsu Zebra S90)
Jenis Jip
Tipe S90
Mesin HC-C SOHC 1300cc
Bore X Stroke 76.0 X 71.4 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.080 mm
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A


Comments

  1. Saya pernah lihat satu di Malang, cuma emblemnya Tiga Oval (Toyota) dan ada emblem "Precious" di belakangny. Ane pikir Atoyot jg bikin kembaran Shelby Patriot dan dijual dengan nama "Toyota Precious"

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo toyota bikin mobil ginian, nggak tau deh apa kata prinsipal di tokyo sana...

      Delete
  2. ini base nya zebra S89 atau S90 Min? diartikel diatas kadang disebut S89 kadang S90...

    ReplyDelete

Post a Comment